Kejati Jabar Asep N Mulyana (sultantv.co)

Kejati Jabar Tangkap 2 Oknum BPK RI

Wulan | Hukum | 31-03-2022

PARBOABOA, Bandung - Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dan Kejari Bekasi berhasil menangkap dua oknum Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Adapun dua orang tersebut diketahui berinisial AMR dan F. Keduanya diamankan di kantor BKAD Kabupaten Bekasi pada Rabu 30 Maret 2022.

"Penyidik Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi dan didukung oleh Tim dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat melakukan pengamanan terhadap dua orang oknum BPK Perwakilan Jawa Barat inisial AMR dan F di kantor BKAD Kabupaten Bekasi," ucap Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat Asep N Mulyana pada Rabu (30/3/2022).

Menurut Asep, keduanya diduga melakukan pemerasan dengan alasan pemeriksaan ke RSUD di Bekasi hingga Puskesmas.

"Dugaan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh kedua orang oknum BPK Perwakilan Jawa Barat tersebut dalam melaksanakan pemeriksaan laporan keuangan Kabupaten Bekasi Tahun 2021 pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi," kata Asep.

Penyidik Kejaksaan telah melakukan penggeledahan dikamar tempat oknum BPK menginap selama melakukan audit di Kabupaten Bekasi.

"Selama melakukan audit di Kab. Bekasi, para auditor BPK tersebut menepati 4 unit kamar di apartemen Oakwood Kecamatan Cikarang Selatan Kab. Bekasi," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Dodi Gazali Emil.

Dari penggeledahan itu, penyidik berhasil menemukan uang dari salah kamar yang dihuni oleh auditor BPK yang berinisal F dengan pecahan seratus ribu, dan lima puluh ribu dalam tas ransel sebanyak Rp 350 juta.

Penggeledahan tersebut disaksikan oleh pihak manajemen apartemen Oakwood dan berdasarkan Surat Perintah Penggeledahan Nomor: Print-1195/M.2.31/Fd.1/03/2022 tanggal 30 Maret.

Saat ini kedua auditor BPK yang telah diamankan itu masih dimintai keterangan dan akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Tag : #pemerasan    #bpk ri    #hukum    #kejati jawa barat    #kbad kabupaten bekasi    #asep n mulyana    #rsud bekasi    #dodi gazali emil   

Baca Juga