Hutan Hujan Tropis (dok. 500px.com)

Jenis Keanekaragaman Ekosistem di Muka Bumi

Regina | Pendidikan | 21-05-2022

PARBOABOA - Ada yang sudah mengenal apa itu ekosistem? Ekosistem pada umumnya dikenal dengan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya.

Ekosistem membahas tentang penggabungan biosistem yang melibatkan hubungan timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energinya menuju pada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi siklus materi antara organisme dan anorganisme.

Keanekaragaman hayati tingkat ekosistem bisa diartikan dengan variabilitas di antara makhluk hidup dari semua sumber, termasuk interaksi ekosistem terestrial, pesisir dan lautan dan ekosistem akuatik lain serta kompleks ekologik tempat hidup makhluk hidup menjadi bagiannya. 

Dalam ekosistem, tentu saja ada keanekaragaman di dalamnya, dimana keanekaragaman ekosistem adalah tempat berbagai jenis makhluk hidup melangsungkan kehidupannya dan berinteraksi dengan faktor abiotik dan biotik lainnya. 

Banyak pertanyaan muncul tentang keanekaragaman ekosistem seperti keanekaragaman jenis spesies tertinggi terdapat pada ekosistem apa? Apa saja jenis keanekaragaman ekosistem tersebut? Keanekaragaman ekosisitem terdiri dari beberapa macam, di antarnya : 

1. Ekosistem Darat

Seperti namanya, ekosistem darat menampung semua kehidupan makhluk hidup yang ada di darat. Ekosistem darat ini berada dalam area yang sangat luas yang disebut sebagai bioma. Adapun bioma tersebut yaitu seperti :


• Bioma Gurun

Bioma Gurun terdapat di daerah tropika yang berbatasan dengan padang rumput. Bioma ini memiliki kadar air yang sangat terbatas. Hal itu dikarenakan penguapan yang sangat tinggi terjadi di daerah ini, sedangkan curah hujan cukup rendah. Selain itu, bioma ini terdiri atas padang pasir yang tandus sehingga sangat sulit untuk melakukan penampungan air.  

• Bioma Padang Rumput

Bioma ini terbentang dari daerah tropis ke daerah subtropis dimana, di daerah ini perkembangan hujan nya tidak terlalu cukup untuk hutan di daerah itu. 

• Bioma Hutan Hujan Tropis 

Seperti nama nya, bioma ini merupakan bioma yang memiliki curah hujan yang tinggi sepanjang tahun, antara 200 - 225 cm per tahun. Keanekaragaman jenis spesies tertinggi terdapat pada ekosistem bioma ini. Kenapa keanekaragaman spesies tertinggi terdapat pada ekosistem bioma hutan hujan tropis? Ini terlihat dari banyaknya satwa dan tanaman hutan yang dapat ditemukan di hutan hujan tropis. 

Di hutan hujan tropis Kalimantan misalnya, kita dapat menemukan orangutan Kalimantan, beruang matahari, bekantan, tupai terbang dan macan tutul. Tanaman di hutan hujan Kalimantan juga beragam seperti anggrek dan kantung semar serta beragam kayu hutan seperti meranti dan ulin.

• Bioma Tundra 

Hampir keseluruhan bioma tundra diselimuti oleh salju atau gurun es. Bioma tundra memiliki curah hujan yang sangat rendah, dimana rata rata curah hujannya tidak mampu lebih dari 250mm. 

2. Ekosistem Laut

• Ekosistem Air Tawar. Biasanya ekosistem air tawar mempunyai iklim yang bervariasi serta intensitas cahaya tergantung pada cuaca. Ekosistem ini biasanya memiliki keadaan air yang tenang dan mengalir. 

• Ekosistem Air Asin terdiri dari laut yaitu tempat hidupnya hewan laut, serta tumbuhan laut, yang dimana terdapat rantai makanan di dalamnya. 

Ada juga pantai yang merupakan perbatasan antara perbatasan antara ekosistem darat dan ekosistem laut. Kemudian estuatri yaitu tempat pertemuan antara air laut dan air tawar. Biasanya terdapat pagar dari lempengan lumpur yang luas. 

Terakhir terumbu karang, yang merupakan tempat para hewan laut, serta sebagai sumber makanan. Keanekaragaman jenis spesies tertinggi terdapat pada ekosistem laut, dikarenakan banyaknya kehidupan yang terdapat di saana, seperti tumbuhan dan hewan laut, serta organisme lainnya. Kehidupan timbal balik dapat berlangsung dalam jangka panjang pada ekosistem laut. 

Apakah sudah mulai memahami tentang keanekaragaman ekosistem? Mari pelajari tentang ekosistem agar pengetahuan kita semakin bertambah. 

Tag : #keanekaragaman ekosistem    #ilmu pengetahuan alam    #pendidikan    #bioma    #ekosistem   

Baca Juga