Rapat Pleno Komisi III DPR terkait calon Hakim Agung, di Kompleks Parlemen, Jakarta.

DPR Tetapkan Calon Hakim Agung Yang Akan Maju Ke Paripurna

Maraden | Politik | 22-09-2021

PARBOABOA, Jakarta – Komisi III DPR telah memilih calon hakim agung sebanyak tujuh orang dari 11 calon hakim agung yang diajukan Komisi Yudisial (KY). Ketujuh calon hakin agung itu nantinya akan akan disampaikan pada Rapat Paripurna pengambilan keputusan di DPR RI.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry di Kompleks Parlemen, Jakarta. Dia mengatakan DPR melakukan secara profesional dan transparan dalam proses pemilihan calon hakim agung tersebut agar para calon yang dipilih kredibel dan berintegritas.

"Komisi III DPR RI telah melaksanakan salah satu tugas konstitusional dalam memilih tujuh calon hakim agung. Sebanyak tujuh calon hakim agung yang disepakati pada Tingkat I di Komisi III dan selanjutnya akan disampaikan pada Rapat Paripurna hari ini (Selasa/21/09/2021)," kata Herman Herry.

Kata Herman, Komisi III DPR RI telah melaksanakan proses uji kelayakan dan kepatutan terhadap para calon hakim agung pada Senin (20/9) yang bisa disaksikan seluruh rakyat Indonesia.

Herman melanjutkan, ketujug calon yang dipilih oleh komisi III DPR tersebut merupakan hasil kesepakatan dari seluruh fraksi yang ada di Komisi III DPR dimana setiap fraksi memiliki hak yang sama dalam menyetujui atau menolak calon hakim agung.

Lanjut Herman, Komisi II mengucapkan selamat selamat bekerja kepada para yang mulia hakim agung yang terpilih sebagai hakim tertinggi. Dia juga mengatakan harapannya kepada calon hakim agung yang nantinya terpilih untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan menjunjung tinggi rasa keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ketujuh calon hakim agung pada tingkat I yang disepakati oleh Komisi III DPR adalah sebagai berikut

1. H. Dwiarso Budi Santiarto, S.H., M.Hum. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

2. Jupriyadi, S.H., M.Hum. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

3. Dr. Prim Haryadi, S.H., M.H (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

4. Suharto, S.H., M.Hum. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

5. Yohanes Priyana, S.H., M.H. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

6. Dr. H. Haswandir, S.H., M.Hum., M.M. Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Perdata)

7. Brigjen TNI Dr. Tama Ulinta Br Tarigan, S.H., M.Kn. (Sebagai Calon Hakim Kamar Militer).

Tag : #politik    #komisi 3 dpr    #7 calon hakim agung    #komisi yudisial   

Baca Juga