Ilustrasi

CEO Meta Pamerkan Tampilan Baru Instagram yang Makin Mirip TikTok

Wanovy | Teknologi | 17-06-2022

PARBOABOA - CEO Meta, Mark Zuckerberg, memamerkan tampilan baru linimasa Instagram yang sedang diuji coba dalam unggahan di akun pribadinya.

Terlihat dari unggahan Zuckerberg, tampilan baru linimasa Instagram tersebut mirip dengan sang kompetitor, TikTok, yang menghadirkan tampilan layar penuh untuk mempermudah pengguna menelusuri berbagai konten.

Foto dan video yang akan ditampilkan di kolom Feed tampak menggunakan rasio 16:9. Dengan begitu, konten yang diunggah di Instagram akan memiliki ukuran yang lebih luas agar bisa memanjakan visual pengguna.

Tampilan yang sedang diuji coba tersebut terlihat hampir serupa dengan standar ukuran video yang disajikan di TikTok.

"Konten foto masih merupakan bagian penting dari Instagram, dan kami sedang berupaya untuk meningkatkan tampilan visual mereka di Instagram Feed supaya bisa dimuat secara full screen," ujar Zuckerberg dalam sebuah unggahan di Instagram Stories.

Zuckerberg tidak menyebut kapan fitur ini meluncur ke pengguna secara umum. Namun, ia mengatakan bahwa fitur ini masih dalam tahap uji coba dan bakal menyambangi sejumlah pengguna Instagram secara global.

Nantinya, mereka yang mendapatkan fitur ini akan bisa melihat konten foto atau video yang ada di Instagram Feed ditampilkan dalam layar yang nyaris penuh, mirip seperti linimasa milik TikTok,

Deretan tombol di bagian atas layar, seperti tombol membuat post baru, notifikasi, hingga Direct Message (DM) akan masuk di bagian atas konten.

Kolom caption, tombol "like", komentar, hingga tombol share yang ada di bagian bawah juga akan ditempatkan di dalam konten yang diunggah.

Sementara untuk deretan tab yang berada di bagian bawah aplikasi Instagram, seperti tab home, discover, Reels, Shop, hingga Profile, masih akan berada di tempat yang sama dan tidak akan menindih tampilan konten foto atau video Instagram Feed.

Sejauh ini belum diketahui kapan pembaruan tampilan Instagram tersebut meluncur ke pengguna secara umum, Zuckerberg mengatakan bahwa fitur ini masih dalam tahap uji coba dan bakal menyambangi sejumlah pengguna Instagram secara global.

Sebelumnya, sekitar Mei lalu, Instagram juga disebut tengah menguji coba tampilan baru supaya konten foto dan video di Instagram Feed dimuat dalam tampilan full screen.

Namun kala itu, deretan tombol yang terdapat di bagian atas aplikasi Instagram masih belum terlihat menimpa foto atau video yang diunggah.

Instagram juga disebut bakal melakukan sejumlah penyesuaian tampilan demi bersaing dengan TikTok.

Deretan tab yang ada di bagian bawah aplikasi Instagram, konon akan dilengkapi dengan tombol untuk membuat postingan serta tombol DM, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Jumat (17/6/2022).

Seperti diketahui, di TikTok, tombol-tombol tersebut terletak di bagian bawah aplikasi. 

Selain itu, Instagram juga konon tengah menggodok algoritma baru di Instagram Feed mereka demi membuat konten yang ditampilkan lebih relevan dengan anak muda masa kini, boleh jadi konten-konten viral seperti di TikTok.

Tag : #instagram    #meta    #apps    #teknologi    #mark zuckerberg    #feed instagram   

Baca Juga