pengibaran bendera putih yang dilakukan oleh warga Malaysia

Malaysia Berbondong-bondong Kibarkan Bendera Putih Saat Lockdown

sondang | Internasional | 05-07-2021

Sebelumnya, pada hari Jumat (2/7) banyak terlihat bendera putih yang dipasang oleh warga Malaysia. Hal ini dilakukan guna menunjukkan bentuk solidaritas di tengah lockdown yang terus melonjak. Awalnya itu adalah inisiatif beberapa orang saja namun semakin menyebarluas dan menginspirasi banyak orang.

Namun, belum lama ini terlihat bendera putih berkibar di sejumlah rumah Malaysia yang mereka gunakan †untuk bersuara meminta makanan dan bantuan lainnya di tengan lockdown atau penguncian pandemi Covid-19 terbaru di Negeri Jiran tersebut. Beberapa orang lainnya berbagi tips tentang cara aman memberikan bantuan kepada keluarga yang membutuhkan, dengan hanya melakukan pembelian online paket makanan untuk dikirim kepada mereka yang membutuhkan.


Perdana Menteri (PM) Muhyiddin Yassin mengumumkan serangkaian langkah-langkah kemunculan varian terbaru virus corona di Malaysia. Untuk mengurangi kasus penyebarannya, pemerintah melakukan lockdown yang diberlakukan mulai 1 Juni 2021.

Hingga saat ini kasus harian di Malaysia turun di bawah 4.000, menurut Penjabat Kantor Berita. Dalam masa lockdown, pemerintah Malaysia telah menyediakan anggaran negara sebesar 150 miliar ringgit atau sekitar Rp.520 triliun yang akan dialokasikan langsung ke kelompok berpenghasilan rendah dan menengah.

Kepala rumah tangga di sana masing-masing akan menerima sekitar 1.300 ringgit atau Rp.4,5 juta. Namun, yang membuat kecewa para penerima bantuan pemerintah tahap pertama adalah belum bisa dicairkan sampai Agustus 2021, padahal banyak yang membutuhkan bantuan segera.

Kasus harian pengidap Covid-19 belakangan memang sudah menurun. Namun kasus bunuh diri justru meningkat. Sampai 1 Juli 2021, ada 468 orang telah bunuh diri selama lima bulan pertama tahun ini. Sedangkan di tahun lalu ada total ada 631 kasus bunuh diri.

Kurangnya kejelasan tentang sektor ekonomi mana yang diizinkan untuk tetap terbuka hanyalah sebagian dari alasannya. Kekurangan pangan telah dirasakan oleh beberapa rumah tangga Malaysia sehingga ibu hamil hanya makan satu kali sehari.†Para selebritas telah menanggapi seruan #benderaputih dengan tawaran bantuan. Mereka berupaya mengumpulkan dana dan ditujukan untuk memberi makan bagi yang membutuhkan..

Hartini Zainuddin, salah satu pendiri Yayasan Chow Kit, mendistribusikan makanan dan bantuan lainnya kepada yang membutuhkan di salah satu distrik miskin Kuala Lumpur. Ia menyebut penting untuk mengusahakan agar orang saling membantu dengan inisiatif seperti kampanye #benderaputih.

Tag : #internasional    #nasional    #kesehatan   

Baca Juga