Ilustrasi

Inilah Provider Terkencang di Indonesia Versi Speedtest

Wanovy | Teknologi | 22-10-2021

Platform pengujian kecepatan koneksi internet Speedtest baru saja merilis laporan yang menjabarkan peringkat kecepatan dari penyedia dari layanan internet (ISP) fixed broadband di Indonesia pada Q3.

Dalam laporan itu, data Speedtest Intelligence periode kuartal III-2021 menampilkan ranking empat ISP, yaitu Biznet, Telkom, MyRepublic dan First Media.

Keempatnya dikategorikan sebagai Top Priovider, yakni ISP yang menyumbangkan 3 persen atau lebih dari sample hasil uji di suatu wilayah dalam periode yang dimaksud.

Urutan ini ditentukan berdasarkan Speed Score yang 90 persen pembobotannya berasal dari kecepatan download, sementara 10 persen sisanya dari kecepatan upload. Penjelasan selengkapnya mengenai Speed Score bisa dilihat di <a href="https://www.speedtest.net/insights/blog/how-ookla-ensures-accurate-reliable-data-2021/#speed-score/">laman ini</a>.

Berdasarkan laporan Speedtest tersebut, Biznet dinobatkan sebagai layanan internet paling ngebut di Indonesia dengan skor kecepatan (speed score) 42,17.

Bila melihat laporan yang sama untuk dua kuartal sebelumnya, Biznet juga menempati posisi teratas sebagai ISP paling kencang di Indonesia. Menariknya, skor kecepatan Biznet terpantau mengalami peningkatan yang cukup signifikan selama tiga kuartal terakhir.

Pada kuartal III dan IV 2020, Biznet dilaporkan memiliki skor kecepatan 33,99. Lalu, skor itu naik menjadi 40,66 pada kuartal II-2021. Yang terbaru, skor kecepatan Biznet naik lagi ke angka 42,17 pada kuartal III-2021 ini

Biznet sendiri merupakan perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia, berkomitmen untuk terus berupaya menghadirkan layanan Internet WiFi yang cepat dan stabil. Langkah ini tentunya untuk mendukung kegiatan dan perkembangan digital di Indonesia.

Saat ini, jaringan Biznet telah tersedia di lebih dari 110 kota di Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Batam, Kalimantan dan Sulawesi dengan total panjang kabel fiber optik yang mencapai lebih dari 50.000 kilometer.

Biznet juga terus melakukan perluasan jaringan, sehingga lebih banyak masyarakat Indonesia yang dapat menikmati layanan internet cepat dan stabil. Layanan ini didukung oleh teknologi The New Biznet Fiber.

Posisi kedua ISP terkencang di Indonesia ditempati oleh MyRepublic dengan skor kecepatan 35,31. Sementara Telkom berada di peringkat ketiga dengan Speed Score 18,31, terpaut cukup jauh dari MyRepublic di urutan sebelumnya. First Media berada di urutan keempat dengan skor sebesar 16.51.

Peringkat ISP berdasarkan latency dan konsistensi kecepatan

1. MyRepublic : 16ms

2. Telkom : 16 ms

3. Biznet : 20 ms

4. First Media : 27 ms

Speedtest juga mengukur Consistency Score masing-masing ISP. Kriterianya adalah persentase sample data yang memenuhi kriteria minimum berpa kecepatan donwload 25 Mbps dan upload 3 Mbps. Urutannya adalah: Biznet: 68,3 persen MyRepublic: 63,5 persen First Media: 29,6 persen Telkom: 27,2 persen.

Tag : teknologi, telekomunikasi, jaringan, internet, isp, provider, speedtest

Berita Terkait