Ilustrasi

7 Rekomendasi Game Edukasi Anak Lengkap dan Gratis di Android

Wanovy | Teknologi | 23-09-2022

PARBOABOA - Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini perkembangan teknologi begitu pesat. Bahkan, anak-anak sudah bisa mengoperasikan smartphone atau tablet.

Tidak masalah sebenarnya jika anak Anda bisa mengoperasikan berbagai macam gadget. Akan tetapi, sebagai orang tua Anda harus tetap memantau anak-anak Anda agar tidak terlibat dalam penyalahgunaan teknologi.

Game adalah sarana untuk refreshing bagi orang dewasa maupun anak-anak. Bila Anda ingin memilih game yang tepat untuk anak, rekomendasi game edukasi anak untuk PC dari ini mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda. Game ini sangat edukatif dan sangat cocok untuk anak-anak.

Penasaran apa saja? Yuk, cek ulasannya!

1. Game Edukasi Anak Lengkap

Di nomor pertama ada game edukasi anak lengkap yang dikembangkan oleh SekarMedia.

Dalam dekskripsinya SekarMedia menjelaskan bahwa game ini berisi permainan pendidikan untuk putra-putri usia dini, PAUD, dan TK, yang berfokus pada penguatan ingatan, pengenalan warna, huruf, angka, bentuk, dan nama-nama binatang.

Selain itu, karena dikembangkan oleh orang Indonesia, game ini dilengkapi dengan pemandu suara berbahasa Indonesia. Jadi media pembelajaran bisa lebih asik dan terpandu.

2. Trains, Cars & Games for Kids

Game edukasi anak lengkap anak berikutnya adalah Game Trains, Cars, & Games for Kids. Permainan ini dapat mengasah otak anak lebih kreatif.

Jika si kecil berusia 2-4 tahun, permainan edukasi anak ini tentunya sangat disarankan. Anak akan belajar banyak hal dari game, mulai dari pengetahuan dasar tentang warna, huruf, maupun angka.

Sebanyak 15 jenis game anak menarik tersedia di sini. Namun, hanya 5 jenis game saja yang bisa diakses gratis. Sisanya adalah game berbayar.

3. Maze Book

Maze Book adalah salah satu game edukasi anak lengkap untuk PC yang Kami rekomendasikan untuk Anda.

Game satu ini bukanlah game berat. Maze Book tergolong ringan dengan ukuran hanya 1.99MB saja. Selain itu juga, Maze Book bisa Anda mainkan secara offline. Jadi, Anda tidak perlu repot mengoneksikan jaringan internet untuk memainkan maze Book.

Dalam permainannya, Maze Book memiliki cara bermain dan kontrol yang mudah dimengerti anak.

Selain itu juga, game ini memiliki konsep bermain dimana anak harus menemukan jalan keluar dari Maze.

Meskipun game ini tidak menggunakan grafis animasi 3D, namun animasi yang disajikan cukup menarik untuk anak.

4. World of Zoo

Simulator kebun binatang yang satu ini dapat mengasah kreativitas anak-anak. World of Zoo adalah game edukasi anak untuk PC yang memungkinkan anak-anak membangun sebuah kebun binatang virtual dengan puluhan spesies fauna yang berbeda-beda.

Ada fitur “Animal Editor” yang fungsinya untuk mengubah warna dan pola bulu dari satwa-satwa yang ada di kebun binatang ini, bahkan ukuran telinga, hidung, ekor, dan cakar juga bisa diubah.

Biarkan anak-anak menciptakan satwa dengan kreasinya sendiri. Setelah semua satwa dibuat, anak akan berinteraksi dengan satwa di kebun binatang dengan merawat dan memberinya makan. World of Zoo dijual di Amazon dengan harga US $17,81.

5. Permainan Matematika untuk Anak

Matematika sering menjadi pelajaran yang dianggap menakutkan. Tapi jika anak kalian diajari matematika dengan cara yang menyenangkan, kami kira, kesan ‘menakutkan’ itu tidak akan terlalu mengganggu mereka di masa mendatang.

Salah satu game matematika yang paling terkenal di Play Store adalah Little Panda Math Genius yang dikembangkan oleh BabyBus.

Karena permainan ini berfokus pada angka dan visual, kami kira tidak adanya bahasa Indonesia sebagai pengantar tidak akan menjadi masalah besar.

6. ABC PreSchool Playground Free

ABC PreSchool Playground Free merupakan game edukasi anak lengkap berbasis Android yang dikembangkan oleh developer Sound House LLC.

Game ini dapat merangsang kreativitas dan artistik anak Anda karena beberapa fitur yang terdapat di dalamnya.

Lewat game ini, anak Anda akan bisa melakukan berbagai hal; mulai dari menggambar, memberikan warna, dan menghafal huruf alfabet dasar.

7. Educational Games 4 Kids

Pengenalan jenis-jenis makhluk hidup juga sangat penting bagi tumbuh kembang si kecil. Oleh karena itu, game edukasi berjudul Educational Games 4 Kids sangat membantu Anda untuk memberikan pemahaman terhadap makhluk hidup di sekitar.

Dikembangkan oleh pescAPPs, game ini memberikan pembelajaran lewat melakukan berbagai macam aktifitas, mulai dari mewarnai, bermain puzzle, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi game edukasi anak lengkap dan gratis yang bisa Anda unduh di PlayStore. Semoga bermanfaat!

Tag : #game anak    #game edukasi    #teknologi    #game    #apps    #android   

Baca Juga