Oleh-oleh khas Solo: Intip

Oleh-oleh Khas Solo yang Enak dan Tahan Lama

Wanovy | Travel | 11-03-2022

PARBOABOA - Solo atau Surakarta sudah sangat terkenal sebagai salah satu kota wisata budaya terbaik yang ada di Jawa Tengah disamping Jogja. Ada banyak sekali oleh-oleh khas dan tempat wisata di Solo yang bisa kamu kunjungi mulai dari destinasi alam, sejarah, budaya, hingga belanja.

Di kota ini kamu juga bisa mendapatkan liburan seru dengan biaya yang murah karena harga berbagai barang yang sangat terjangkau.

Kamu tidak perlu takut lagi menghabiskan terlalu banyak uang untuk membeli jajanan, makanan, atau souvenir menarik dari Solo.

Oleh-oleh khas Solo yang menarik seperti batik, serabi, dan berbagai macam lainnya bisa kamu borong dengan harga murah.

Selain itu masih banyak oleh oleh khas solo yang tahan lama lain yang bisa kamu pilih untuk bawa pulang setelah berlibur, berikut beberapa diantaranya:

1. Serbat Jahe Solo

Jika wedang jahe mungkin kalian sudah familiar, bagaimana dengan serbat jahe? Ini merupakan minuman jahe khas kota Solo.

Jangan bayangkan kalian akan seperti membeli wedang jahe yang disajikan dalam gelas atau cangkir dan siap minum. Akan tetapi, serbat jahe ini dijual dengan bentuk ukuran tablet.

Serbat jaher terbuat dari olahan jahe dan juga rempah-rempah. Seperti halnya wedang jahe yang bisa membuat tubuh hangat, serbat jahe pun demikian.

Minuman ini sangat cocok diminuman malam hari saat cuaca dingin atau musim hujan. Dengan minum segelas serbat jahe, rasa dingin akan hilang seketika dan tubuhmu pun akan hangat sepanjang malam.

2. Intip

Apakah kamu pernah mendengar nama jajanan oleh-oleh khas Solo yang murah meriah ini? Yup, intip adalah salah satu primadona oleh-oleh yang sering diburu wisatawan.

Pembuatan intip sendiri dimulai dari pengambilan kerak nasi yang melekat pada panci, setelah itu dijemur terlebih dahulu pada terik panas matahari.

Setelah dirasa cukup kering kemudian barulah digoreng menggunakan minyak yang sangat panas. Intip memiliki cita rasa gurih, asin dan renyah. Tentu tak heran jika kemudian menjadi favorit banyak orang.

Selain itu ada pula rasa manis yang berasal dari karamel gula jawa dan tentunya menambah kelegitan intip saat digigit.

Kamu bisa dengan mudah mendapatkan intip karena banyak dijual di sentra penjualan oleh-oleh khas Solo.

3. Serabi Notosuman Solo

Disaat kamu berwisata sudah pasti kamu akan merasa lapar dan tentunya makanan merupakan satu hal yang harus kamu nikmati.

Ada salah satu oleh oleh khas Solo paling terkenal yaitu serabi Notosuman. Serabi ini merupakan salah satu kuliner di Solo yang patut kamu coba.

Tak berubah tepung, serabi Notosuman ini adalah kue tradisional dicampur dengan santan, setelah menjadi adonan.

Kemudian adonan tersebut dituang ke dalam cetakan khusus lalu dibakar menggunakan sebuah tungku dan arang.

Sistem masak menggunakan tungku dan arah ini merupakan cara memasak tradisional yang sudah berlangsung sejak dulu. Rasa dari serabi Notosuman ini ditawarkan dengan beragam rasa, mulai dari, coklat, potongan pisang dan keju juga nangka.

4. Kue Manjarijn

Oleh-oleh roti sudah biasa. Tapi beda dengan oleh-oleh khas Solo kekinian berupa roti mandarijn. Ya, kue Mandarijn memang bukan roti biasa.

Jika kalian jalan-jalan ke Solo, rasanya ada yang kurang jika tidak membawa oleh-oleh roti yang satu ini. Kue ini terkenal sejak tahun 1930an. Kue ini juga cukup tahan lama, hingga sekitar 1 minggu. Jadi sangat cocok untuk buah tangan.

Kue Manjarijn sendiri memiliki beberapa varian. Pertama adalah kue Mandarijn Orion Biasa. Selain itu, ada juga kue Mandarijn Orion Kismis.

Dan yang paling lezat tentu saja kue Mandarijn Orion Spesial karena butternya lebih banyak dibanding varian lainnya.

5. Rambak Pertis

Rambak terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang digoreng kering mirip seperti kerupuk. Rasanya gurih dan ada sedikit rasa pedasnya.

Oleh-oleh khas Solo satu ini sangat nikmat dimakan bersamaan dengan petis. Untuk mendapatkan oleh-oleh ini kamu bisa datang ke kampung Jagalan, Jebres, Solo, di sana terdapat tempat produksinya.

6. Pukis Badran

Seperti halnya serabi, pukis termasuk jajanan tradisional yang tak lekang oleh waktu.  Nah, buat kamu yang kebetulan suka banget dengan kue pukis, bisa mampir ke Jl. Kenanga No.25, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Disana, kamu akan menemukan pukis dengan varian rasa kekinian mulai dari rasa cokelat, keju, tiramisu, capuccino, dan masih banyak lagi.

Pukis terenak di Solo ini juga bisa banget kamu bawa sebagai oleh oleh khas Solo. Harganya pun terbilang murah, mulai dari Rp 15.000-Rp 50.000.

7. Abon Mesran

Terbuat dari daging ayam dan sapi, Abon Mesran juga cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Solo.

Rasanya juga nikmat, enak saat dimakan bersamaan dengan nasi hangat. Kamu bisa temukan kuliner ini di Jalan Kalilarangan, Serengan, Solo.

8. Brem Solo

Oleh-oleh ini dibuat dari peragian air tape. Rasanya unik, dingin, lumer di mulut. Dijamin kamu bakal suka. Kamu juga sangat mudah menemukan jajanan ini, hampir di semua pusat oleh oleh khas Solo.

9. Batik Solo

Solo juga terkenal sebagai salah satu kota Batik terkenal seperti halnya Jogja dan Pekalongan yang memiliki banyak batik menarik.

Batik-batik Solo ini sangat cocok dijadikan sebagai cenderamata atau oleh-oleh khas Solo untuk orang-orang di rumah saat kamu pulang. Ada berbagai jenis batik yang bisa kamu pilih mulai dari batik biasa hingga batik motif keraton yang khas dan elegan.

Batik yang dijual pun tidak hanya berbentuk kain, ada pula yang sudah menjadi baju, jaket hingga kerajinan tangan.

Pilihan batik seperti ini bisa kamu temukan dengan mudah di toko-toko batik yang ada di sekitar Pasar Klewer.

Namun jika kamu tertarik melihat langsung proses pembuatan batiknya bisa langsung datang ke Kampung Kauman atau Kampung Laweyan.

10. Barang Antik

Selain batik, Solo juga menawarkan oleh-oleh khas Solo menarik berupa barang antik berbagai bentuk mulai dari alat elektronik hingga pernak-pernik kecil.

Barang-barang menarik ini bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi Pasar Triwindu yang ada di daerah Banjarsari.

Disini kamu bisa mendapatkan barang jadul yang sudah ada sejak puluhan hingga ratusan tahun yang lalu dan masih terawat dengan baik.

Barang-barang antik ini sangat cocok untuk kamu bawa pulang sebagai kenang-kenangan sekaligus melengkapi koleksi barang jadul kamu di rumah.

Nah, itulah 10 rekomendasi oleh-oleh khas Solo yang tahan lama yang bisa kamu bawa pulang kampung. Semoga bermafaat!

Tag : #wisata solo    #solo    #surakarta    #oleh oleh    #makanan khas   

Baca Juga