Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan. (dok ist)

Identitas 9 Teroris yang Ditangkap Densus 88 di Sumut

Rini | Daerah | 18-12-2021

PARBOABOA, Sumut - Densus 88 Antiteror Polri mengungkap identitas 9 teroris yang tergabung dalam kelompok Jamaah Islamiyah (JI) yang ditangkap di Sumatera Utara pada Kamis (16/12) lalu. Tujuh terduga teroris tersebut diamankan di wilayah Medan, Langkat, Binjai, Belawan dan Medan Barat. Dua orang lainnya di wilayah Tanjung Balai.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengungkapkan inisial kesembilan tersangka tersebut yakni MNA, ASJ, DCL, SU, SW, TMH, NG, ISS, dan MS.

Mereka berperan sebagai pembina yayasan amal kelompok JI, yakni Lembaga Amal Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA) dan Yayasan Ibnu Jauzy.

Adapun keterlibatan MNA dalam kelompok tersebut adalah sebagai pembina Yayasan Ibnu Jauzy. ASJ adalah dewan pengawas atau pembina ABA Sumut sekaligus pendiri Yayasan Ibnu Zauzy.

Selain itu, NG merupakan penghubung dan orang yang mengamankan buron (DPO) Matlubin, pelarian kasus tindak pidana terorisme. MS Anggota Tholiah atau pengamanan para DPO.

Lalu, DCL sebagai Pengurus Struktur Teritorial JI Sumut dan juga Sekretaris salah satu akademi pendidikan dan kaderisasi (Adira) JI di Sumut.

Kemudian SW merupakan Sekretaris Adira Bukhari di Sumut. ISS sebagai Kepala atau Pembimbing Adira Bukhari Pusat dan cabang Sumut.

TMH juga merupakan Pembimbing Adira Bukhari di Sumut dan SU adalah Anggota Komando Wilayah Sumbagut JI.

Tag : #densus 88    #identitas teroris    #jamaah islamiyah    #sumut    #daerah   

Baca Juga