Ketua Majelis Syuro Salim Segaf Al Jufri saat rakornas PKS.

PKS Ogah Dukung Anies, Lebih Dukung Ketua Majelis Syuro Salim Segaf

Maraden | Politik | 22-10-2021

PARBOABOA, Jakarta – Ketua Departemen Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Nabil Fauzi mengatakan PKS masih belum mau mendukung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan maju dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Kata Nabil, partainya saat ini tengah fokus untuk menyiapkan Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Al-jufri untuk pilpres 2024.

"Fokus kami hari ini adalah terus mensosialisasikan Salim Segaf sebagai tokoh utama partai dalam pentas kepemimpinan politik nasional," kata Nabil, Kamis (21/10).

Upaya itu, kata Nabil, merupakan upaya yang dilakukan pihaknya untuk mendorong munculnya figur-figur baru pemimpin nasional yang berkualitas.

Pernyataan itu disampaikan Nabil merespons deklarasi yang dilakukan kelompok masyarakat kepada Anies di 2024 . Nabil menanggapi hal itu dengan berujar bahwa adanya deklarasi yang dilakukan beberapa pendukung tokoh politik adalah fenomena politik yang datang lebih awal.

Ia menilai adanya fenomena pada masyarakat yang seakan tidak ingin ketinggalan kereta dalam mendukung figur yang mereka unggulkan dalam kontestasi pemilihan capres.

"Bagi kami, fenomena ini adalah bentuk ekspresi masyarakat luas yang mencari alternatif pemimpin untuk 2024," katanya.

Beberapa saat belakangan ini, sejumlah kelompok massa pendukung figur tokoh poltik bermunculan di permukaan. Mereka melakukan deklarasi dukungan terhadap tokoh politik unutk maju pada pilpres 2024. Terlebih, Anies bersama Prabowo, Ganjar, Puan dan Airlangga yang beberapa kali muncul dalam hasil survei tokoh potensial capres 2024. Bahkan Anies Baswedan mengklaim tidak mengetahui adanya pembentukan relawan yang mendukung dirinya maju ke pilpres 2024 tersebut.

Meski begitu, Nabil berujar bahwa partainya hingga saat ini tetap menjalin hubungan baik dengan tokoh dari partai politik lain, termasuk Anies.

Sebelumnya, Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera menyebut bahwa PKS sejauh ini lebih memilih Salim Segaf daripada tokoh politik dari luar PKS untuk maju di 2024 .

Menurut dia, menyiapkan Salim Segaf di 2024 merupakan keputusan yang telah disetujui oleh Dewan Syuro PKS.

"Kalau PKS, fokus menokohkan Habib Salim Segaf. Itu keputusan Majelis Syuro," kata dia, Kamis (21/10).

Tag : politik, pilpres 2024, calon presiden, pks, anies baswedan, salim segaf, dpp pks

Berita Terkait