Konsumsi teh hangat saat berbuka puasa (Pantau.com)

Mana Lebih Baik, Minum Air Dingin Atau Teh hangat Saat Berbuka Puasa? Berikut Penjelasannya

Dimas | Kesehatan | 06-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Pada saat berbuka, tentunya seseorang akan memulainya dengan minum terlebih dahulu untuk membatalkan puasa. Tak sedikit orang yang memilih minum air dingin untuk berbuka puasa, begitu juga yang memilih minum teh hangat.

Memilih minum air dingin atau teh hangat, tentunya pasti memiliki alasan tersendiri. Salah satunya, sebagian orang yang memilih minum air hangat berfikir bahwa perut yang kosong selama kurang lebih 13 jam jika diisi dengan air dingin akan terkejut dan terasa begah.

Lantas, manakah yang lebih baik?

Dampak Minum Teh Hangat Berbuka Puasa

Teh memiliki khasiat seperti antioksidan alami bagi tubuh yang berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Teh juga diketahui berasal dari tanaman Camellia Sinesis.

Selanjutnya, teh juga mampu melindungi dan mencegah terjadinya komplikasi penyakit yang merupakan efek dari katekin tinggi yang dikandung oleh teh.

Namun demikian, teh ternyata tidak mampu mengatasi dehidrasi. Hal tersebut dikarenakan the juga memiliki efek samping lainnya lantaran mengandung kafein.

Dampak Minum Air Dingin Berbuka Puasa

Kesegaran air dingin membuat banyak orang memilihnya sebagai menu minuman saat buka puasa. Namun, berbuka puasa dengan air dingin rupanya tak baik bagi tubuh.

Praktisi gizi klinis dan olahraga, Rita Ramayulis, mengatakan bahwa berbuka dengan minuman yang terlalu dingin dapat membuat kerja lambung menjadi lambat lantaran harus menyesuaikan suhu tubuh.

Tak hanya itu, lambung akan mengalami kontraksi ketika mengonsumsi air dingin. Perut juga akan terasa kembung jika berbuka puasa langsung dengan minuman dingin.

Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Melihat dampak yang diberikan dari minum teh hangat dan minum air dingin saat berbuka puasa, keduanya bukanlah hal utama yang dibutuhkan saat berbuka puasa.

Saat berbuka puasa, dianjurkan agar meminum 6-8 gelas air putih guna memenuhi kebutuhan tubuh terlebih dahulu. Selanjutnya, baru diperbolehkan untuk mengonsumsi teh hangat maupun air dingin.

Tag : #puasa    #berbuka puasa    #kesehatan    #camellia sinesis    #dehidrasi    

Baca Juga