Film Populer Mieke Wijaya (Dok: instagram/@miekewijaya.z)

Mengenang Mieke Wijaya, Berikut 5 Film Populer Yang Pernah Ia Mainkan

Ester | Hiburan | 04-05-2022

PARBOABOA – Mieke Wijaya adalah seorang aktris dan model berkebangsaan Indonesia yang sudah sangat populer sejak dulu. Aktris senior ini lahir pada 17 Maret 1939 dan wafat pada 3 Mei 2022.

Mieke tutup usia pada umur 82 tahun berketepatan di hari kedua Lebaran.

Diketahui, penyebab utama Mieke meninggal karena penyakit yang dideritanya yaitu kanker dan diabetes.

Nama Mieke Wijaya sangat melejit lewat film Tiga Dara (1956) karya Usmar Ismail yang pernah ia mainkan. Namun sebenarnya, film pertama yang dibintangi olehnya adalah Gagal (1955).

Tidak hanya Tiga Dara, masih ada beberapa film yang diperankan oleh Mieke yang sukses dan membawanya meraih penghargaan. Film itu antara lain adalah:

1. Tiga Dara

Tiga Dara adalah 1 dari puluhan film terkenal yang Mieke Mainkan. Film ini memiliki genre komedi musikal yang tayang pada tahun 1926 dan diperankan oleh Chitra Dewi, Mieke Wijaya, dan Indriati Iskak.

Setelah dirilis pada tahun 1956, Tiga Dara meraih kejayaan pada bulan Agustus 1957. Hal itu dapat dilihat pada karier bintang-bintangnya yang melejit, masuk box office tertinggi dari film manapun, serta ditayangkan pada bioskop kelas satu.

2. Gadis Kerudung Putih

Gadis Kerudung Putih adalah salah satu film Mieke Wijaya yang membawanya memenangkan sebuah penghargaan dari Festival Film Indonesia, dengan kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Film ini dirilis pada tahun 1977 dan disutradarai oleh Djamal Harputra dan dibintangi oleh Mieke Wijaya, Dicky Zulkarnaen, dan Rachmad Hidayat.

3. Ranjang Pengantin

Sama dengan Gadis Kerudung Putih, Ranjang Pengantin adalah salah satu film populer Mieke Wijaya yang membawanya memenangkan sebuah penghargaan yaitu Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia.

Film yang dirilis pada tahun 1974 ini disutradarai oleh Teguh Karya. Ranjang Pengantin sendiri bercerita tentang sebuah perjodohan dari pasangan suami istri.

4. Kembang Semusim

Kembang Semusim adalah sebuah film Mieke Wijaya yang dirilis pada tahun 1980. Film ini sukses membawa Mieke memenangkan penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia.

Kembang Semusim bercerita tentang konflik yang dialami oleh Farida (Mieke Wijaya) serta keluarga dari suami anaknya Mirna (Marissa Haque).

5. Losmen

Losmen adalah salah satu film populer dari Mieke Wijaya. Bahkan film ini sampai memiliki sekuel yaitu Losmen Bu Broto yang dirilis pada tahun 2021 silam.

Film Losmen dirilis pada tahun 1987 dan bercerita tentang kehidupan keluarga Broto yang mendirikan sebuah losmen. Losmen juga dikenal sebagai salah satu film yang memiliki aktor dan aktris handal kala itu yang menyajikan cerita yang menarik serta akting yang berkualitas.

Baca juga: Aktris Senior Mieke Wijaya Meninggal Dunia

Tag : #mieke wijaya    #meinggal dunia    #hiburan    #aktris    #model    #film mieke wijaya    #film   

Baca Juga