Indonesia U-23 Tersingkir Dalam Ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 Setelah Kalah 1-0 Dari Australia U-23

Indonesia U-23 Tersingkir Dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 Usai Dikalahkan Australia U-23

Michael | Sepakbola | 29-10-2021

Timnas Australia U-23 kembali mengalahkan Timnas Indonesia U-23 di leg kedua Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 di Republican Central Stadium, Dunshabe, Tajikistan, Jumat (29/10/2021) malam WIB.

Di pertandingan ini, timnas Indonesia U-23 membutuhkan kemenangan dengan selisih minimal satu gol. Dengan demikian agregat menjadi imbang dan memaksa Australia U-23 berduel dalam babak adu penalti. Jika menang minimal dua gol, pasukan Shin Tae-yong bisa langsung menyingkirkan Australia.

Di pertandingan ini skuat Garuda Muda bisa tampil lebih baik. Namun mereka masih tetap kalah kualitas dari Australia. Satu-satunya gol di pertandingan ini dihasilkan oleh Patrick Wood.

Australia langsung menerapkan tekanan tinggi begitu permainan dimulai, sama seperti sebelumnya. Namun Indonesia U-23 berusaha bermain lebih baik dan lebih tenang, bukan seperti pada leg pertama.

Menit ketiga, Witan melihat kiper Australia maju terlalu jauh dari gawangnya. Ia mencoba melepas tendangan dari belakang garis tengah. Namun sayang bola tak menemui sasaran.

Setelah itu pertandingan berlangsung dengan sengit. Sayangnya Indonesia kemudian kebobolan pada menit ke-10. Berawal dari tendangan bebas dari sisi kanan, bola yang mengarah ke tiang jauh gagal dibuang dengan sempurna oleh Taufik. Bola liar kemudian langsung disambar oleh Wood. 1-0.

Menit ke-12, WItan mendapat peluang melalui serangan balik. Ia menyambut umpan panjang dan berdiri cukup bebas. Sayangnya ia terlalu buru-buru melepas tendangan dari luar kotak penalti. Bola tendangannya kemudian melenceng tinggi dari gawang.

Menit ke-17, Jacob Italiano menusuk masuk dari kanan kotak penalti dan melepas tendangan keras dengan kaki kirinya. Akan tetapi bola masih bisa ditahan Ernando.

Menit ke-19, Australia mengancam melalui tendangan Talbot dari dalam kotak penalti dari sisi kiri kotak penalti Indonesia. Untung bola yang mengarah ke tiang jauh masih bisa dibelokkan arahnya oleh Ridho.

Menit ke-27, Wood mendapat peluang emas mencetak gol. Ia mendapat bola usai rekan-rekannya berhasil mencuri bola di lapangan tengah. Ia tinggal berhadapan dengan kiper. Namun Ernando mampu membaca pergerakannya dengan baik dan berhasil merebut bola dari penguasaanya.

Menit ke-40, Wood mengancam lagi. Kali ini dengan tendangan dari ujung kotak penalti. Tapi bola masih mampu ditinju Ernando.

Menit ke-42, Italiano kembali meneror pertahanan Indonesia. Ia mendapat umpan pendek di kanan kotak penalti Indonesia U-23 dan melepas tendangan dari sudut sempit. Tapi Ernando masih bisa menghalau bola tersebut.

Babak pertama pun akhirnya berakhir. Untuk sementara Indonesia U-23 tertinggal satu gol dari Australia U-23. 

Di babak kedua, Indonesia U-23 berinisiatif untuk menekan Australia U-23 lebih dahulu. Mereka langsung membangun serangan yang menjanjikan. Namun sayang umpan datar Asnawi ke kotak penalti dari sisi kanan masih bisa dihalau pertahanan Olyroos.

Indonesia dan Australia kemudian saling adu serangan. Namun belum ada yang berhasil membuahkan gol.

Menit ke-61, muncul peluang dari pihak Australia U-23. Wood menerima umpan di dalam kotak penalti dan bergerak menjauhi Anggara. Dari sudut yang sempit ia melepas tembakan ke tiang jauh namun bola melesat jauh dari target.

Menit ke-67, Indonesia bisa menyerang dari sisi kanan Australia melalui Gunansar. Sayangnya saat melepas umpan bola malah terlebih dahalu keluar lapangan.

Menit ke-71, Italiano mengancam dengan tendangan kaki kanannya dari ujung kontak penalti. Tapi bola mengerah tepat ke tangkapan Ernando. Dan tidak sampai semenit kemudian, Italiano mengancam lagi dengan mencoba menendang bola ke tiang jauh. Namun lagi-lagi Ernando bisa menepis bola tersebut.

Menit ke-75, Indonesia U-23 mendapat peluang emas melalui serangan balik. Witan sukses menembus masuk ke dalam kotak penalti. Bukannya menendang langsung bola tersebut, ia malah mengumpan ke tiang jauh ke arah Bagus. Sayang umpannya masih bisa terbaca kiper Australia.

Menit ke-85, Indonesia bisa mendapat dua peluang setelah melepas tembakan ke gawang Australia U-23. Salah satunya melalui Kwateh. Namun semuanya masih bisa ditahan para pemain Olyroos.

Wasit memberikan tambahan waktu empat menit. Namun kedua tim sama-sama tak bisa mencetak gol. Australia U-23 pun menang 1-0 atas Indonesia U-23. Langkah skuad Garuda muda diajang kualifikasi Piala Asia U-23 pun terhenti.
 

Tag : kualifikasi piala asia u-23, indonesia u-23, australia u-23, patrick wood

Berita Terkait