Ilustrasi cara menghemat baterai iPhone

Cara Mengemat Baterai iPhone Paling Ampuh!

Wanovy | Teknologi | 18-02-2022

PARBOABOA - Masalah umum yang sering dialami pengguna iPhone adalah borosnya baterai. Jangan khawatir, Parboaboa punya cara menghemat baterai iPhone yang ampuh. Simak sampai selesai ya!

Jangan kaget apalagi heran ya, karena iPhone memang dirancang dengan berbagai fitur yang tentu saja membutuhkan tenaga baterai agar bisa berjalan sempurna.

Berbagai kegiatan yang dilakukan di iPhone, baik itu streaming video, browsing, chat teman, hingga cek unggahan di Instagram semuanya berpengaruh ke level baterai.

Untungnya, selalu ada cara menghemat baterai iPhone. Apa saja cara yang bisa digunakan, berikut adalah cara menghemat baterai iPhone yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Aktifkan Optimized Battery Charging

Di Apple iOS 13 memperkenalkan fitur baru yang dirancang untuk melindungi baterai dengan membatasi total dayanya hingga Anda membutuhkannya.

Fitur ini disebut Pengisian Baterai yang Dioptimalkan atau Optimized Battery Charging. Kamu dapat mengaktifkannya di Pengaturan> Baterai> Kesehatan Baterai.

2. Aktifkan Mode Low Power

Low Power Mode atau mode daya rendah merupakan cara menghemat baterai iPhone seri manapun yang dinilai baik. Setelah mode ini diaktifkan, secara otomatis ponsel akan mengurangi konsumsi daya dengan mematikan penyegaran aplikasi yang sudah terbuka, pembaruan email, efek visual, unduhan otomatis dan masih banyak lagi.

Untuk mengaktifkan mode ini ada beberapa cara, sebagai berikut:

- Minta siri untuk mengaktifkan mode dengan mengucap “Hai Siri, Turn On Low Power Mode”

- Jika perangkat tidak merespon atau tidak mengaktifkan siri, maka bisa menarik layar bagian bawah atau buka pusat kendali dan aktifkan mode daya rendah.

- Jika panel mode daya rendah tidak terdapat di pilihan tersebut, maka pengguna dapat membuka menu Setting>Baterai> lalu aktifkan saklar untuk mode daya rendah.

3. Jangan Tutup Aplikasi

Pengguna iPhone cenderung untuk menghentikan aplikasi ketika tidak digunakan. Ini memang logis agar aplikasi nggak menyedot baterai dari latar belakang. Kamu bisa melakukannya dengan klik tombol Home dua kali dan geser ke atas pada aplikasi yang ingin ditutup.

Nyatanya, cara ini kurang tepat. Menutup aplikasi akan membuat RAM bekerja dari awal lagi ketika aplikasi dibuka. Hal ini cukup menguras baterai jika terus dilakukan.

Bahkan, Apple juga nggak menyarankan hal ini dan sudah mengkonfirmasi bahwa penutupan aplikasi nggak akan menambah daya baterai.

4. Dark Mode

Kehadiran Dark Mode di iOS 13 bukanlah demi penampilan belaka. Dark Mode terbukti mampu menghemat baterai, terlebih pada iPhone yang menggunakan layar OLED.

Terlebih, berbagai aplikasi iOS telah terintegrasi dengan Dark Mode, membuat baterai bekerja dengan lebih hemat.

5. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Cara menghemat baterai iPhone yang berikutnya adalah mengatur tingkat kecerahan layar. Layar yang terlalu terang lebih cepat menghabiskan baterai iPhone ketimbang layar redup. Untuk mengurangi tingkat kecerahan layar, kamu bisa mengaturnya di Control Center.

Caranya, geser layar iPhone ke bawah, kemudian, geser tingkat kecerahan ke bawah untuk membuatnya lebih redup.

Selain itu kamu bisa menonaktifkan Auto-Brightness. Jika tidak, fitur ini akan secara otomatis meningkatkan kecerahan layar ketika di bawah cahaya matahari yang cerah.

Caranya, buka Setting > Accessibility > Display & Text Size > scroll ke bagian paling bawah, dan nonaktifkan Auto-Brightness.

6. Batasi Notifikasi

Semakin banyak iPhone berinteraksi dengan internet khususnya melalui jaringan seluler akan memengaruhi penggunaan baterai. Terutama ketika iPhone sedang tidak digunakan namun notifikasi tetap masuk dapat menyedot daya baterai.

Kamu dapat mengurangi notifikasi dengan membuka Pengaturan>Pemberitahuan. Pilih aplikasi mana saja yang tidak membutuhkan notifikasi lengkap.

7. Jangan Perbarui Aplikasi secara Otomatis

Cara menghemat baterai iPhone yang satu ini cukup membantu untuk menghemat daya. Karena, jika kamu terhubung dengan WiFi, iPhone tidak akan otomatis memperbarui aplikasi. Cobalah untuk mengganti pembaruan aplikasi secara manual, dan perbarui aplikasi saat baterai terisi penuh.

Tetapi, jika tidak, matikan pembaruan aplikasi otomatis. Untuk mematikan pembaruan aplikasi otomatis, buka aplikasi Pengaturan, ketuk iTunes & App Store, lalu matikan Pembaruan.

8. Stop Gunakan Saran Aplikasi dari Siri

Setelah sebelumnya diperkenalkan di iOS 8, Siri App Suggestion ini menggunakan lokasi kamu untuk mencari tahu di mana kamu berada dan apa yang dekat. Fitur tersebut menggunakan informasi itu untuk menentukan aplikasi mana yang mungkin ingin kamu gunakan berdasarkan di mana kamu berada.

Misalnya, kamu tengah berada di Jepang, maka akan muncul saran aplikasi yang berasal dari negara tersebut. Tentu saja fitur ini menggunakan daya tahan baterai ekstra untuk selalu menggunakan lokasi kamu dan sinkron dengan App Store.

Tag : #tips    #iphone    #baterai   

Baca Juga