Ilustrasi Batu bara (dok Antara/Syifa Yulinnas)

Filipina Desak Indonesia Hentikan Larangan Ekspor Batu Bara

Rini | Internasional | 10-01-2022

PARBOABOA, Filipina - Keputusan Indonesia untuk menghentikan ekspor batu bara menuai kecaman dari sejumlah negara yang selama ini menjadi pembeli tetap batu bara dari Indonesia. Jepang dan Korea Selatan sebelumnya telah meminta Indonesia untuk segera mengehentikan pelarangan ekspor batu bara karena kedua negara tersebut sangat bergantung pada batu bara untuk berbagai kebutuhan terlebih untuk menggerakkan pembangkit listrik.

Dikutip dari Antaranews, Indonesia kembali mendapat desakan untuk menghentikan larangan ekspor dari Filipina. Menteri ESDM Filipina Alfonso Cusi mengirimkan surat permohonan melalui Departemen Luar Negeri kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, Arifin Tasrif. Dalam surat tersebut Cusi mengatakan, Filipina sangat bergantung pada batu bara untuk pembangkit listrik di negara tersebut.

Seperti diketahui, Indonesia merupakan negara pengekspor batu bara terbesar di dunia. Dengan sejumlah negara pelanggan tetap merupakan negara yang menggunakan batu sebagai pembangkit listrik sangat bergantung pada ekpor dari Indonesia seperti Jepang, China, India, dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Menurut data dari pemerintah Filipina pada tahun 2020, kebutuhan batu bara Filipina sekitar 42,5 juta ton, dimana 70 persen dari kebutuhan tersebut berasal dari Indonesia.   

Sehingga pelarangan yang diberlakukan Indonesia merugikan Filipina, karena negara tersebut terpaksa membeli batu bara dari negara lain seperti Australia dan Vietnam, dengan harga yang lebih mahal.  

Adapun pelarangan ekspor batu bara ini dilakukan oleh Indonesia untuk menghindari kelangkaan batu bara untuk perusahaan pembangkit listrik domestik. Aturan ini direncanakan berlangsung selama 1 bulan penuh, sejak 1 hingga 31 Januari 2022.

Namun Indonesia belum mengambil keputusan akan menghentikan atau melanjutkan kebijakan tersebut setelah mendapat desakan dari Jepang, Korea Selatan dan Filipina yang menjadi konsumen batu bara dari Indonesia tersebut.

Tag : #batu bara    #larangan ekspor    #jepang    #korea selatan    #filipna    #internasional   

Baca Juga