15 Negara Paling Kecil di Dunia (Dok:Bobo.id)

15 Negara Paling Kecil di Dunia, Ada Yang 1KM Saja Loh

Ester | Internasional | 14-05-2022

PARBOABOA – Jika sebelumnya kami telah membahas negara terluas di dunia, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai negara paling kecil di dunia. Negara apa sajakah itu? Simak ulasan Parboaboa kali ini untuk mengetahui jawabannya.

Menurut situs Worldatlas, situs yang menjadi sumber penerbitan wilayah geografi, negara dengan luas terkecil di dunia saat ini adalah Vatikan. Luas dari negara ini hanya mencapai 0,44KM persegi saja. Bahkan tidak sampai 1KM.

Namun, tidak hanya Vatikan saja yang menjadi bagian dari negara terkecil di dunia. Berikut ini kami berikan daftar 15 negara paling kecil di dunia yang wajib kamu ketahui.

1. Vatikan

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, Vatikan adalah negara yang paling kecil pertama di dunia yang luasnya hanya 0,44KM persegi saja. Dengan luas wilayah seperti itu, negara ini hanya memiliki 800-900 penduduk jiwa.

Vatikan sendiri berada di tengah-tengah antara Roma dan Italia serta menjadi salah satu negara bersejarah serta rumah bagi Tahta Suci (The Holy See). Atau dalam kata lain Vatikan adalah rumah untuk pemerintahan Gereja Katolik Roma.

2. Sealand

Negara paling kecil kedua adalah Sealand. Sealand negara yang sangat sempit namun unik. Jika dilihat sekilas, Sealand tampak seperti sebuah sarana pengeboran minyak. Padahal, negara ini memang berada di atas perairan.

Luas wilayah Sealand sendiri hanya 1,6KM persegi dan terletak pada jarak 9,6 KM dari lepas pantai Suffolk, Inggris. Namun, Sealand hanya terdiri dari 2 beton dan tidak ada sarana, rumah, dan transportasi di negara ini.

3. Monako

Negara paling terkecil ketiga di dunia adalah Monako. Monako adalah sebuah negara yang terletak di sepanjang Laut Mediterania, Reviera Perancis, dan hanya memiliki luas wilayah 2,02KM persegi saja.

Meskipun kecil, negara kerajaan berdaulat ini merupakan surga pajak untuk orang kaya. Tak hanya itu, Monako juga dikenal dengan sektor pariwisatanya, pantai mewah, balap mobil Grand Prix de Monaco, dan permainan kasinonya.

4. Liberland

Liberland adalah salah satu negara yang paling kecil di dunia dengan luas negara hanya mencapai 8KM persegi saja. Negara ini terletak diantara Kroasia dan Serbia.

Di dalam Liberland, kalian tidak akan menemukan bangunan sama sekali karena negara ini hanya ditumbuhi banyak pepohonan, ladang, dan tumbuhan yang lainnya.

5. Nauru

Urutan negara terkecil selanjutnya adalah Nauru. Nauru merupakan sebuah negara yang berada di pulau barat daya Samudra Pasifik. Luas wilayahnya hanya sekitar 21KM persegi saja dan populasi sekitar 12.000 - 13.000 jiwa.

Meskipun berada di tengah Samudra, Nauru adalah salah satu negara yang faktor ekonominya didominasi oleh penambangan fosfat sejak abad ke-20.

6. Tuvalu

Tuvalu adalah negara paling terkecil yang memiliki luas wilayah sebesar 26KM persegi. Tuvalu berada di kepulauan kecil yang berada di barat tengah Samudra Pasifik.

Terdapat 11.500 populasi jiwa yang berada di negara ini, namun sebagian memilih untuk bermigrasi ke negara-negara terdekat seperti Selandia Baru.

7. Bermuda (Somers Isles)

Negara selanjutnya adalah Bermuda atau Somers Isles. Negara yang berada di benua Eropa ini memiliki luas wilayah 53KM persegi.

Bermuda sendiri merupakan salah satu negara yang berada di bawah konstitusi United Kingdom atau Inggris.

8. San Marino

Di urutan kedelapan terdapat San Marino yang memiliki luas wilayah 61KM saja dan jumlah populasi sekitar 33.785 jiwa. San Marino sendiri terletak di daratan tengah Italia.

Namun ternyata, San Marino merupakan sisa dari negara/kota yang dulunya merupakan pemerintahan di Italia sebelum zaman Renaisans. Unsur penting yang menjadi faktor pembangun di negara ini adalah pariwisata dan pertanian.

9. Liechtenstein

Liechtenstein menjadi negara yang paling kecil nomor 9 dengan luas wilayah 160KM persegi dan populasi sekitar 38.000- 39.000 jiwa. Mirip dengan San Marino, Liechtenstein merupakan salah satu negara yang faktor ekonomi terbesarnya berada di sektor Pariwisata.

Selain itu, Liechtenstein juga dikenal sebagai salah satu negara dengan perbankan asing yang dapat menjaga rahasia dari setiap kliennya.

10. Kepulauan Marshall

Di posisi kesepuluh terdapat Kepulauan Marshall dengan luas wilayah 181KM persegi dan 58.000 jiwa. Kepulauan Marshall terletak di dekat garis khatulistiwa dan menjadikan negara ini termasuk dengan negara kepulauan yang memiliki lebih dari 1.000 pulau.

Dari segi pertahanan, Amerika Serikat memberi bantuan kepada Kepulauan Marshall dengan membantu mengontrol keamanan dan pertahanan negara ini. Amerika juga menjadikan Kepulauan Marshall sebagai pangkalan militer mereka.

11. Saint Kitts – Nevis

Urutan negara paling terkecil selanjutnya adalah Saint Kitts – Nevis dengan luas wilayah 261KM persegi. Banyak orang sering menyebut Saint Kitts – Nevis adalah surga tropis karena memiliki dua pulau di dalamnya.

Negara ini terletak di sebelah timur Laut Karibia dan dulunya terkenal dengan produksi tebunya untuk perekonomian negara ini. Namun sekarang hal itu sudah digantikan oleh sektor pariwisata yang mereka miliki.

12. Maladewa

Selanjutnya adalah Maladewa. Luas wilayah negara ini hanya 298 KM persegi dengan populasi sekitar 500.000 jiwa.

Maladewa sendiri berada di Samudra Hindia diantara Indonesia dan benua Afrika. Di dalamnya terdapat lebih dari 1.000 pulau namun hanya sepertiganya dihuni oleh penduduk Maladewa.

13. Malta

Diposisi selanjutnya terdapat negara Malta yang memiliki luas wilayah 316 KM persegi. Malta berada di tengah Laut Mediterania dan pernah di perintah oleh beberapa etnis. Etnis itu antara lain adalah Romawi, Yunani, Arab, Sisilia, Inggris, dan lain sebagainya.

Perekonomiannya sendiri didukung dari berbagai sektor seperti pertanian, perikanan, keuangan, manufaktur, dan masih banyak lagi.

14. Grenada

Negara yang paling kecil selanjutnya adalah Grenada. Grenada merupakan sebuah negara yang terletak di Kawasan benua Eropa dan memiliki luas wilayah 344KM persegi.

Negara ini memiliki pemandangan yang indah dan sektor pariwisata yang menarik.

15. Saint Vincent

Selanjutnya adalah Saint Vincent yang merupakan negara di dunia paling kecil ke-15. Negara ini memiliki luas wilayah 389KM persegi.

Itulah informasi mengenai 15 negara yang paling kecil di dunia yang dapat menambah wawasan kamu. Semoga ulasan kami dapat membantu dan selamat membaca!

Tag : #negara    #negara paling kecil    #internasional    #dunia    #luas wilayah    #vatikan   

Baca Juga