Telinga kemasukan air (hipwee)

Telinga Kemasukan Air? Ini Cara Mengatasinya

Sarah | Kesehatan | 16-06-2022

PARBOABOA - Mungkin sudah tak asing bagi kamu mendengar telinga kemasukan air. Kondisi ini sering kita alami saat berenang ataupun saat mandi. Hal ini tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman, apalagi air yang masuk ke telinga dalam jangka waktu lama.

Jika telinga kemasukan air, biasa suara yang kita dengar akan seperti terendam. Bahkan, sebagian orang yang mengalami ini akan meresakan sakit di bagian telinga. Jika tidak segera diatasi, maka telinga dapat menjadi infeksi.

Ketika air berada di saluran telinga, bakteri yang hidup di sana akan berada sepanjang waktu dan berkembang biak. Hal itulah yang akan menyebabkan infeksi otitis eksterna.

Nah, buat kamu yang bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi telinga kemasukan air, dibawah ini kami telah merangkum beberapa cara untuk mengatasinya. Yuk intip apa saja sih caranya!

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Telinga kamu kemasukan air? Jangan khawatir, ini dia cara mengatasinya.

1. Seka telinga dengan kain bersih

Cara sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengelap telinga menggunakan kain. Kamu dapat menyeka atau mengelap telinga bagian luar secara perlahan-lahan memakai kain yang bisa menyerap sebagian air di telinga.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan cara ini sambil memiringkan telinga yang kemasukan air ke arah kain. Namun ingat, jangan mendorong kain ke bagian dalam telinga karena hal ini justru akan mendorong air semakin ke dalam.

2. Menguap

Cara sederhana selanjutnya adalah dengan menguap. Dengan menguap, maka gerakan pada rahang akan membantu melegakan ketegangan bagian telinga sehingga bisa menguras air keluar.

3. Miringkan kepala ke arah samping

Telinga kemasukan air berhari-hari? Kamu bisa memiringkan kepala ke arah telinga yang kemasukan air.

Untuk menambah tekanan, kamu juga bisa melakukan hal tersebut sambil melompat kecil dengan satu kaki agar air terdorong untuk ke luar.

Ketika memiringkan kepala, tariklah daun telinga supaya saluran telinga membuka lebih luas sehingga mempermudah air untuk keluar.

4. Berbaring miring

Berbaring miring ternyata bisa membantu mengeluarkan air yang masuk ke dalam telinga loh. Hal ini dilakukan untuk membuat air mengalir menuju tempat yang lebih rendah karena pengaruh gaya gravitasi.

Cobalah untuk melakukan posisi berbaring miring agar cairan bisa dengan mudah keluar setidaknya selama beberapa menit. Air yang keluar biasanya ditandai dengan daun telinga yang akan terasa hangat seiring keluarnya air.

5. Kunyahlah sesuatu

Cara yang perlu kamu lakukan kalau telinga kemasukan air adalah dengan mengunyah sesuatu guna membantu membebaskan air sehingga bisa dikeluarkan dengan mudah. Kalau perlu, lakukan gerakan mengunyah sambil memiringkan kepala agar air lebih mudah keluar.

6. Menggunakan pengering rambut

Panas dari pengering rambut dapat membantu menguapkan air yang ada di dalam telinga. Caranya, nyalakan pengering rambut di suhu terendah kemudian pegang pengering rambut sekitar sejengkal dari telinga dan gerakkan secara maju mundur.

7. Teteskan dengan air

Siapkan air hangat (bukan air panas) lalu teteskan pada telinga yang kemasukan air sambil memiringkan kepala hingga telinga yang kemasukan air menghadap ke atas.

Diamkan selama kira-kira tiga detik lalu miringkan kepala ke sisi yang berlawanan. Tunggu beberapa saat dengan posisi telinga yang kemasukan air menghadap bahu sampai air mengalir keluar.

8. Hisap air dengan telapak tangan

Cara keterakhir, miringkan kepala ke sisi telinga yang bermasalah kemudian gunakan telapak tangan untuk menutup telinga yang kemasukan air, seolah kepala kamu bersandar pada telapak tangan tersebut.

Gosokkan telapak tanganmu pada telinga dengan gerakan naik turun agar permukaannya terasa lebih datar. Selanjutnya, tekan telinga kamu dengan kuat dan lepas dengan cepat sampai kamu merasakan sensasi hisapan pada telinga.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi telinga yang kemasukan air. Semoga membantu.

Tag : #telinga kemasukan air    #infeksi telinga    #kesehatan    #otitis eksterna   

Baca Juga