Desain sekat dapur dan ruang keluarga, foto: Pinterest.com

10 Inspirasi Desain Sekat Dapur dan Ruang Keluarga Terbaru

Wanovy | Rumah | 21-07-2022

PARBOABOA - Apakah kamu butuh inspirasi desain sekat dapur dan ruang keluarga agar tata letak hunian atau interior rumah terlihat menarik?

Tenang, kami sajikan beragam gambar yang mungkin bermanfaat dan bisa jadi inspirasi. Ikuti pula penjelasannya lewat artikel berikut!

Menentukan tata ruang di dalam rumah tidaklah mudah. Apalagi jika berkaitan dengan area dapur yang menyatu dengan ruang keluarga.

Maka dari itu, setidaknya, butuh sekat supaya kedua area ini benar-benar terlihat berbeda sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Belum lagi, jika salah dalam penempatan, kedua spot ini cukup mengganggu, lo.

Misalnya, ketika ada aktivitas memasak di dapur dan asap hasil dari masakan sampai ke ruang keluarga, bukan tidak mungkin akan mengganggu penghuni lainnya

Bahkan menurut fengshui, selain mengganggu, desain menyatunya dapur dan ruang keluarga merupakan indikasi bahwa rumah tersebut tidak sehat dan kurang baik secara etika.

Namun, tenang saja, kamu bisa menyiasatinya dengan memberikan sekat di antara kedua ruangan ini.

Dibawah ini Parboaboa.com sudah siapkan beberapa desain sekat dapur dan ruang keluarga yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk, simak ulasannya!

1. Desain Sekat Dapur dan Ruang Keluarga dari Kayu

(Sumber: thisoldhouse.com)

Desain sekat dapur dan ruang keluarga yang menawan namun tetap terkesan minimalis, ialah dengan menggunakan partisi kayu.

Material kayu memang identik dengan kesan estetis. Bahan ini juga mampu memberikan sentuhan alami pada ruangan.

Begitu juga dengan sekat berbahan kayu. Pada dasarnya partisi ini bisa masuk ke segala konsep ruangan, mulai dari minimalis, modern, oriental, hingga tradisional.

Tidak perlu banyak elemen dekoratif, cukup dengan sekat material kayu maka dapur dan ruang keluarga dapat dipisahkan dengan menawan.

Jenis kayunya pun beragam dan bisa kamu sesuaikan dengan konsep interior rumah. Kamu bisa menggunakan kayu berwarna gelap menjurus ke hitam untuk memberi kesan maskulin.

2. Partisi Ruangan Ranting Pohon

Masih dalam tema alami, desain sekat dapur dan ruang keluarga berikutnya juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin menciptakan kesan unik pada ruangan.

Partisi dengan bentuk ranting-ranting kayu bisa dibilang cukup populer belakangan ini.

Karena tak hanya berfungsi untuk memisahkan kedua ruangan yang berbeda, material ini juga ampuh membuat ruangan jadi lebih cantik dan alami.

Partisi ranting kayu ini juga bisa menjadi dekorasi untuk ruangan di rumah. Kesan hangat bisa kamu dapatkan jika mengombinasikan partisi ranting kayu dengan lampu-lampu temaram.

Maksimalkan juga nuansa alami dengan menambahkan unsur kayu lain pada bagian tertentu, misalnya pada lantai atau perabotan rumah.

3. Sekat Ruang Tamu dengan Desain Unik

Desain sekat dapur dan ruang keluarga di bawah ini memiliki nilai estetik yang unik.

Berlokasi langsung setelah pintu utama, orang yang memasuki rumah akan langsung merasakan nilai unik pembatas ruangan.

Bentuknya tidak tertutup, hanya menjadi pembatas antara satu ruangan dengan ruangan lain.

Hal yang turut menjadi perbedaan adalah penggunaan lantai. Pada satu sisi, lantai cenderung polos sementara pada sisi lainnya lantai memiliki motif.

Sedikit pada bagian atap juga kamu bisa melihat perbedaan. Adanya aksen tanaman dalam rumah menambah kesan unik dari penggunaan pembatas ini.

4. Sekat Ruang Tamu Kayu dan Lukisan

Jika kamu memiliki ruang yang cukup luas, bisa menggunakan pembatas ruangan ini untuk memisahkan ruang tamu dan ruangan lainnya.

Tidak hanya memiliki fungsi utama untuk memisahkan dua ruangan, namun ada penambahan aksen lukisan pada pembatas yang memberikan hiasan unik.

Penggunaan pembatas ruangan ini akan lebih cocok jika dipadukan dengan lantai yang juga senada. Penyatuan warna juga menjadi kunci rumah terlihat selaras dan nampak sejuk.

Untuk kamu yang tidak begitu suka banyak aksen, bisa menggunakan desain sekat dapur dan ruang keluarga ini untuk diaplikasikan.

5. Sekat Ruang Tamu Menggunakan Lemari

(Sumber: thisoldhouse.com)

Konsep minimalis adalah kata yang cocok untuk menggambarkan desain sekat dapur dan ruang keluarga yang satu ini.

Warna putih juga menunjukkan eksan elegan kepada pemilik rumah. Pembatas ini cocok digunakan di apartemen karena menjadi pembeda antara ruang tidur dengan ruang tamu.

Perpaduan warna putih di setiap peralatan menambah kesan berkelas kepada pemilik rumah.

Risiko menerapkan warna serba putih di rumnah adalah kamu harus sering membersihkan area rumah.

Jika telaten, tentu risiko ini bukan hal besar untuk menjadikan ruangan terkesan elegan dan berkelas.

6. Kreasikan Sekat Menjadi Beragam Bentuk Unik

Dengan menggunakan sedikit kreativitas, material kayu dapat menjadi beragam model desain sekat ruangan yang cantik dan multifungsi.

Salah satu cara mudah dan praktis yakni dengan menghadirkan sekat ruangan berbahan kayu, yang dimodifikasi menjadi garis hingga bentuk pohon abstrak yang unik.

Selain ketahanannya yang kokoh, penggunaan material kayu juga dapat memberikan kesan natural pada ruangan.

Namun, kamu juga dapat memberikan warna tambahan sesuai keinginan jika tekstur dan warna kayu dirasa kurang serasi dengan tampilan interior ruanganmu.

7. Rak Kabinet Minimalis

Bukan hanya sekedar penyekat ruangan, melainkan kamu bisa mengubahnya menjadi rak kabinet ataupun lemari multifungsi yang cantik.

Mulai dari tempat rak buku, pajangan kesukaanmu, hingga menjadi rak televisi.

Mengangkat konsep minimalis dengan elemen warna putih mampu membantu menggambarkan eksan elegan kepada pemilik rumah.

Hanya saja resiko untuk membersihkan area rumah menjadi lebih besar karena rentan terlihat jelas bila kotor.

Namun, jika kamu telaten dalam membersihkan area tersebut, tentu saja ini bukanlah masalah yang besar.

8. Penggunaan Plat yang Memanjang

(Sumber: thisoldhouse.com)

Plat yang memanjang hingga langit-langit memang memiliki keunikan visual yang menarik. Rak seperti ini sangat cocok ditempatkan sebagai sekat antar ruangan.

Jika kamu akan meletakkannya pada lokasi yang berdekatan, maka kamu dapat melakukan variasi model diantara keduanya.

Inspirasi desain sekat dapur dan ruang keluarga ini menggunakan warna kayu dan tekstur alami dari kayu.

Kesan natural dari perpaduan warna gelap dan terang ini memberikan tampilan ruangan menjadi tidak monoton.

Tunggu apalagi? Yuk, coba aplikasikan partisi seperti ini di rumahmu agar semakin terlihat menarik.

9. Desain Sekat Ruang Natural dengan Pot Bunga

Bagi yang suka nuansa floral, desain sekat ruang yang satu ini bisa jadi pilihan menarik. Susunlah bunga-bunga favoritmu sebagai sekat ruang yang cantik.

Manfaatkanlah pot holder seperti gambar di atas agar terlihat rapi. Kerasa banget, deh, nuansa segar di dalam rumah kalau begini!

10. Desain Sekat Ruang Lemari Minimalis Multifungsi

Hampir setiap rumah memiliki lemari buku atau pajangan. Jika ingin mengganti suasana rumah, gunakan saja sebagai sekat ruang seperti ini.

Nggak hanya menciptakan privasi antarruang, sekat dari lemari juga multifungsi banget. Mau dipindah-pindahkan pun fleksibel dan praktis.

Nah, itulah tadi beberapa desain sekat dapur dan ruang keluarga yang bisa kamu coba aplikasikan di rumahmu. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

Tag : #sekat rumah    #desain sekat    #model rumah    #rumah    #rumah minimalis    #ruang keluarga   

Baca Juga