Ilustrasi pers (dok: Radar lombok)

Hari Pers Nasional 2023 Akan Dilaksanakan di Sumut

Dimas | Nasional | 15-03-2022

PARBOABOA, Jakarta – Hari Pers Nasional (HPN) di peringati setiap tanggal 09 Februari. Tahun ini, Peringatan Hari Pers Nasional di laksanakan di Sulawesi Tenggara sebagai tuan rumah.

Setelah HPN yang dilaksanakan di Sulawesi Tenggara, rencananya HPN tahun 2023 akan dilaksanakan di Sumatera Utara (Sumut). Sumut ditunjuk menjadi tuan rumah peringatan HPN 2023 karena dinilai telah melengkapi persyaratan.

“Ada beberapa daerah memang sudah menyampaikan minatnya, misalnya Aceh. Begitu juga Kepulauan Riau, tapi itu masih informal saja. Kalau Sumut sudah lengkap semua,” ucap Ketua PWI Pusat Altar S Depari dalam keterangannya, Senin (14/3/2022).

Atal juga menyampaikan semua syarat yang diajukan oleh pemprov Sumut telah lengkap, termasuk rekomendasi dari Gubernur,DPRD, dan PWI Sumut.

Pada 14 Maret 2022, Atal S Depari dijadwalkan akan bertemu dengan Pejabat Sekertaris Daerah Sumut  Afifi Lubis, Kadis Kominfo Sumut Dr Kaiman Turnip, dan Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik di Jakarta.

Sumut sudah menanti selama hampir 3 dekade untuk menjadi tuan rumah HPN. PWI Sumut menyambut gembira setelah Sumut ditetapkan sebagai tuan rumah HPN 2023.

“Alhamdulillah, hari ini sudah diputuskan Sumut mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah HPN 2023. Saya sebagai Ketua PWI Sumatera Utara merasa senang, bangga, dan terharu karena sudah hampir 30 tahun HPN Sumut tidak kebagian menjadi tuan rumah," ujar Ketua PWI Sumut Farianda.

Farianda juga berharap nantinya HPN 2023 dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

Surat Keputusan PWI Pusat tentang penunjukan Sumatera Utara sebagai tuan rumah HPN 2023 diserahkan kepada Pemprov Sumut di Sekretariat PWI Pusat.

Pemprov Sumut juga menyambut antusias penunjukan Sumut menjadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional pada tahun 2023 nantinya.

"Lewat momen Hari Pers Nasional yang nantinya akan diselenggarakan insyaallah di Sumatra Utara pada 2023 yang akan datang kita akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik," ucap pejabat Sekda Sumut, Afifi Lubis.

“Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kita dan sudah bareng tentu kita akan mempersiapkan event tersebut, karena kita tahu benar bahwa keberadaan jurnalis sebagai pendukung di dalam sebuah proses pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan itu sangat penting sekali," ujar Afifi menambahkan.

Tag : #hpn    #hari pers nasional    #politik    #hpn 2022    #hpn 2023    #sumatera utara    #sumut    #pwi sumut   

Baca Juga