Tuntut Kenaikan UMK 2022, Ribuan Buruh Masih Mengepung Gedung Sate

Tuntut Kenaikan UMK 2022, Ribuan Buruh Masih Mengepung Gedung Sate

Sondang | Nasional | 30-11-2021

PARBOABOA, Bandung – Sejumlah buruh kembali menggelar unjuk rasa terkait penetapan UMK 2022 di depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Selasa (30/11). Buruh kembali berunjuk rasa untuk menuntut kenaikan upah minimum tahun 2020 sebesar 10 persen.

Buruh mulai berdatangan di Gedung Sate sejak pagi hari. Hingga sore hari, gelombang massa buruh pun masih terus berdatangan ke Gedung Sate. Mereka meminta agar bisa bertemu Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan agar upah minimum sesuai rekomendasi kabupaten/kota.

"Hanya dua tekad kita, hari agar Gubernur Jabar yang kita antarkan ke singgasana untuk menetapkan upah minimum sesuai rekomendasi kabupaten/kota, dan terapkan kembali upah sektoral," kata Ketua SPSI Jabar Roy Jinto.

Hingga pukul 20.30, Gubernur Jabar Ridwan Kamil tak kunjung menemui massa yang masih mengepung gedung itu. Pihak kepolisian juga masih bersiaga mengawal jalannya aksi.

Buruh pun bereaksi. "Kami harapkan pak gubernur bisa kembali ke Bandung dari Bogor, untuk mendiskusikan formulasi dan solusi bagi upah di Jabar ini," Koordinator Alinasi Buruh Jabar Ajat Sudrajat.

Dikabarkan, malam ini akan ada konferensi pers di Gedung Sate terkait UMK 2022. Namun hingga pukul 21.15 WIB, belum ada kejelasan dari Pemprov Jabar.

Sebelumnya, pihak buruh menolak bertemu dengan Wagub Jabar. Mereka menilai, pertemuan dengan Wagub tak akan menghasilkan keputusan apapun.

"Kita akan diterima oleh wakil gubernur jam satu, cuma kita menolak karena Wagub hanya bisa mengirimkan aspirasi kepada gubernur. Aksi ini bukan hari ini saja, tapi berulang-ulang artinya aspirasi dan rekomendasi sudah disampaikan," ujar Ketua KSPSI Jabar Roy Jinto di depan Gedung Sate.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil hari ini mengikuti jadwal Kopdar di Bogor. Pada pukul 07.30 WIB, Ridwan Kamil menggelar kegiatan penanaman pohon bersama kepala daerah se-Jawa Barat di Masjid Jami Al-Munawarroh Sentul City, Kabupaten Bogor.

Pada pukul 09.00 WIB, Ridwan Kamil menggelar kegiatan Komunikasi Pembangunan Daerah (Kopdar) bersama kepala daerah Se-Jawa Barat di Bale Gede Sentul Highlands Golf Club, Sentul City.

Ditemani Wali Kota Bogor Bima Arya, Ridwan Kamil juga meninjau lokasi proyek pembangunan Alun-alun Kota Bogor yang berlokasi di lahan eks Taman Topi Bogor, Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor. Rencananya, Alun-alun pertama di Kota Bogor ini diresmikan pada pertengahan Desember ini.

Tag : #buruh    #umk 2022    #umk jabar    #demo di jabar    #demo di gedung sate    #demo buruh   

Baca Juga