Cara mengatasi laptop ngefreeze, foto: Pinterest

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Ngefreeze

Wanovy | Teknologi | 27-07-2022

PARBOABOA - Berbagai masalah pada laptop biasanya akan membuat pengguna khawatir perihal bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini cara mengatasi laptop ngefreeze, dengan mudah dan cepat.

Sebagai perangkat elektronik, pastinya akan muncul berbagai masalah pada laptop, mulai dari mati total, lag, hingga laptop sering freeze.

Freeze atau beku merupakan kondisi dimana laptop masing menyala namun tidak dapat digunakan, freeze sendiri biasanya disebut juga sebagai laptop hang.

Ada berbagai penyebab kenapa laptop bisa sering freeze, nah salah satu langkah untuk cara mengatasi laptop freeze adalah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop ngefreeze yang perlu Anda ketahui. Simak baik-baik ya!

Penyebab laptop hang pada Windows

Laptop yang mengalami hang secara tiba-tiba, bukanlah suatu error yang terjadi tanpa adanya sebab.

Mengingat ada banyak sekali faktor internal maupun eksternal yang bisa menimbulkan kendala ini. Informasi selengkapnya, Anda bisa menyimak beberapa poin penyebab berikut ini.

1. Spesifikasi laptop yang rendah

Tidak sedikit pengguna laptop yang memaksakan perangkat mereka untuk melebihi batasnya.

Contohnya laptop dengan RAM 2GB memang bisa menginstall Windows 10, akan tetapi tidak akan berjalan dengan optimal ketika digunakan. Mengingat minimum RAM yang digunakan setidaknya 4GB ke atas.

2. Multitasking berlebihan

Menjalankan banyak program aplikasi akan membuat kinerja RAM dan CPU terbebani. Terlebih jika Anda menggunakannya untuk program berat seperti aplikasi edit foto atau edit video.

3. Laptop overheating

Kendala ini sering terjadi ketika Anda telah menggunakan laptop dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga tidak menutup kemungkinan laptop akan mengalami peningkatan suhu secara signifikan. Ini bisa menimbulkan kendala error setelahnya.

4. Kerusakan pada driver

Ketika driver sedang bermasalah, maka tidak heran jika beberapa komponen di dalamnya terkena dampaknya. Mengingat driver ini berfungsi sebagai penghubung antara program aplikasi dengan sistem.

5. File sistem bermasalah

Selain itu masalah laptop Windows yang mengalami hang ini juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada file sistem. Untuk memperbaikinya, silakan Anda jalankan perintah SFC dan DISM.

6. Terdapat bugs pada program

Jika masalah hang ini terjadi saat Anda menggunakan aplikasi tertentu, maka ada kemungkinan jika program tersebut terdapat bugs. Lakukan update atau reinstall untuk memperbaikinya.

7. Terkena virus/malware

Virus atau malware sering kali menyebabkan laptop Windows menjadi hang atau bahkan lemot. Ini dikarenakan virus mampu mengubah hingga menghapus file sistem dan aplikasi yang ada di dalamnya.

Cara mengatasi laptop ngefreeze

Setelah mengetahui penyebabnya, kini saatnya Anda mencoba beberapa cara mengatasi laptop ngefreeze dibawah ini.

1. Mengurangi Aplikasi

Cara mengatasi laptop ngefreeze pertama yang bisa dilakukan saat laptop mulai lemot yaitu mengurangi aplikasi yang ada di dalamnya.

Dengan mengurangi aplikasi yang terpasang, maka memberikan ruang lebih ke RAM untuk menjalankan program lebih lancar.

2. Upgrade RAM

RAM yang sudah penuh penyebab laptop sering freeze, agar terhindar dari masalah tersebut, pengguna bisa melakukan upgrade RAM ke kapasitas yang lebih besar.

3. Hapus BIOS Cache

Cara mengatasi laptop ngefreeze ini cukup efektif untuk mengatasi laptop yang lemot. Caranya cukup mudah

- Pertama, jika sudah hang / tidak bergerak sama sekali lakukan ‘Restart laptop‘ dengan menekan dan menahan tombol power sampai laptop mati

- Kedua, nyalakan kembali dan masuk ke ‘BIOS‘ caranya bisa dengan menekan F12, F11, F8, F2

- Ketiga, setelah masuk BIOS pilih menu ‘Advanced BIOS Features‘ kemudian cari ‘BIOS Cache‘ dan pilih ‘Disable‘

- Keempat, tekan ‘Enter‘ dan nyalakan kembali laptop

4. End Task Window

Jika mengalami program yang ‘Not Responding‘ ini masih bisa dibilang hang yang ringan. Untuk mengatasi laptop yang Not responding yaitu

- Pertama, tekan Shift + Ctrl + Esc atau Ctrl + Alt + Del

- Kedua, dalam dialog Task Manager tekan ‘End Task‘ pada program yang not responding

Jika sudah maka laptop akan berjalan normal kembali. Namun jika masih hang, ada kemungkinan penyebabnya ada pada program yang rusak atau laptop tidak kuat. Dan segera hentikan sebelum rusak lebih dalam.

5. Pasang Antivirus

Virus yang masuk ke dalam program juga penyebab laptop menjadi ngehang. Untuk mengatasi hang yang disebabakan oleh virus yang masuk, pengguna bisa memasang antivirus yang sudah tersedia banyak di Store.

6. Periksa Kipas Laptop

Penyebab lain dari laptop yang sering freeze yaitu laptop overheat atau panas. Keadaan tersebut bisa disebabkan oleh kipas laptop yang kotor.

Cara mengatasi laptop ngefreeze yang bisa dicoba pengguna adalah dengan membersihkan bagian kipas laptop.

Caranya yaitu dengan membongkar laptop kemudian bersihkan kipas laptop dengan menggunakan kompresor angin.

Laptop merupakan perangkat yang penting untuk melancarkan pekerjaan sehari-hari. Untuk itu merawat laptop yang baik dan benar bisa memanjangkan umur laptop tersebut. Selain itu juga menghindari dari permasalahan yang mungkin bisa terjadi.

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi laptop ngefreeze yang bisa Anda coba. Semoga membantu!

Tag : #laptop hang    #not responding    #tips    #teknologi    #laptop error    #restart laptop   

Baca Juga