Planet Jupiter (Dok: Popmama.com)

Ciri Planet Jupiter, Bintang Siaran yang Paling Besar di Tata Surya

Mei | Pendidikan | 13-05-2022

PARBOABOA - Planet adalah bintang siaran yang mengorbit mengelilingi Matahari namun tidak memancarkan energinya sendiri.

Pada dasarnya terdapat delapan planet yang ada di tata surya, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Planet terbesar dalam tata surya adalah planet Jupiter.

Bayangkan saja, massa Jupiter dapat mencapai 1,898E27 kg. Dengan ukuran planet Jupiter yang sangat besar itu membuat bintang siaran ini juga dikenal sebagai planet raksasa.

Planet Jupiter adalah planet ke-5 yang ada pada urutan tata surya yang paling dekat letaknya dengan matahari.

Asal usul pembuatan nama Jupiter diambil dari sebuah mitologi kepercayaan yang berasal dari Romawi ditahun ke-2 SM.

Penelitian tentang planet Jupiter dilakukan oleh seorang ahli astronomi yang berasal dari Yunani, yang kemudian diterbitkan dalam sebuah buku yang berjudul “Almagest”.

Selain dikenal sebagai planet terbesar di tata surya, Jupiter juga memiliki beberapa ciri-ciri yang cukup jarang diketahui oleh orang banyak. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya.

Ciri Planet Jupiter, Bintang Siaran yang Paling Besar di Tata Surya

1. Menjadi Planet Terbesar di Tata Surya

Kita semua telah mengetahui bahwa planet terbesar di tata surya adalah Jupiter.

Bayangkan saja volume Jupiter dapat mencapai ukuran 1.43×1015 km3 dengan diameter mencapai 142.860 km.

Menurut beberapa ilmuan, ukuran Jupiter tersebut bahkan 11 kali lipat lebih besar ukurannya jika dibandingkan dengan bumi.

Jika diibaratkan planet Jupiter sebagai wadah, maka sebanyak 1310 planet yang sama ukurannya dengan bumi dapat masuk ke planet yang satu ini.

Namun, walaupun dikenal sebagai planet terbesar di tata surya, massa Jupiter hanya mencapai 2,5 kali berat Bumi. Hal ini disebabkan karena bintang siaran yang satu ini terbuat dari gas .

2. Terbuat Dari Gas Dalam Jumlah Besar

Ciri planet Jupiter yang berikutnya dalah tebuat dari gas yang sangat besar. Pada dasarnya bintang siaran yang satu ini memiliki inti dari unsur yang berat, namun sebagian besar permukaan Jupiter terbuat dari unsur gas dengan jumlah yang sangat besar.

Permukaan gas tersebut mengandung hidrogen (H2), helium (He), amoniak (NH3), serta metana (CH4), dengan komposisi terbesar helium.

Untuk bagian atmosfer Jupiter banyak mengandung hidrogen, helium, serta beberapa unsur lainnya.

Gas dengan ukuran yang sangat besar ini akan bergerak mengelilingi planet Jupiter secara terus menerus, sehingga para ilmuan menyimpulkan tidak ada kehidupan di planet ini.

3. Terdapat Bercak Merah Besar

Ciri ciri planet Jupiter yang berikutnya adalah memiliki bercak merah dengan ukuran yang cukup besar, yang dapat dengan mudah diamati melalui sebuah teleskop.

Bercak merah pada planet ini dianggap berasal dari adanya perbedaan yang terdapat pada aliran lapisan planet, yang mana ukurannya dapat mencapai diameter 50.000 km yang berbentuk lonjong.

4. Memiliki Banyak Satelit

Ciri planet Jupiter yang berikutnya adalah memiliki jumlah satelit yang cukup banyak, yakni berkisar 67 jumlah satelit alami. Namun ditahun 1975, jumlah satelit yang tercatat hanya sekitar 51 saja.

Dari puluhan jenis satelit tersebut, terdapat 4 jenis satelit terbesar yaitu lo, Europa, Ganymede, serta Callisto. Satelit-satelit terbesar tersebut memiliki klasifikasi kelompok, yaitu reguler dan irreguler.

5. Struktur Dalam Planet Jupiter

Ciri planet Jupiter yang berikutnya adalah memiliki inti atau struktur dalam yang padat, lapisan hidrogen metalik, sedikit helium, serta lapisan luar yang sebagian besar berupa hidrogen molekuler.

Namun, sampai sekarang belum bisa dipastikan apakah inti planet Jupiter berbatu atau tidak karena permukaan nya yang ditutupi oleh gas dalam jumlah yang sangat besar.

6. Orbit dan Rotasi

Ciri ciri planet Jupiter yang berikutnya adalah memiliki orbit serta rotasi yang berbeda dengan planet lainnya.

Pusat massa planet Jupiter berada di luar matahari, yaitu berjarak 1.068 radius matahari dari pusatnya, sedangkan untuk jarak Jupiter ke matahari yakni berkisar 778 juta km.

Planet Jupiter akan menyelesaikan masa orbitnya dalam kurun waktu 11,86 tahun untuk sekali orbit saja.

Tag : #planet    #bintang siaran    #pendidikan    #tata surya    #merkurius    #planet Jupiter   

Baca Juga