Prototipe motor listrik buatan Pindad, MotoEV.

Pindad Pamerkan Prototipe Motor Listrik Super di Ajang WSBK Mandalika

Maraden | Otomotif | 20-11-2021

PARBOABOA – PT Pindad (Persero) memamerkan berbagai produk bikinannya dengan memanfaatkan momentum balap internasional Worl Super Bike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, yang diselenggarakan dari 19-21 November 2021.

Sederetaan kendaraan bikinan Pindad dipamerkan di sirkuit Mandalika sesaat sebelum dilangsungkan gelaran WSBK. Deretan itu terdiri dari kendaraan berat yang biasa digunakan sebagai alat utama sistem pertahanan (alutsista) TNI dan juga kendaraaan lainnya mulai dari Maung 4x4, MV2, dan prototipe sepeda motor listrik bergaya supermotor yang menjadi inovasi teranyar, yakni MotoEV.

Spesial soal MotoEV, Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengatakan PT.Pindad (Persero) memperkenalkan purwarupa MotoEV agar dapat dilihat seluruh dunia.

“Purwarupa MotoEV kami tampilkan seiring dengan harapan kami untuk semakin memperkenalkan produk otomotif ke seluruh dunia lewat event World Super Bike ini,” kata Abraham dalam siaran pers yang dikutip Sabtu, 20 November 2021.

PT Pindad mengembangkan motor MotoEV dikarenakan potensi kendaraan listrik yang akan memberikan keuntungan dalam sistem transportasi dan juga untuk menjawab tantangan akan motor listrik buatan dalam negeri yang tangguh di berbagai medan.

Abraham juga menyebut keberadaan Sirkuit Mandalika akan sangat membantu mendorong pengembangan industri otomotif dalam negeri, bahkan sektor-sektor lain di NTB, seperti ekonomi dan pariwisata.

Prototipe MotoEV dipersiapkan untuk even Mandalika dengan mengusung konsep supermoto menggunakan rangka dan body unversial. Tahap selanjutnya, Pindad akan mengembangkan rangka dan body kendaraan sekaligus membuka kesempatan bagi mitra yang tertarik ikut mengembangkan motor listrik tersebut.

Adapun tampilan prototipe sepeda motor listrik MotoEV menyerupai motor trail. Mesin penggerak MotoEV 100 persen dibuat Pindad. MotoEV dibekali proteksi IP57 dan diklaim mampu melintasi medan dengan gradien kemiringan 30 persen atau 16 derajat.

Motor tersebut beroperasi dengan kekuatan listrik sebesar 5 kW dan voltase 72 VDC. Putaran roda penggerak dapat dipacu hingga Max Speed 3858 rpm denganrata-rata di Rated Speed 2675 rpm.

Unutk soal kecepatn, motor listrik MotoEV dapat melaju dengan top speed mencapai to 120 km/jam dan dapat dikendarai hingga 100 km untuk penggunaan satu kali pengisian penuh baterai.

Tag : sepeda motor, motor listrik, pindad, mandalika, wsbk

Berita Terkait