Ilustrasi kentang (dok IStock)

Makanan Pengganti Nasi Saat Berdiet

Rini | Kesehatan | 17-12-2021

PARBOABOA - Nasi adalah sumber karbohidrat yang menjadi makanan utama masyarakat di Indonesia. Bahkan sebagian masyarakat Indonesia kerap kali merasa belum makan jika belum mengkonsumsi nasi.

Karena nasi mengandung karbohidrat yang tinggi, seseorang yang sedang berdiet sebaiknya mengurangi konsumsi nasi dan diganti dengan makanan berkarbohidrat lainnya.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut beberapa makanan pengganti nasi yang baik dikonsumsi saat diet:

1. Beras Shirataki

Beras shirataki yang terbuat dari akar tanaman konjak yang mengandung serat bernama glukomana. Beras ini baik dikonsumsi saat melakukan diet rendah kalori dan rendah karbohidrat. Kandungan glucomanan dalam nasi shirataki merupakan serat utama dalam konjak yang berfungsi membentuk penghalang atau pelindung lapisan usus.

2. Kentang

Kentang adalah salah satu makanan pengganti nasi yang baik saat melakukan diet. Kentang juga mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan. Namun saat berdiet, hindari mengkonsumsi kentang yang digoreng, lebih baik mengkonsumsi kentang yang direbus atau dikukus.

3. Jagung

Makanan pengganti nasi lainnya adalah jagung. Jagung adalah makanan yang cukup familiar bagi warga Indonesia, bahkan beberapa daerah di Indonesia menjadikan jagung sebagai makanan utama seperti di daerah Madura.

Jagung dapat menjadi pilihan yang baik saat berdiet karena mengandung serat, magnesium, fosfor, dan vitamin C yang penting untuk tubuh.

4. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari gandum utuh yang mengandung  gluten dan kalori yang lebih sedikit nasi putih. Namun kandungan protein dalam oat lebih tinggi. Oat juga mengandung serat yang dapat membuat tubuh terasa kenyang lebih lama membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga dapat mengontrol kadar gula darah.

Namun saat menjadikan oat sebagai makanan pengganti nasi, pastikan untuk mengkombinasikannya dengan makanan yang tepat seperti buah pisang.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah makanan pengganti nasi selanjutnya yang daoat mudah ditemukan di Indonesia. Ubi jalar adalah makanan yang mengandung serat yang lebih tinggi dan mengandung lebih sedikit gula jika dibandingkan dengan nasi. Ubi juga kaya akan kandungan provitamin A, vitamin C, dan kalium. Makanan ini pun mengandung antioksidan, yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Itu dia beberapa makanan sumber karbohidrat yang dapat dikonsumsi untuk menggantikan nasi saat berdiet.

Tag : #diet    #makanan pengganti nasi    #kentang    #jagung    #beras shirataki    #oatmeal    #ubi jalar    #kesehatan   

Baca Juga