Cara menjaga kesehatan baterai iphone, foto: Jauhari.NET

Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone Agar Lebih Awet

Wanovy | Teknologi | 16-07-2022

PARBOABOA – Bagaimana cara menjaga kesehatan baterai iPhone? Simak informasinya dibawah ini sampai selesai ya!

Kesehatan Baterai menjadi fitur terbaru sejak iOS 11, juga sebagai referensi apakah komponen baterai pada perangkat iPhone masih dapat digunakan dengan layak untuk jangka panjang.

Sebuah hal normal jika kapasitas maksimum Battery Health berkurang, ini artinya kamu menggunakan iPhone-mu sehari-hari dan kalau nggak mau menurun ya jangan dipakai didiamkan saja dijamin tetap bertahan di persentase sekarang.

Menjaga kesehatan baterai atau Battery Health iPhone perlu dilakukan pengguna agar perangkat bisa digunakan dan bekerja secara optimal.

Setiap baterai ponsel pasti memiliki batas kesehatannya, tak terkecuali baterai iPhone. Semakin lama baterai digunakan maka kesehatannya juga bisa berpotensi menurun.

Battery Health di sini maksudnya adalah durasi pemakaian baterai sebelum perlu diisi daya. Usia baterai yang telah lama akan mempengaruhi besar kecilnya durasi pemakaian baterai sebelum perlu diisi daya.

Misalnya, iPhone kamu dulu bisa dipakai selama 4 jam dari persentase daya penuh hingga kosong. Seiring berjalan waktu penggunaan baterai, iPhone kamu kini hanya bisa dipakai selama 2 jam dan harus sudah diisi ulang dayanya.

Meski iPhone terkenal punya komponen yang baik, namun tidak menutup kemungkinan Battery Health bisa menurun akibat beberapa faktor.

Lantas, kenapa kesehatan baterai iPhone menurun?

Penyebab Battery Health iPhone Menurun

Sebelum mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan baterai iPhone ada baiknya terlebih dahulu kamu mengetahui penyebab baterai iPhone bisa menurun.

Beberapa penyebab kesehatan baterai pada iPhone menurun yaitu pertama, kesehatan masa pakai baterai yang sudah lama. Kemampuan kandungan kimia yang ada pada baterai untuk menyimpan daya akan menurun seiring lamanya masa pemakaian.

Penyebab selanjutnya bisa juga karena kesalahan pengguna saat memperlakukan perangkat, khususnya baterai. Battery Health iPhone yang dalam kondisi buruk akan mempengaruhi kinerja perangkat itu sendiri.

Bahkan tidak menutup kemungkinan, dengan Battery Health yang buruk bisa saja iPhone tiba-tiba mati padahal masih ada daya.

Nah, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar menjaga Battery Health iPhone bisa tetap awet 100 persen.

Cara Menjaga Sesehatan Baterai iPhone

Pengguna bisa memulai menjaga Battery Health iPhone dengan menggunakan perangkat charger atau pengisi daya (kabel dan adaptor) yang orisinal dari Apple.

Alasannya adalah charger orisinal punya output daya yang dirancang sesuai dengan kemampuan baterai iPhone.

Output daya yang tidak sesuai dengan kemampuan baterai bakal bisa cepat merusak kesehatannya.

Selain itu, ada berbagai cara menjaga Battery Health iPhone yang bisa dilakukan pengguna.

Selengkapnya, berikut cara menjaga kesehatan baterai iPhone agar tetap awet, sebagaimana dikutip dari laman resmi Apple.

1. Hindari Suhu Ruangan Terlalu Panas

Perangkat ponsel, tablet, dan laptop beroperasi dalam suhu ideal. Contohnya, ponsel iPhone digunakan dalam suhu ruang 16° hingga 22° C. Jika udara terlalu panas dapat merusak kapasitas baterai.

2. Lepas Casing Ketika Mengisi Daya

Ketika mengisi daya, casing iPhone yang tertutup akan menimbulkan suhu yang lebih panas.

Oleh karena itu, sebaiknya pengguna melepaskan casing ketika mengisi daya. Ini penting, karena suhu panas berlebihan dapat mempengaruhi kapasitas baterai ponsel.

3. Perbarui Perangkat Lunak

Perangkat lunak versi terbaru membantu kinerja dan daya ponsel. Pengguna bisa memperbarui perangkat lunak melalui fitur pengaturan, pilih umum, kemudian pilih pembaruan perangkat lunak. Selain lewat ponsel, pembaruan bisa diakses melalui iTunes versi terbaru.

4. Aktifkan Mode Daya Rendah

Mode daya rendah berguna untuk memberi tahu tingkatan baterai. Ketika mengaktifkan mode daya rendah dapat mengurangi animasi sistem, optimalkan perangkat, dan mengurangi kecerahan.

Kamu dapat mengaktifkan mode daya rendah ketika masa baterai mencapai 20%. Ketika melakukan pengisian daya, otomatis mode daya rendah ini akan mati.

5. Kurangi Cahaya iPhone

Mengurangi cahaya di ponsel dapat menghemat masa baterai. Pengguna dapat mengontrol otomatis melalui aplikasi pengaturan. Fitur ini berguna untuk kecerahan otomatis di ruangan yang terlalu gelap atau terang.

6. Aktifkan Dark Mode

Fitur mode gelap dikenalkan di IOS 13. Fitur ini berguna untuk menghemat masa pakai baterai.

7. Matikan Fitur Automatis Download

Masa baterai ponsel bisa berkurang jika ponsel turs mengunduh aplikasi. Contohnya saja pembaruan otomatis dan mengunduh aplikasi. Kamu bisa menonaktifkan fitur unduhan otomatis di bagian pengaturan.

8. Simpan Separuh Daya

Ada beberapa cara menjaga kesehatan baterai iPhone. Kamu bisa mengisi ponsel iPhone sekitar 50%. Kemudian kamu bisa melepas pengisian daya untuk dipakai.

Jangan mengosongkan daya baterai sepenuhnya. Hal ini akan mempengaruhi kapasitas dan kekuatan baterai lebih pendek.

9. Pakai Wifi

Wifi menggunakan lebih sedikit daya koneksi dibanding data seluler. Apple merekomendasikan koneksi Wifi ketika digunakan di rumah atau kantor.

10. Batasi Navigasi dan GPS

GPS dan navigasi berpengaruh pada masa baterai. Pengguna bisa membatasi aplikasi untuk mengakes lokasi.

Caranya buka aplikasi pengaturan, pilih privasi, kemudian pilih layanan lokasi. Ada berbagai cara untuk optimalkan masa baterai.

Contohnya, mematikan fitur AirDrop, Siri, dan screen time. Cara tersebut dapat mempengaruhi presentase dan kesehatan baterai.

Demikianlah informasi seputar cara menjaga kesehatan baterai iPhone yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat!

Tag : #iphone 11    #apple    #tips    #teknologi    #ios    #battery health   

Baca Juga