PSSI Akan Tambahkan Dua Asisten Wasit

Kinerja Wasit Sering Dikeluhkan, PSSI Akan Tambah Dua Asisten Wasit

Michael | Sepakbola | 25-11-2021

Parboaboa.com – PSSI akan menambah dua asisten wasit yang ditugaskan berada di dekat garis gawang. Tujuan penambahan tersebut dilakukan untuk membantu wasit di lapangan yang kinerjanya kini disorot publik.

Sejumlah klub telah mengeluhkan kinerja wasit di Liga 1 maupun Liga 2. Para kontestan tersebut merasa dirugikan karena beberapa keputusan wasit yang dinilai tidak tepat.

Bahkan, PSSI sudah memberikan hukuman kepada wasit yang bermasalah. Hanya saja, federasi sepakbola nasional tersebut tidak menjabarkan nama pengadil lapangan tersebut kepada publik.

Adapun, rencana penambahan dua asisten wasit tersebut diterapkan pada seri keempat Liga 1 2021/22, dan semi-final Liga 2 2021. Namun, sebelum menerapkannya PSSI lebih dulu bersurat dan menunggu persetujuan dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

Bukan cuma menambah asisten wasit saja. PSSI juga bakal mendatangkan direktur teknik wasit dari luar negeri yang direkomendasikan oleh AFC dengan tugas mengevaluasi dan merekomendasikan wasit dalam pertandingan Liga 1.

‘’Jadi dengan asisten wasit tambahan ini dan mengontrak direktur teknik wasit, kesalahan-kesalahan wasit yang selama ini kita lihat, bisa diminimalisasi dan dievaluasi," kata ketua umum PSSI Mochamad Iriawan, dikutip laman resmi federasi.

"PSSI ingin ke depan ada perubahan yang signifikan terhadap sepakbola Indonesia," sosok yang familier dipanggil Iwan Bule tersebut menambahkan.

Penambahan dua asisten wasit tersebut bukan barang baru di dunia sepakbola. Kompetisi Eropa, sempat melakukan sebelum adanya VAR (video asisstant referee).

Asisten wasit tambahan tersebut bakal mendapat pelatihan lebih dulu. Langkah ini diambil supaya mereka mengerti dengan tugas yang diemban saat pertandingan dilaksanakan.
 

Tag : pssi, bri liga 1, liga 2 indonesia, sepak bola, indonesia

Berita Terkait