Penggerebekan kantor pinjol di Jakarta Barat

Kantor Pinjaman Online di Jakarta Barat Digerebek, 56 Karyawan Diamankan

rini | Hukum | 14-10-2021

PARBOABOA, Jakarta - Unit Krimsus Satreskrim Polres Metro Jakarta Pusat menggerebek sebuah ruko yang dijadikan kantor pinjaman online (pinjol) ilegal di kawasan Jakarta Barat, Rabu (13/10).

Penggerebekan ini dilakukan karena semakin maraknya pinjaman online yang menjebak para nasabahnya dengan bunga yang tinggi. Para pelaku bahkan melakukan teror dan mengancam keselamatan nasabah yang terlilit hutang.

Pihak kepolisian lebih dulu melakukan pengecekan pinjol tersebut di OJK. Namun perusahaan tidak mempunyai izin resmi sehingga para karyawan langsung diamankan.

"Beberapa barang bukti dan puluhan orang karyawan sudah kami amankan di kantor sindikat pinjol," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi dalam keterangannya, Kamis (14/10).

Kepolisian akan melakukan pengembangan kasus untuk mengungkap pemilik dari sindikat pinjol tersebut.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah memerintahkan seluruh jajarannya untuk menindak tegas pelaku pinjol ilegal yang merugikan masyarakat.

sebelumnya Presiden Jokowi juga menyoroti digitalisasi keuangan Indonesia yang justru menimbulkan dampak negatif. Sebab banyak pihak yang memanfaatkan digitalisasi dengan menawarkan pinjaman online yang ternyata mematok bunga tinggi.

Tag : hukum, pinjol, digrebek, diamankan, meresahkan, tidak terdaftar

Berita Terkait