Ilustrasi gaya magnet (Primaryleap.co.uk)

Mengenal Gaya Magnet Lengkap dengan Sifat, Manfaat Hingga Contohnya

Sarah | Pendidikan | 09-06-2022

PARBOABOA - Beberapa waktu lalu kita sudah membahas tentang contoh gaya gesek, pada kesempatan kali ini kita akan menambah wawasan mengenai gaya magnet.

Dalam kehidupan sehari-hari, gaya magnet banyak digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk mengambil benda-benda dari logam dan sebagai penunjuk arah.

Lantas, apa itu gaya magnet?

Pengertian Gaya Magnet

Magnet adalah suatu benda yang memiliki kemampuan untuk menarik elemen lain di sekitarnya untuk menghasilkan reaksi gaya.

Maka dari itu, setiap magnet pasti memiliki gaya yang bersifat kemagnetan untuk menarik benda-benda di sekitarnya.

Dari berbagai jenis gaya magnet, ada salah satu yang sangat sering kita temui di kehidupan sehari-hari, seperti peniti yang menempel pada magnet.

Oleh karena itu, gaya magnet adalah bentuk gaya yang memiliki kemampuan menarik benda berbahan khusus yang ditimbulkan akibat adanya magnet di dalamnya. 

Benda yang dapat ditarik oleh gaya magnet adalah benda yang bersifat magnetis, seperti besi dan baja. Sedangkan benda yang tidak ditarik magnet bersifat tidak magnetis contohnya kayu, karet, atau plastik.

Sifat Gaya Magnet

Gaya magnet paling kuat terletak pada bagian ujung-ujung magnet atau pada bagian kutubnya.

Berikut sifat gaya magnet yang perlu kamu ketahui.

1. Dapat Menembus Benda

Gaya yang dihasilkan oleh magnet dapat menghasilkan partikel benda non magnetic meski terhalang oleh benda lain.

Artinya, gaya magnet dapat menembus benda, yang mana semakin kuat gaya magnet maka semakin besar pula benda yang dapat ditembus dan ditariknya.

2. Memiliki Medan Magnet

Gaya magnet memiliki medan magnet yang masih terpengaruh gaya magnet benda tersebut.

Kekuatan yang dimiliki pada medan magnet tidak dapat dikatakan sama karena semakin ke luar, medan magnet akan semakin melemah

3. Memiliki Gaya Tolak dan Gaya Tarik

Magnet memiliki gaya tarik sekaligus gaya tolak karena memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan selatan.

Jadi, kekuatan magnet terbesar terletak di bagian kutubnya, yaitu selatan dan utara.

Jika kutub kedua didekatkan dengan yang sama maka akan tolak menolak, sebaliknya jika didekatkan dengan kutub yang berbeda maka akan saling tarik menarik.

Manfaat Gaya Magnet

1.  Penunjuk Arah

Magnet dapat dimanfaatkan sebagai petunjuk arah karena memiliki dua kutub, yakni kutub utara dan kutub selatan.

2. Sebagai Pengubah Getaran Menjadi Suara

Magnet dapat bermanfaat sebagai pengubah getaran listrik menjadi getaran suara, contohnya pengeras suara seperti speaker atau headset.

3. Alat Ukur Listrik

Magnet dapat bermanfaat sebagai alat ukur listrik seperti amperemeter atau voltmeter. Alat tersebut membutuhkan magnet untuk memainkan medan magnet dengan lilitan kawat dengan bagian tengahnya terdapat magnet.

Contoh Gaya Magnet Dalam Kehidupan Sehari-hari:

1. Komputer

Perlu kamu ketahui, komputer yang biasanya kita gunakan juga menggunakan magnet yakni pada bagian data yang tersimpan di hard disk drive komputer karena menggunakan dasar magnet.

2. Oven Microwave

Seperti kita ketahui, alat oven microwave sudah banyak digunakan sebagai alat rumah tangga untuk memasak atau memanaskan makanan.

Namun, apakah kamu tahu? Alat ini ternyata menggunakan bantuan gaya magnet untuk bekerja yakni menggunakan material megatron untuk menghasilkan tenaga untuk memasak dan mengeluarkan panas.

3. Lemari Es Atau Kulkas

Siapa sih yang tidak kenal dengan kulkas? Pasti sudah pada kenal kan. Kulkas memiliki magnet pada pintunya agar lemari es tersebut dapat tertutup sempurna.

Gaya magnet yang digunakan pada pintu kulkas sangat kuat karena kulkas harus dalam keadaan tertutup sempurna agar bisa bekerja sesuai fungsinya.

Itulah pengertian gaya magnet lengkap dengan sifat, manfaat hingga contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga membantu.

Tag : #magnet    #materi ipa    #pendidikan    #gaya magnet adalah    #fisika    #besi    #baja    #logam   

Baca Juga