Prancis mengalami gelombang panas hingga mencapai suhu 40 derajat Celcius. RTE

Gelombang Panas Melanda Prancis, Suhu Mencapai 40 Derajat Celsius

Dion | Internasional | 17-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Gelombang panas yang melanda Prancis diperkirakan bakal terus berlanjut dalam beberapa hari ke depan. 

Dilansir CNN, Jumat (17/6/2022), Kota Saint-Jean-de-Minervois di wilayah selatan pada Kamis waktu setempat mengalami suhu hingga 40 derajat Celcius. Kota ini disebut sebagai kota pertama yang mencapai suhu 40 derajat Celcius. 

Menurut Badan Meteorologi dan Cuaca Prancis, seluruh wilayah Spanyol dan Prancis mengalami suhu jauh di atas rata-rata selama beberapa hari. Dan suhu panas bakal mencapai puncaknya pada akhir pekan ini. 

Pada Sabtu (18/6) diperkirakan menjadi hari terpanas di Bulan Juni. Ibu kota Paris akan mengalami suhu tinggi antara 38 hingga 39 derajat Celcius. 

Angka itu akan memecahkan rekor panas sebelumnya di ibu kota Prancis pada bulan Juni, yang ditetapkan pada tahun 1947.

Para ahli klimatologi sebelumnya telah memperingatkan bahwa gelombang panas semacam ini menjadi lebih sering terjadi dan akan bertambah buruk karena krisis perubahan iklim. 

Lima dari 10 hari terpanas di Bulan Juni di Paris telah terjadi sejak 2017. Suhu pernah mencapai tingkat bencana di Prancis pada 2019, ketika Paris mengalami rekor 42,6 derajat Celcius pada Juli.

Dari laporan Kementerian Kesehatan Prancis, gelombang panas yang berlangsung antara 24 Juni dan 7 Juli tahun itu telah menewaskan 567 orang. Sementara gelombang panas kedua di tahun yang sama dilaporkan merenggut 868 nyawa. 

Menurut perusahaan listrik Prancis, Réseau de Transport d'Électricité (RTE), hanya 5 persen rumah di negara itu yang memiliki AC. Sebagai perbandingan, ada sekitar 85 persen prumah di Amerika Serikat yang memiliki alat pendingin ruangan itu. 

Gelombang panas ini terjadi menyusul rekor musim panas terpanas di Eropa yang lebih luas, tahun lalu. 

Baik India maupun AS juga saat ini sedang berjibaku menghadapi panas yang ekstrem, dengan hampir sepertiga penduduk AS berada di bawah peringatan panas.

Tag : #gelombang panas    #prancis    #internasional    #Saint Jean de Minervois    #spanyol    #paris   

Baca Juga