Arema FC di Piala Presiden 2022 (Foto: bola.kompas.com)

Road to Final Piala Presiden 2022: Arema FC

Michael | Sepakbola | 13-07-2022

PARBOABOA – Arema FC berhasil menembus final Piala Presiden2022. Mereka berhasil melewati halangan tim paling produktif di kompetisi pramusim ini, PSIS Semarang, dengan kemenangan agregat 4-1 di babak semifinal.

Leg pertama yang berlangsung di Stadion Jatidiri, Semarang, pada 7 Juli 2022 berakhir kemenangan 2-0 untuk Arema FC. Kemudian di leg kedua yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Senin (11/7/2022), Singo Edan menang 2-1.

Sebetulnya, di Piala Presiden kali ini, Arema FC bukan tim favorit juara. Sekalipun mereka punya materi pemain mentereng, seperti Evan Dimas, Adam Alis, Dendi Santoso, Hanis Saghara dan lainnya.

Alasannya, selama di fase grup, Arema FC berada dalam performa yang tidak stabil. Padahal mereka berstatus sebagai tuan rumah Grup D Piala Presiden 2022.

Tidak Konsisten di Fase Grup

Dalam laga perdana fase grup, Arema FC harus dipermalukan oleh PSM Makassar. Singo Edan kalah lewat gol cepat Wiljan Pluim saat laga baru berjalan beberapa detik saja.

Performa Arema FC tak kunjung membaik. Meski menang dalam laga selanjutnya, yakni lawan Persik Kediri dan Persikabo 1973, Singo Edan hanya mampu menang tipis dengan skor 1-0.

Namun, dua gol yang dicetak Arema seperti sebuah keberuntungan. Saat lawan Persik, Arema mencetak gol lewat penalti. Itupun pelanggaran yang terjadi kepada Irsyad Maulana berada di luar kotak penalti. Namun wasit punya penilaian lain.

Sedangkan lawan Persikabo, Gian Zola yang mencetak gol lewat tendangan bebas. Untungnya, pesaing Arema di Grup D juga tidak konsisten. Sehingga enam poin sudah cukup untuk Singo Edan menjadi juara grup.

Masih Kesusuhan di Perempat Final

Arema FC diuntungkan menjadi tuan rumah saat perempat final yang berlangsung dengan format single match. Tapi, kebuntuan mencetak gol masih belum menemukan jalan keluar.

Saat lawan Barito Putera di perempat final Piala Presiden 2022, Arema FC baru bisa menang setelah menempuh babak adu penalti. Padahal mereka sudah kedatangan penyerang asing baru, Abel Camara.

Bermain Tandang Menjadi Titik Balik

Babak semifinal jadi titik balik performa Arema FC. Terdengar aneh sebenarnya. Sebab, Arema harus bermain tandang lebih dulu ke markas PSIS Semarang.

Mengingat semifinal Piala Presiden 2022 dimainkan dengan sistem home and away. Ini jadi laga tandang pertama bagi Singo Edan di Piala Presiden 2022. Karena mulai babak grup sampai perempat final Arema selalu tampil di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Ketika bertandang ke Semarang, strategi Eduardo Almeida mulai terlihat. Sistem pertahanan kokoh yang jadi andalan sejak musim lalu diperlihatkan. Kiper Adilson Maringa banyak melakukan penyelamatan. Sedangkan lini belakang juga rapat.

Padahal waktu itu Arema FC justru krisis pemain belakang. Sebab empat pemain harus absen, seperti Syaeful Anwar, Hasim Kipuw, Ahmad Alfarizi, dan Andik Rendika Rama. Tapi, Almeida bisa membuat sistem pertahanannya tetap tangguh.

Tampil Produktif Lagi

Sementara itu, produktivitas Arema FC seperti kembali lagi. Mereka berhasil mencetak dua gol di kandang PSIS. Abel Camara dan Gian Zola berhasil mencatatkan nama di papan skor dan ini bukan lagi gol keberuntungan.

Skema permainan Arema FC mulai terlihat. Evan Dimas seperti menjadi senjata untuk membangkitkan permainan Singo Edan pada babak kedua.

Taktik ini kembali diterapkan di leg kedua semifinal Piala Presiden 2022. Meski memiliki nama besar, Evan Dimas kembali menjadi pemain pengganti pada babak kedua.

Permainan Arema FC lebih agresif pada babak kedua, tepat ketika lawan sudah mulai kehabisan tenaga. Arema FC pun menang 2-1.

Bisa Lebih Agresif di Final

Arema FC akan berjumpa Borneo FC di laga final. Sistem home and away kembali dilakukan.

Berkaca dari kebiasaan Almedia, jarang ada perubahan skema ketika tim asuhannya sudah on fire. Jadi taktik bertahan di babak pertama dan menyerang pada babak kedua akan diperagakan lagi.

Sebenarnya ini bisa menjadi sebuah perjudian, karena Borneo FC bisa saja sudah membaca permainan Arema FC.

Namun, bisa juga taktik ini berhasil, lantaran bisa menjadi lebih lelah ketimbang Arema FC karena final pertama bakal digelar di Malang sehingga Borneo FC harus menempuh perjalanan lebih dulu.

Setelah final leg pertama, Borneo FC pulang ke Samarinda bersamaan dengan tim Arema FC yang bertandang ke Stadion Segiri.

Hasil Pertandingan Arema FC di Piala Presiden 2022

Penyisihan Grup D

  • Arema FC 0-1 PSM Makassar (Wiljan Pluim)
  • Persik Kediri 0-1 Arema FC (Irsyad Maulana)
  • Persikabo 1973 0-1 Arema FC (Gian Zola)

Perempat Final

  • Arema FC 0-0 Barito Putera (adu penalti 5-4)

Semifinal

  • PSIS Semarang 0-2 Arema FC (Abel Camara, Gian Zola)
  • Arema FC 2-1 PSIS Semarang (Rizky Dwi, M. Rafli | Jonathan Cantallina)
     
Tag : #piala presiden 2022    #bri liga 1    #sepakbola    #arema fc    #borneo fc    #road to final piala presiden 2022   

Baca Juga