Karyawan KPI Diduga Alami Perudungan dan Pelecehan Seksual

rini | Hukum | 01-09-2021

PARBOABOA, Jakarta - Pria berinisial MS yang mengaku bekerja di Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat mengungkapkan dirinya mengalami pelecehan seksual sesama jenis yang dilakukan oleh pegawai KPI.

"Selama dua tahun saya dibully dan dipaksa untuk membelikan makanan bagi rekan kerja senior. Mereka bersama-sama mengintimidasi yang membuat saya tak berdaya. Padahal kedudukan kami setara dan bukan tugas saya untuk melayani rekan kerja. Tapi mereka secara bersama sama merendahkan dan menindas saya layaknya budak pesuruh," ungkap MS pada pesan berantai tersebut.

"Sejak awal saya kerja di KPI Pusat pada 2011, sudah tak terhitung berapa kali mereka melecehkan, memukul, memaki, dan merundung tanpa bisa saya lawan. Saya sendiri dan mereka banyak. Perendahan martabat saya dilakukan terus menerus dan berulang ulang sehingga saya tertekan dan hancur pelan pelan," imbuhnya.

Selain itu, MS mengaku dilecehkan secara seksual hingga akhirnya membuat mentalnya terganggu karena stres. Bahkan, pengakuannya, dia kerap berteriak sendiri akibat kejadian tersebut.

Pada 2019 MS sempat membuat pengaduan ke Polsek Gambir, namun petugas meminta kasus ini untuk diselesaikan secara internal di kantor.

MS kemudian menceritakan perudungan yan dialaminya kepada atasan di kantor. Pengaduan ini membuat MS dipindahkan ke ruangan lain.

Bukannya jera para pelaku semakin mencibir MS sebagai manusia lemah dan kerap mengucapkan kalimat kotro kepada MS.

Saat itu para pelaku tidak mendapt sanksi apapun dari kantor, sehingga tindakan perudungan tetap berlanjut.

"Saya tidak kuat bekerja di KPI Pusat jika kondisinya begini. Saya berpikir untuk resign, tapi sekarang sedang pandemi Covid-19 dimana mencari uang adalah sesuatu yang sulit. Dan lagi pula, kenapa saya yang harus keluar dari KPI Pusat? Bukankah saya korban? Bukankah harusnya para pelaku yang disanksi atau dipecat sebagai tanggung jawab atas perilakunya? Saya BENAR, kenapa saya tak boleh mengatakan ini ke publik," tulis MS.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) angkat bicara terkait kabar pelecehan seksual dan perundungan sesama pegawai KPI. KPI tengah melakukan investigasi dugaan pelecehan seksual sesama pria itu.

"Saya sudah baca juga, iya saya soal kebenarannya harus diinvestigasi, jadi mulai besok akan dilakukan investigasi," ujar Wakil Ketua KPI Mulyo Hadi Purnomo, Rabu (1/9/2021).

Mulyo menyebut pihaknya tidak mentoleransi segala bentuk pelecehan seksual dan perundungan. KPI akan memberikan perlindungan dan pendampingan hukum terhadap MS.

Tag : #viral    #hukum   

Baca Juga