Gambar Animasi Nisfu Syaban (Dok : Suara.com)

Keutamaan dan Amalan Malam Nisfu Syaban Sesuai Sunnah

Mei | Pendidikan | 22-04-2022

PARBOABOA - Kita semua tahu bahwa bulan Syaban menjadi salah satu bulan yang masuk ke dalam kalender Hijriyah yang jatuh tepat diantara bulan Rajab dan Ramadan.

Bulan ini menjadi salah satu bulan yang istimewa disaat bulan Ramadhan karena segala amalan yang kita perbuat akan dinaikkan hingga ke langit.

Hal ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Usama Bin Zaid, yang berbunyi :

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya:

Bulan Syaban (bulan antara Rajab dan Ramadan) adalah bulan di saat manusia lalai. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR An-Nasa’i)

Bulan Syaban sering dikaitkan dengan bulan Nisfu Syaban oleh banyak orang. Lantas, apa sebenarnya keutamaan bulan Nisfu Syaban di bulan Ramadhan?

Kita semua tahu bahwa pada bulan Nisfu Syaban seluruh dosa yang kita lakukan sebelumnya akan mendapat pengampuan  dari Allah SWT.

Namun tidak hanya itu, terdapat beberapa keutamaan bulan Nisfu Syaban yang lainnya, seperti :

  1. Allah SWT akan mengampuni dosa bagi umat yang memohon ampunan pada malam itu.
  2. Segala doa akan dikabulkan di bulan ini.
  3. Memberi kemudahan serta ketabahan bagi orang yang berada didalam percobaan.
  4. Memberikan rahmat pada orang yang minta kasih.
  5. Membebaskan sekelompok orang dari siksa api neraka.

Nah, itulah beberapa keutamaan yang ada di bulan Nisfu Syaban, sangat banyak bukan?

Lantas, apa saja amalan malam Nisfu Syaban sesuai sunnah? Berikut penjelasannya.

Amalan Malam Nisfu Syaban Sesuai Sunnah

1. Berpuasa

Amalan malam Nisfu Syaban sesuai sunnah yang pertama adalah dengan menjalankan ibadah puasa.

Sebelum menjalani puasa wajib di bulan Ramadhan, kita dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk melakukan puasa sunnah terlebih dahulu di bulan ini.

Bukan hanya itu, pada bulan ini kalian juga dapat membayar hutang puasa yang belum sempat kalian bayar karena bulan ini berdekatan dengan bulan Ramadhan.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam sebuah hadist yang disampaikan oleh ‘Aisyah RA.

Ayat :

كَانَ يَكُونُ عَلَىَّ الصَّوْمُ مِنْ رَمَضَانَ ، فَمَا أَسْتَطِيعُ أَنْ أَقْضِىَ إِلاَّ فِى شَعْبَانَ

Artinya:

 “Aku masih memiliki utang puasa Ramadan. Aku tidaklah mampu mengqodho’nya kecuali di bulan Syaban.” (HR. Bukhari)

Tidak hanya itu, terdapat dalil mengenai anjuran untuk berpuasa di bulan Syaban sebagaimana  diriwayatkan oleh Aisyah RA:

Ayat :

فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِى شَعْبَانَ

Artinya:

Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah SAW berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Syaban.” (HR Bukhari)

2. Membaca Yasin

Amalan malam Nisfu Syaban sesuai sunnah  berikut nya  yaitu dengan memperbanyak membaca Yasin.

Dijelaskan dalam sebuah kitab Ma Dza fis Syaban oleh Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki, bahwasanya segala amalan apapun yang dilakukan pada bulan ini akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Salah satu amalan yang dapat dilakukan yakni dengan membaca Yasin sebanyak tiga kali kemudian dilanjut dengan mengutarakan permintaan kita.

3. Perbanyak Doa

Amalan malam Nisfu Syaban sesuai sunnah berikut adalah dengan memperbanyak doa, sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits riwayat Abu Bakar RA, Nabi Muhammad SAW bersabda :

Artinya :

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya :

(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam Nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan).” (HR Al-Baihaqi).”

4. Baca Kalimat Syahadat

Amalan malam Nisfu Syaban sesuai sunnah  berikutnya adalah dengan memperbanyak membaca kalimat syahadat.

Memperbanyak membaca kalimat syahadat merupakan suatu amalan yang baik, sebagaimana diriwayatkan oleh Sayyid Muhammad bin Alawi.

Ayat :

وينبغي للمسلم أن يغتنم الأوقات المباركة والأزمنة الفاضلة، وخصوصا شهر شعبان وليلة النصف منه، بالاستكثار فيها من الاشتغال بكلمة الشهادة "لا إله إلا الله محمد رسول الله"

Artinya:

Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat ‘La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah’, khususnya bulan Syaban dan malam pertengahannya.”

5. Memperbanyak Istigfar

Amalan malam Nisfu Syaban sesuai sunnah  berikutnya adalah dengan banyak membaca istigfar karena kita manusia tidak akan pernah bisa luput dari dosa-dosa, sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits oleh Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan.

Ayat :

الاستغفار من أعظم وأولى ما ينبغي على المسلم الحريص أن يشتغل به في الأزمنة الفاضلة التي منها: شعبان وليلة النصف، وهو من أسباب تيسير الرزق، ودلت على فضله نصوص الكتاب، وأحاديث سيد الأحباب صلى الله عليه وسلم، وفيه تكفير للذنوب وتفريج للكروب، وإذهاب للهموم ودفع للغموم

Artinya :

Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Syaban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Alqur’an dan hadits. Pada bulan Syaban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan.”

6. Perbanyak Salawat

Amalan malam Nisfu Syaban sesuai sunnah yang berikutnya adalah dengan banyak membaca Salawat di bulan ini.

Hal ini sesuai dengan hadits riwayat Imam Ad-Dailami dari Sayyidah Aisyah, yang berbunyi :

شَعْباَنُ شَهْرِيْ وَرَمَضَانُ شَهْرُ اللِه وَشَعْبَانُ المُطَهِّرُ وَرَمَضَانُ المُكَفِّرُ

Artinya :

"Syaban adalah bulanku, dan Ramadan bulan Allah. Bulan Syaban menyucikan dan Ramadan menggugurkan dosa”.

Nah, itulah sekilas mengenai penjelasan amalan malam Nisfu Syaban sesuai sunnah. Semoga penjelasan kita kali ini dapat bermanfaat buat kalian ya.

Tag : #pendidikan islam    #ramadhan    #pendidikan    #nisfu syaban    #ramadhan   

Baca Juga