Oleh-oleh khas Cirebon, foto: Jave Travel

10 Oleh-oleh Khas Cirebon Kekinian Ini Wajib Kamu Bawa Pulang Kampung

Wanovy | Travel | 09-08-2022

PARBOABOA - Jika berbicara soal wisata di Jawa Barat, Kota Cirebon mungkin menjadi salah satu destinasi yang akan muncul di kepala kamu.

Tak hanya kaya akan tempat wisata, Cirebon juga masih memiliki kebudayaan yang cukup kental. Beberapa keraton serta peninggalan sejarah bisa dengan mudah kamu temukan di sini.

Tingginya antusias wisatawan untuk berkunjung ke Kota Udang pun didukung dengan ragam kuliner serta oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang.

Apakah kamu berencana untuk menjelajahi kota ini? Jika iya, ayo simak rekomendasi oleh-oleh khas Cirebon kekinian berikut ini!

1. Rengginang

Salah satu oleh-oleh khas Cirebon yang menarik untuk kamu bawa pulang adalah rengginang. Penganan ini terbuat dari nasi atau ketan yang memiliki rasa gurih dan renyah.

Biasanya, rengginang dijadikan camilan ataupun makanan pendamping untuk menambah cita rasa.

Di Kota Udang ini, rengginang dibuat dalam berbagai rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera. Ada rasa udang, keju, hingga terasi yang rasanya cukup unik. Ukuran rengginang pun beragam, mulai dari kecil, sedang, hingga besar.

2. Cirebon Sultana

Ketika menyambangi Kota Cirebon, kurang lengkap rasanya jika kamu tidak mencicipi dan membungkus kue kekinian, Cirebon Sultana.

Kedai milik selebritas Indra Bekti ini sudah eksis di Cirebon sejak Maret 2017. Meski populer karena nama pemiliknya, cita rasa yang ditawarkan kue ini tak boleh kamu pandang sebelah mata.

Perpaduanpuff pastrydan bolu pada penganan ini ditambah dengantoppingberbagai rasa. Mulai dari Sultana Blueberry, Sultana Mangga, hingga Sultana Choco Banana adalah beberapa jenis menu yang bisa kamu pilih.

Daya tarik lain dari camilan manis ini juga ada pada kemasannya yang unik dan tentunya rapi.

3. Kerupuk Lambak

Cirebon memang terkenal dengan jajanan kerupuknya yang beragam, salah satunya adalah kerupuklambak.

Proses pembuatan camilan khas Cirebon satu ini tergolong cukup panjang. Pertama, kulit sapi atau kerbau perlu dibersihkan dan digoreng dalam minyak bersuhu rendah.

Kemudian, kulit kembali di goreng pada minyak panas hingga garing dan siap disantap.

4. Sirup Tjampolay

Sirup legendaris ini telah diproduksi sejak tahun 1936 silam. Sirup tjampolay menjadi salah satu oleh-oleh khas Cirebon yang paling laris diburu oleh wisatawan.

Ada beragam rasa sirup tjampolay yang bisa menjadi pilihan, termasuk Mangga Gedong, Jeruk Nipis, Asam Jeruk, dan yang paling laris adalah pisang susu. Satu botol sirup cap Tjampolay ukuran 630 ml dibanderol mulai harga Rp 35.000.

5. Tape Ketan Daun Jambu

Rekomendasi oleh-oleh khas Cirebon berikut ini cukup unik. Sebab, dalam proses pembuatannya, ketan akan difermentasikan selama sekitar satu minggu dan dibalut daun jambu air hingga sari-sari air tape keluar.

Ini membuat tape berwarna hijau dan rasanya juga menjadi manis pekat. Tape ketan ini bisa tahan hingga satu bulan setelah dibuat.

6. Kerupuk Melarat

Kerupuk yang biasanya memiliki warna warni ini menjadi andalan untuk jadi oleh oleh. Namanya cukup unik namun bukan berarti kerupuk ini hanya dikonsumsi untuk orang melarat saja.

Diberi nama demikian karena kerupuk ini digoreng tidak menggunakan minyak sama sekali. Kerupuk melarat melalui pengolahan atau penggorengan dengan pasir. Kamu tak perlu panik, pasir yang digunakan jelas pasir yang bersih.

Meskipun digoreng dengan pasir, namun rasanya tak bisa diragukan. Perpaduan manis dan gurih akan sangat pas jika dicocolkan dengan sambal asam ciri khas Cirebon.

Menariknya, jika kamu ingin menjadikan makanan ini sebagai oleh oleh harganya juga terjangkau. Untuk mendapatkannya juga mudah, kamu hanya perlu mendatangi pasar pagi Cirebon.

Di sepanjang jalan di Cirebon, kamu juga bisa menemui penjual yang menawarkan kerupuk ini

7. Atom Kocir Bakpia’e Wong Cirebon

Ingin mencoba membawakan oleh oleh kekinian khas Cirebon? Bakpia satu ini bisa menjadi pilihan. Bakpia khas Cirebon ini memiliki isian unik yang penuh dan juga lumer.

Karena selain menyediakan isian manis, bakpia atom kocir juga menyediakan asin. Untuk rasa manis kamu bisa membeli ras cokelat, durian, keju, vanilla.

Sementara varian asinnya ada yang tuna, udang, ayam dan sosis. Untuk mendapatkannya kamu bisa mengunjungi Cirebon Super Block Mall.

8. Kue Gapit

Kue satu ini memiliki cita rasa yang gurih dan sangat pas untuk camilan bersama keluarga. Kue gapit memiliki bentuk seperti cone es krim hanya saja bentuknya pipih.

Rasanya yang ditawarkan juga sangat bervariasi. Rasa original hingga rasa kacang bisa kamu buru dan diborong.

Kamu bisa membelinya di pasar Kanoman dengan harga yang cukup terjangkau. Empal Gentong

Empal gentong merupakan makanan berbahan dasar daging sapi yang sangat mirip dengan gulai.

Kuliner ini dimasak dengan menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Hal tersebut membuat citra rasanya khas di lidah.

9. Petis Cirebon

Petis Cirebon memiliki kekhasan karena memiliki citra rasa yang gurih karena berbahan baku udang segar.

Citra rasa yang khas dan unik membuat petis Cirebon menjadi oleh-oleh khas Cirebon yang cukup layak untuk kamu bawa pulang ke rumah.

10. Kripik Tempe Sagu

Kripik tempe sagu merupakan salah satu pilihan oleh-oleh khas Cirebon yang dapat menjadi buah tangan ketika berkunjung ke Cirebon.

Kripik ini berbahan dasar tempe yang diiris tipis kemudian digoreng menggunakan minyak yang sangat panas.

Ketika membeli kripik tempe sagu, kamu bisa memilih berbagai varian rasa yang ditawarkan mulai dari rasa pedas, keju, hingga rasa keju panggang yang siap menggoyang lidah.

Nah, itulah tadi beberapa oleh-oleh khas Cirebon kekinian yang wajib kamu bawa pulang. Happy holiday!

Tag : #wisata cirebon    #cirebon    #tempat wisata    #travel    #jawa barat    #oleh oleh cirebon    #kuliner cirebon   

Baca Juga