Maha Vihara Maitreya di Cemara Asri Bersolek Jelang Imlek, 1000 Lampion Disiapkan

Pekerja memasang lampion di Maha Vihara Maitreya di Komplek Cemara Asri Deli Serdang, Sabtu (14/1/2023). Diperkirakan puluhan ribu umat Buddha akan memadati Maha Vihara Maitreya saat Imlek. (Foto: Parboaboa/Ari Bowo)

PARBOABOA, Medan - Maha Vihara Maitreya Jalan Boulevard Komplek Cemara Asri, Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang bersiap menjelang perayaan Hari Raya Imlek yang jatuh pada 22 Januari 2023.

Sabtu (14/1/2023) sore, sejumlah pekerja tampak sibuk memanjat peranca besi untuk memasang pernak-pernik lampion yang berada di depan halaman vihara. 

Satu persatu lampion berwarna merah dan biru tampak indah dipasang secara tersusun rapi di atas seutas tali dengan ketinggian enam meter. 

"Imlek tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah dicabut. Kita harapkan umat Buddha semakin ramai beribadah. Kalau tahun sebelumnya, dekorasinya minim," kata Dicky salah seorang pengurus Maha Vihara Maitreya kepada Parboaboa.

Ia mengatakan pada tahun ini perayaan Imlek di Maha Vihara Maitreya akan berlangsung lebih meriah. Hal ini terlihat dari dekorasi yang dipasang di vihara, dan berbagai acara mulai dari barongsai, festival Tionghoa, photo booth dan lainnya.

"Tahun ini kita adakan lagi acara Cap Go Meh kemudian ada bazar," ungkapnya.

Dicky menyampaikan saat ini pihaknya sedang menyiapkan 1.000 lebih lampion untuk menyemarakkan Hari Raya Imlek.

"Untuk pernak-pernik lampion kita menyiapkan 1000 an," ungkapnya.

Lebih lanjut Dicky menjelaskan estimasi umat Buddha yang akan hadir dalam Perayaan Imlek di Maha Vihara Maitreya mencapai puluhan ribu.

"Untuk persiapan hari ini kita sudah melakukan pembersihan vihara, dan pemasangan dekorasi Imlek," ungkapnya.

Pada Imlek 2023 ini, Maha Vihara Maitreya mengambil tema 'Doa untuk Perdamaian Dunia'. 

"Jadi orang yang datang bisa berpartisipasi, berdoa dalam perdamaian dunia," pungkasnya.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS