ki Manteb Sudarsono

Ki Manteb Sudarsono Meninggal Dunia

rini | | 02-07-2021

Seniman dalang wayang kulit, Ki Manteb Sudarsono meninggal dunia, Jumat (2/7/2021) pukul 09.45 WIB. . Beliau tutup umur di usia ke-72 karena terpapar covid-19. Ki Manteb Sudharsono lahir di Palur, Mojolaban, Sukoharjo, 31 Agustus 1948. Ki Manteb meninggalkan enam orang anak dan satu anak hasil adopsi.

Ki manteb sudah menekuni dalang wayang sejak kecil. Keterampilannya dalam memainkan wayang membuatnya mendapat julukan sebagai dalang setan. Ki Manteb juga menjabat sebagai penasehat di organisasi Paguyuban Dalang Surakarta.

Pada tahun 2004 ia menorehkan sebuah prestasi yaitu memecahkan rekor mendalang selama 24 jam 28 menit tanpa henti. Tahun 2010, penghargaan Nikkei Asia Prize Award 2010 disematkan padanya karena kontribusinya bagi kelestarian dan kemajuan kebudayaan Indonesia terutama dalam budaya wayang kulit.

Keponakan Ki Manteb Sudarsono Ade Irawan membenarkan kabar meninggalnya dalang kondang tersebut. "Iya benar, Ki Manteb meninggal dunia sekira pukul 09.45 WIB," kataAde saat dikonfirmasi, Jumat (2/7/2021).

Menurut Ade, Ki Manteb meninggal dunia setelah pentas wayang dari Jakarta. Saat kembali dari Jakarta, dengan ditemani sang istri dan anaknya, Ki Manteb masih menerima tawaran pentas dalang streaming live. "Habis itu, Ki Manteb jatuh sakit. Dipanggilkan dokter, kemudian diinfus di rumah selama dua hari," ujar Ade.

Dari hasil swab antigen, Ki Manteb positif terpapar virus Covid. Kondisi itu diperparah dengan penyakit paru-paru yang diderita oleh Ki Manteb Sudarsono.

Almarhum akan dimakamkan pada hari ini di kediamannya di Dusun Sekiteran, Desa Doplang, Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. Dengan mengikuti protokol kesehatan.

Tag : #nasional   

Baca Juga