Densus 88

Densus 88 Bekukan Rekening Yayasan Baitul Maal Abdurrahman, Diduga Danai Teroris Jaringan Jamaah Islamiyah

rini | Hukum | 03-11-2021

PARBOABOA, Lampung - Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri membekukan rekening yayasan Lembaga Amil Zakat Abdurrohman Bin Auf (LAZ BM ABA) yang diduga merupakan yayasan amal yang membiayai jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI).

Pembekuan ini buntut penangkapan seorang pria S (61) yang terduga teroris di  Bagelan, Pringsewu, Lampung pada Minggu (31/10). S diduga terlibat dalam kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) sejak 1997. Selain itu, S juga diduga terlibat dalam penggalangan dana program jihad milik JI dan menghadiri beberapa pertemuan dengan para senior JI di Jawa maupun Sumatera.

SU juga pernah menjabat sebagai ketua cabang BM ABA Lampung sejak 2018 sampai sekarang dan masih menjabat sebagai Ketua BM ABA Pusat.

Kabagbanops Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Aswin Siregar mengatakan Densus 88 telah melakukan penyitaan terhadap sejumlah aset milik yayasan tersebut selama proses penyidikan berlangsung.

"Penggalangan lewat BM ABA sudah ditutup sejak dimulainya penyidikan terhadap organisasi ini," kata Kombes Aswin Siregar, Selasa (2/11).

Saat ini petugas masih berupaya menyelidiki sejumlah aset lain yang disamarkan dengan nama individu ataupun organisasi lain yang terkait dengan yayasan tersebut.

Yayazan LAZ ABA beroperasi di sejumlah daerah di Indonesia, diantaranya Medan, Jogja dan Bandung. Adapun penangkapan tersangka S merupakan pengembangan dari penangkapan teroris kelompok JI di sejumlah wilayah.

Sementara itu, LAZ BM ABA merupakan salah satu dari yayasan amal bentukan kelompok JI. Sebelumnya Densus 88 Antiteror telah mengungkap yayasan amal yang digunakan oleh JI untuk menggalang dana lewat Syam Organizer.

Tag : hukum, teroris, yayasan laz bm aba, teroris jamaah islamiyah, rekening teroris

Berita Terkait