Ilustrasi

Cara Mudah Berbagi Password WiFi dengan Kode QR di Android

Wanovy | Teknologi | 09-12-2021

Sebagain orang mungkin pernah lupa kata sandi atau password WiFi ketika ada teman yang meminta izin untuk menggunakan jaringan Wi-Fi.

Disamping itu, ada juga pengguna yang mungkin takut jika orang tersebut menyebarkan kata sandi pengguna dan membuat jaringan Wi-Fi rentan terhadap peretas.

Tak hanya itu, ada kalanya jika Anda yang tak sengaja mengunjungi tempat baru dan bermaksud untuk menghubungkan perangkat Anda pada jaringan WiFi tersebut, sudah pasti harus mengetikkan password WiFi yang terkadang cukup rumit.

Situasi di mana pengguna tidak mungkin berbagi kata sandi seperti itu dapat ditangani dengan fitur di Android yang menawarkan kode QR untuk berbagi jaringan WiFi.

Dimulai di Android 10, smartphone besutan Google sudah dapat membagikan kata sandi Wi-Fi antarperangkat menggunakan kode QR (QR code).

Caranya pun terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi kamera default di perangkat Android untuk memindai kode, seketika pun bisa langsung terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Cara menampilkan barcode WiFi di Android

Mengutip laman Make Tech Easier, Jumat (8/5/2020), berikut cara membagikan password WiFi dengan kode QR menggunakan ponsel Android:

1. Untuk melihat barcode WiFi,  terlebih dahulu ponsel pengguna harus terhubung ke jaringan Wi-Fi.

2. Nyalakan ponsel Android dan buka menu “Pengaturan”.

3. Gulir ke bawah daftar opsi yang berkaitan dengan fungsi ponsel dan pilih “Jaringan & Internet”. Klik opsi ini untuk membuka halaman fungsi baru.

4. Klik pada menu WiFi. Pengguna akan melihat nama jaringan WiFi yang saat ini pengguna gunakan di halaman baru.

5. Di sebelah nama jaringan WiFi terdapat ikon roda gigi. Klik ikon tersebut untuk membuka “Pengaturan WiFi”.

6. Ketuk tombol “Bagikan” atau Share berwarna biru.

7. Pada jendela baru yang muncul, masukkan kode kata sandi pengguna untuk memverifikasi bahwa pengguna dalah pemilik ponsel.

8. Kode QR akan muncul di layar.

Cara memindai kode QR WiFi

Pada ponsel Android orang yang ingin pengguna berikan kode QR, cara scan kode QR Wifi bisa dilakukan dengan cara:

Buka Pengaturan > Jaringan dan Pengaturan > buka daftar jaringan Wi-Fi yang tersedia.

Gulir ke bawah daftar dan pilih opsi “Tambahkan Jaringan”, kemudian ketuk ikon kode QR biru di sebelahnya. Lalu, arahkan ponsel ke kode QR milik pengguna. Secara otomatis itu akan menghubungkan jaringan WiFi pengguna.

Itulah cara berbagi password WiFi dengan kode QR di Android yang bisa Anda terapkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tag : #tips    #wifi    #scan barcode    #qr code    #share password    #android   

Baca Juga