Dinkes Simalungun Buka Layanan Booster Kedua, Ada 200 Vaksin Tersedia

Dimas | Daerah | 25-01-2023

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Simalungun membuka layanan vaksinasi COVID-19 Booster ke-2 bagi masyarakat umum di wilayahnya sejak 24 Januari 2023. Sebanyak 200 vaksin yang tersedia (Foto: Parboaboa/Dimas)

PARBOABOA, Simalungun – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Simalungun membuka layanan vaksinasi COVID-19 Booster ke-2 bagi masyarakat umum di wilayahnya. Sebanyak 200 vaksin yang tersedia.

“Sudah kita buka, mengingat sudah ada surat edaran yang diturunkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait Booster kedua untuk masyarakat umum. Sudah kita bagikan ke beberapa kecamatan, seperti Seribu Dolok,” ujar Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Simalungun, Rohanta Saragih, kepada Parboaboa, Rabu (25/01/2023).

Rohanta mengatakan, saat ini Simalungun hanya memiliki 200 stok vaksin Booster kedua, itupun sisa dari program vaksinasi tenaga kesehatan. Pihak Dinkes telah mengusulkan sebanyak 5.000 vaksin kepada Pemerintah Sumatra Utara (Sumut).

“Kita sedang usulkan 5.000 vaksin. Masih menunggu dari Pemprov ini belum ada tanggapan. Tapi mudah-mudahan secepatnyalah,” ujarnya.

Disebutkanya, sebanyak 200 ribu masyarakat Simalungun sudah bisa melakukan vaksinasi Booster kedua.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat yang sudah bisa melakukan Booster kedua untuk segera mendaftarkan diri di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat.

“Masyarakat silahkan mendaftar, jadi bisa memudahkan kita untuk melakukan vaksinansi. Jika Puskesmasnya belum ada stok vaksin, tetap juga boleh mendaftar. Jadi apabila vaksinnya sudah datang dari Pemprov, kita bisa langsung lakukan vaksinasi,” pungkasnya

Untuk diketahui, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan mengeluarkan  Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/380/2023 tentang vaksinasi COVID-19 dosis Booster ke-2 bagi kelompok masyarakat pada 20 Januari 2023 lalu.

Vaksinasi COVID-19 dosis booster kedua dapat diberikan kepada semua masyarakat umum (usia 18 tahun ke atas) mulai 24 Januari 2023.

Tag : #simalungun    #dinkes simalungun    #daerah    #vaksinasi    #booster kedua    #covid 19    #kemenkes    #berita sumut    #berita simalungun   

Baca Juga