Hasil Pertandingan Liga Inggris: Arsenal vs Newcastle United

Hasil Pertandingan Liga Inggris: Arsenal vs Newcastle United

Michael | Sepakbola | 27-11-2021

Parboaboa.com – Arsenal berhasil meraih kemenangan saat berjumpa Newcastle United pada pekan ke-13 Premier League, kasta tertinggi Liga Inggris, musim 2021-2022. 

Pertandingan Arsenal vs Newcastle United yang digelar di Stadion Emirates, London, pada Sabtu (27/11/2021) malam WIB itu berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan The Gunners. 

Dua gol yang membawa Arsenal meraih kemenangan dicetak oleh Bukayo Saka pada menit ke-56 dan Gabriel Martinelli dimenit ke-66. 

Gol dari Bukayo Saka sekaligus mengakhiri puasa gol dirinya di kompetisi Liga Inggris. Sebelum ini, dia kali terakhir mencetak gol pada derbi London kontra Tottenham Hotspur, 26 September 2021. 

Kemenangan atas Newcastle United membuat Arsenal menambah raihan poinnya menjadi 23 poin. Saat ini, mereka bertahan di peringkat kelima klasemen Liga Inggris. 

The Gunners, julukan Arsenal, juga menjauh dari kejaran Wolverhampton Wanderers  dan Tottenham Hotspur yang secara berurutan menempati peringkat keenam serta ketujuh. 

Adapun Wolves dan Tottenham kini sama-sama mengoleksi 19 poin dari 12 pertandingan.

Jalannya pertandingan Arsenal vs Newcastle di babak pertama 

Arsenal selaku tim tuan rumah tampil dominan dengan penguasaan bola mencapai 82 persen pada 10 menit pertama. 

Namun, mereka baru bisa melepaskan tembakan saat pertandingan memasuki menit ke-11. Albert Sambi Lokonga melepaskan sepakan kaki kiri yang kemudian membentur salah satu pemain Newcastle. 

Upaya yang dilancarkan Lokonga hanya berbuah tendangan sudut bagi Arsenal. 

Berselang lima menit kemudian, Arsenal mendapat peluang emas lewat pergerakan winger timnas Inggris, Bukayo Saka.

Saka menjadi target umpan terobosan yang dikirim rekannya. Namun, penyerang berusia 20 tahun itu tidak mampu meneruskan bola ke arah gawang sehingga hanya berbuah tendangan gawang bagi Newcastle.

Tak lama setelah itu, Arsenal kembali mendapat peluang emas. Kali ini, lewat eksekusi tendangan bebas Martin Odegaard.

Martin Odegaard menempatkan bola ke sisi kanan gawang Newcastle, tetapi kiper yang saat itu bertugas, Martin Dubravka mampu melakukan penyelamatan gemilang dan menggagalkan peluang emas tersebut. Skor masih bertahan 0-0. 

Ketika pertandingan memasuki menit ke-30, giliran Newcastle yang mendapat peluang emas. Gelandang mereka, Jonjo Shelvey melakukan percobaan tembakan dari luar kotak penalti. 

Bola hasil sepakan Jonjo Shelvey mengarah ke gawang Arsenal, membuat Aaron Ramsdale melakukan penyelamatan gemilang untuk menghalau peluang tersebut. 

Sambil melompat, Aaron Ramsdale menepis bola dengan tangannya. Bola kemudian membentur mistar gawang dan menghasilkan tendanga sudut bagi Newcastle. 

Setelah itu, Arsenal kembali menciptakan beberapa peluang, termasuk melalui sepakan Aubameyang yang masih membentur mistar gawang.

Namun, Arsenal tak kunjung mampu mengonversikan beberapa peluang yang didapat menjadi gol dan babak pertama pun berakhir dengan skor 0-0.

Babak Kedua

Pada babak kedua, Arsenal yang sedang membutuhkan kemenangan langsung melancarkan inisiatif serangan ke pertahanan Newcastle. 

Saat pertandingan memasuki menit ke-50. Bukayo Saka kembali mengancam gawang lawan. Dia melakukan aksi individu dengen melewati dua pemain bertahan Newcastle. Namun, sepakannya masih terlalu lemah sehingga bisa ditangkap dengna mudah oleh Martin Dubravka. 

Setelah melewatkan peluang tersebut, Bukayo Saka tak butuh waktu lama untuk kembali mengancam pertahanan Newcastle. Dia mendapat peluang emas yang tercipta berkat assist Nuno Tavares pada menit ke-56.

Assist dari Tavares menempatkan Saka dalam situasi satu lawan satu dengan Martin Dubravka. Saka kemudian melepaskan sepakan keras dan menggetarkan gawang Newcastle. Skor 1-0 untuk Arsenal. 

Ini menjadi gol pertama Saka sejak kali terakhir mencetak gol untuk Arsenal di Liga Inggris pada September 2021 (kontra Tottenham Hotspur).

Gol dari Bukayo Saka membangkitkan kepercayaan diri Arsenal. Anak-anak asuh Mikel Arteta kembali mencetak gol laga memasuki menit ke-66. 

Adapun gol kedua untuk Arsenal dicetak oleh pemain pengganti, Gabriel Martinelli, yang memanfaatkan assist Takehiro Tomiyasu. 

Arsenal yang tampak belum puas dengan keunggulan dua gol, terus melancarkan serangan ke jantung pertahanan Newcastle. Mereka beberapa kali menciptakan peluang.  

Namun, hingga akhir babak kedua, Arsenal tak kunjung menambah keunggulan. 

Di sisi lain, Newcastle juga tak mampu mencetak gol sehingga pertandingan kemudian berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Arsenal.
 

Tag : #hasil pertandingan    #liga inggris    #arsenal    #newcastle    #bukayo saka   

Baca Juga