Makanan khas magelang, foto: travellingyuk.com

Rekomendasi Makanan Khas Magelang yang Lezat dan Bikin Nagih

Wanovy | Travel | 20-04-2022

PARBOABOA, Magelang - Kota Magelang merupakan sebuah daerah yang bisa dikunjungi untuk kulineran ketika berada di Jawa Tengah.

Kota yang berdekatan dengan Yogyakarta ini menyimpan banyak destinasi wsiata terbaik hingga pilihan makanan lezat yang patut untuk dicoba. Makanan khas dari Magelang pun sangat beragam dengan cita rasa yang juara.

Tertarik mencicipinya? Yuk, simak beberapa rekomendasi makanan khas Magelang di bawah ini!

1. Kupat Tahu

Punya kupat atau ketupat dalam jumlah banyak? Kamu bisa mengolahnya menjadi kupat tahu Magelang yang lezat dan menggiurkan.

Makanan khas Magelang Borobudur ini terbuat dari potongan ketupat, irisan kol, potongan tahu putih, taoge, seledri, dan bawang goreng.

Sebagai bumbu kuahnya, Kupat Tahu menggunakan bawang putih, cabai rawit, kecap manis, gula merah, dan kacang tanah.

2. Tape Ketan

Makanan khas Magelang berikutnya yang bisa kamu coba adalah tape ketan. Tape ketan khas Magelang ini berbeda dengan tape ketan yang berada di daerah lainnya.

Meski sama-sama terbuat dari beras ketan, umumnya tape ketan khas Magelang memiliki warna hijau, berbeda dengan tape ketan daerah lainnya. Warna hijau dari tape ketan ini didapatkan dari sari daun katuk.

3. Sego Godog

Selain itu, ada lagi macam kuliner Magelang berupa sajian berat yang tak kalah lezat, yaitu Sego Godhog atau nasi rebus.

Sama seperti membuat mie goreng, hanya saja diganti dengan nasi. Kuliner Magelang ini memiliki isian nasi, mie, dan suwiran daging.

Di beberapa warung juga ada yang menambahkan irisan jeroan sapi. Harganya cukup murah hanya 13ribu rupiah saja.

Kamu bisa menemukan sego godhog ini di sepanjang jalan dekat alun-alun Kota Magelang, buka dari jam 10 pagi hingga 9 malam.

4. Wedang Kacang

Macam kuliner Magelang juga menawarkan minuman khas yang cocok dinikmati pada malam hari, yaitu Wedang Kacang. Dimasak dari kacang tanah, gula Jawa, dan gula pasir.

Wedang kacang ini memiliki kuah putih santan yang menghangatkan tubuh. Apalagi ada camilan pelengkap yaitu sate pisang yang manis.

Kamu bisa mencicipi wedang kacang ini di Jalan Pajang, Kemirirejo, Magelang. Buka dari pukul 17:30 hingga 21:00 WIB, wisata kuliner Magelang satu ini sangat disayangkan kalau terlewati begitu saja. A

5. Nasi Goreng Magelangan

Jika sedang berkunjung ke Magelang, kamu bisa memilih untuk menyantap Nasi Goreng Magelangan yang lezat dan mengenyangkan.

Makanan khas Magelanga ini merupakan campuran antara nasi dan mie kuning yang telah diberi bumbu khusus. Rasanya pun gurih dan kamu bisa memilih tingkat kepedasan yang diinginkan.

6. Nasi Lesah

Nasi Lesah terkadang lebih dikenal sebagai Soto Magelang. Makanan khas Magelang ini dihidangkan dengan berbagai isian seperti suwiran daging ayam, kerupuk, dan lain-lain.

Bahan tersebut lalu diberi kuah berbahan santan serta rempah-rempah pilihan. Rasanya pun gurih namun tetap segar, terlebih jika disantap saat masih panas.

7. Mie Godhog

Mie godhog dalam bahasa Indonesia berarti mie rebus. Jangan salah, kuliner yang satu ini berbeda dengan mie instan rebus karena menggunakan mie kuning yang dicampur dengan banyak sayur dan ditaburi bawang goreng.

Dijamin deh, ini akan menambah lezatnya mie godhog khas Magelang ini. Kamu bisa membeli mie godhog di warung warung yang menjual bakmi jawa di Magelang.

8. Getuk Trio

Getuk trio merupakan salah satu makanan khas Magelang dari singkong yang cukup terkenal.

Getuk ini terbuat dari singkong yang diolah secara khusus sehingga menghasilnya tekstur yang lembut dan pulen.

Rasa getuknya manis tapi lebih legit.  Selain getuk trio sebetulnya ada pula mereka getuk lain yang tak kalah populer, salah satunya adalah getuk eco.

9. Puyur

Selain slondok, kamu juga dapat membeli puyur untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Camilan ini terbuat dari singkong dan bertekstur renyah. 

Perbedaan puyur dan slondok sendiri yakni dari bentuk dan proses pembuatannya. Umumnya, slondok melalui proses pengukusan sebelum dikeringkan dan digoreng.

10. Mangut Lele

Mangut menjadi salah satu makanan khas daerah Magelang. Makanan yang satu ini mirip dengan lodeh, tapi dengan bahan utama ikan asap.

Di Jawa Timur, ikan asap yang biasanya digunakan untuk membuat mangut adalah ikan laut yang diasap.

Mulai dari tongkol hingga ikan pari. Sementara di daerah Jawa Tengah, ikan lele menjadi sangat umum diasap untuk dijadikan mangut, termasuk di Magelang.

Makanan khas Magelang yang satu ini memiliki citarasa gurih berempah sekaligus pedas dan manis.

Perpaduan rasa tersebut keluar dari berbagai bumbu rempah yang digunakan. Termasuk bawang putih, merah, cabai merah dan hijau, kunyit, jahe, serai, kencur, lengkuas, daun salam, dan jeruk purut.

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan khas Magelang yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata magelang    #magelang    #daerah wisata    #makanan khas    #kuliner khas   

Baca Juga