Kondisi arus lalu lintas kota Pematangsiantar (dok:Parboaboa.com)

H-2 Lebaran, Arus Mudik di Pematangsiantar Terpantau Ramai Lancar

Dimas | Daerah | 30-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Memasuki H-2 Lebaran, kondisi arus lalu lintas di Pematangsiantar, terlihat masih ramai lancar.

Hal itu dipantau langsung oleh tim Parboaboa di pos pengamanan Operasi Ketupat Toba Simpang 2 Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Pematangsiantar-Parapat pada Sabtu (30/4) pagi hari.

Meskipun arus lalu lintas tidak terlalu padat, Kapospam empat Simpang 2 AKP Robert Santoni Purba mengatakan, di Pospam empat ada sejumlah petugas yang berjaga, di antaranya 16 aparat kepolisian, 4 anggota TNI, 4 anggota Dinas Perhubungan (Dishub), 2 anggota Satpol PP, serta 5 anggota dari Dinas Kesehatan.

Selain itu, pihaknya telah menyiagakan sejumlah personel di beberapa persimpangan jalan untuk mengantisipasi jika terjadi kepadatan arus lalu lintas, seperti di simpangan Ringroad depan Polsek Marihat, simpang Jalan Bahkora II, Jalan manunggal, simpang Jalan Sidamanik, serta di simpang Jalan Ricardo Siahaan.

“Kami telah menyiapkan anggota di pesimpangan-persimpangan untuk jalur rekayasa. Jika nanti terjadi kemacetan, akan dibuat rekayasa lalu lintas dan pengalihan arus,” ucap Robert.

Untuk mudik tahun ini, Robert memastikan tidak ada penyekatan yang dilakukan oleh tim pengamanan. Namun, dia mengharapkan para pemudik agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan petugas pengamanan jalan.

“Kami mengimbau kepada pemudik agar bersabar jika terjadi kemacetan. Kalau memang diperintahkan pihak kepolisan untuk antri, silahkan antri. Jangan sembarangan memotong antrian. Karena itu membuat kemacetan semakin ruwet,” ujarnya.

Pemudik juga diimbau jangan memaksakan berkendara jika sudah lelah, di Pospam empat Simpang 2 telah disediakan rest area yang dapat dimanfaatkan oleh pemudik untuk beristirahat.

“ini rest area kita, bagi para pemudik yang mungkin capek, ini ada tempat istirahat. Dan kita juga ada menyediakan tukang pijat. Oh iya ada juga kita sediakan vaksin, bagi yang belum vaksin,” ucap robert.

Tag : #arus lalu lintas    #pematangsiantar    #daerah    #arus mudik    #lebaran 2022    #jalinsum   

Baca Juga