Yahoo.com

10 Oleh-oleh Khas Bengkulu Terpopuler dan Paling Recommended

Wanovy | Travel | 09-04-2022

PARBOABOA, Bengkulu - Apa saja oleh-oleh khas Bengkulu yang wajib dibeli ketika travelling ke provinsi atau Kota Bengkulu? Temukan rekomendasinya dibawah ini!

Kalau bepergian kemana saja, pasti traveler sering mencari oleh-oleh khas. Terutama jika destinasimu adalah Bengkulu.

Selain makanan, terdapat banyak minuman yang bisa dipilih untuk dijadikan sebagai buah tangan. Ada pula aneka souvenir, cinderamata, hingga karya seni yang unik sekaligus menarik.

Agar kamu tak kebingungan untuk menentukan pilihan terbaik, Parboaboa sudah siapakan beberapa oleh-oleh khas Bengkulu yang recommended untuk kamu bawa pulang kampung. Simak ulasan berikut ya!

1. Perut Punai

Oleh-oleh khas Bengkulu yang satu ini cukup unik dari segi nama panggilannya yaitu perut punai.

Dinamai demikian karena kur tersebut menyerupai isi perut burung punai yang melilit-lilit serta melingkar.

Komposisi dari kue perut punai ini adalah tepung terigu yang di gonseng atau disangrai terlebih dulu sebelum dijadikan adonan. Ada dua macam rasa dari kue unik satu ini yakni gurih dan manis.

Harga yang dipatok untuk setiap kemasan berkisar Rp. 10.000 per bungkus yang dapat kamu temukan di jejeran toko oleh-oleh sepanjang jalan Soekarno-Hatta.

2. Lemang Tapai

Orang Sumatera pasti tahu panganan ini. Makanan ini dibuat dari beras ketan bercampur santan dan garam, juga dimasak di dalam bambu yang dilapisi daun pisang.

Bambu sepanjang 40 cm tersebut dibakar, agar mengeluarkan aroma daun pisang yang khas.

Lemang atau ketan ini disajikan dengan tapai ketan hitam dan membuat perpaduan rasa yang unik. Rasanya gurih, asam, manis, semua menyatu di dalam mulut kamu.

3. Lempok Durian

Banyak daerah di Indonesia yang menjadi penghasil durian dan Bengkulu juga terkenal sebagai salah satu daerah penghasil durian hutan.

Daging buah durian bisa diolah menjadi beberapa varian makanan, termasuk dodol durian yang juga dikenal dengan nama lempok durian/lempuk durian.

Sebelum membeli biasanya di toko oleh-oleh khas Bengkulu menyiapkan lempok durian yang bisa kamu cicip. Baru mengambil sebelum membuka kemasannya saja kita sudah bisa mencium aroma durennya.

Saat dicicip, masih terasa sekali tekstur daging dan citarasa durian yang banyak digemari masyarakat Indonesia.

4. Manisan Terong

Oleh-oleh khas Bengkulu menarik lainnya ialah Manisan Terong. Jika biasanya Terong diolah dengan digoreng atau disayur, masyarakat Bengkulu mengolahnya menjadi manisan.

Oleh-oleh asal Provinsi Bengkulu yang berbahan dasar terong ungu serta gula pasir ini konon rasanya seperti buah kurma: kenyal dan manis.

Dengan daya tahan Manisan Terong yang dapat mencapai 3 minggu, makanan ini cocok dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

Cukup banyak toko-toko yang menjajakan kurma khas Bengkulu ini dengan harga mulai dari Rp. 8.000 per kemasan.

5. Sirup Jeruk Kalamansi

Jika kebanyakan dari kota wisata memilih makanan sebagai oleh-oleh khas daerahnya, namun hal berbeda ada di Bengkulu.

Sebab, ada minuman yang paling terkenal disini dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Bengkulu yang paling banyak diburu wisatawan. Minuman itu bernama Sirup Jeruk Kalamansi.

Rasanya yang segar dan dibandrol dengan harga murah yaitu Rp 5.000 – Rp 45.000 per botol menjadikan minuman ini memiliki banyak peminat.

Tak hanya itu saja Sirup Kalamansi juga dipercaya memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. Seperti dapat melancarkan sirkulasi darah pada tubuh manusia,

6. Kue Bay Tat

Mau bawa kue khas Bengkulu sebagai oleh-oleh? Kamu bisa memilih Kue Bay Tat Bengkulu sebagai alternatif pilihannya.

Merupakan oleh-oleh khas Bengkulu berbahan dasar terigu, gula, santan kelapa dan margarin. Memiliki isian selai nanas atau selai kelapa dan teksturnya yang lembut serta rasanya yang manis membuat oleh-oleh ini cocok jadi teman minum kopi maupun teh.

Untuk mendapatkan Kue Bay Tat Bengkulu sebagai oleh-oleh, kamu bisa membelinya di berbagai pusat oleh-oleh di Kota Bengkulu dengan harga mulai dari Rp20.000 saja.

7. Kue Siput Kacang

Bagi kamu yang suka ngemil, cobalah untuk membawa Kue Siput Kacang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Kue Siput Kacang merupakan salah satu oleh-oleh khas Bengkulu berbahan dasar kacang tanah, gandum dan gula pasir.

Teksturnya renyah dengan cita rasa manis yang pas cocok untuk menemani acara ngopi maupun minum teh di sore hari. Tertarik membawanya sebagai buah tangan?

8. Kopi Bengkulu

Aceh dan Sumatera merupakan wilayah penghasil kopi yang cukup potensial dimana dan terkenal baik nusantara maupun mancanegara.

Bengkulu yang merupakan wilayah bagian dari Pulau Sumatera juga merupakan memiliki cita rasa kopi yang khas.

Banyak wisatawan menjadikan kopi Bengkulu ini sebagai oleh-oleh khas untuk dibagikan kepada kerabat dekat.

Jika ingin memboyong kopi Bengkulu ini sebagai buah tangan, kamu bisa mendatangi toko kopi ataupun sentra oleh-oleh dikisaran pusat kota.

Kemasan yang ditawarkan cukup beragam mulai dari bungkusan kecil hingga kiloan.

9. Batik besurek

Besurek dalam Bahasa Bengkulu memiliki arti yaitu bersurat. Batik ini dinamai Besurek karena sebagian motifnya yang dibuat dari paduan kaligrafi Arab dengan huruf asli Bengkulu yaitu Kaganga.

Seperti kain batik daerah lain yang baik kualitasnya, Batik Besurek ini biasa dibuat secara manual ditulis dengan tangan.

Batik Besurek ini dapat kamu masukkan kedalam daftar oleh-oleh khas Bengkulu favoritmu.

10. Kerajinan Kulit Lantung

Bengkulu memiliki cinderamata khas yaitu kerajinan dari Kulit Lantung. Kulit Lantung adalah kulit pohon bergetah yang “dilantung” atau ditipiskan dengan dipukul menggunakan lesung.

Pada zaman penjajahan Jepang dulu, masyarakat Bengkulu kerap kali menjadikan Kulit Lantung ini sebagai bahan pengganti kain untuk pakaian.

Namun sekarang, Kulit Lantung berkembang hingga dijadikan kerajinan tas, gantungan kunci, dan pigura yang terkenal sebagai oleh-oleh khas Bengkulu.

Nah, itulah daftar oleh-oleh khas Bengkulu yang paling recommended untuk kamu bawa pulang kampung. Semoga bermanfaat!

Tag : #bengkulu    #tempat wisata    #daerah wisata    #oleh oleh khas    #makanan khas    #kuliner khas    #bengkulu   

Baca Juga