FAM dan Sabah FC izinkan Saddil Ramdani perkuat timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 (Foto: Instagram/@saddilramdani)

Sabah FC Resmi Izinkan Saddil Ramdani Perkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2021

Michael | Sepakbola | 29-04-2022

PARBOABOA – Timnas Indonesia U-23 akhirnya bisa menggunakan tenaga Saddil Ramdani pada SEA Games 2021. Klub yang dibela pemain berusia 23 tahun tersebut Sabah FC mengizinkannya pergi.

Semula Sabah FC tidak mengizinkan Saddil ke timnas Indonesia U-23. Alasannya karena jasanya masih dibutuhkan untuk pertandingan di Liga Malaysia dan juga SEA Games tidak masuk kalender FIFA sehingga klub tidak wajib melepas pemain.

Akan tetapi, operator Liga Malaysia memutuskan untuk meliburkan kompetisi selama SEA Games 2021 dilaksanakan. Keputusan tersebut diambil agar timnas Malaysia bisa bebas memanggil pemain yang dibutuhkan.

Melihat Liga Malaysia yang jeda, PSSI langsung mengirimkan surat kepada Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dan Sabah FC. Isi suratnya adalah meminta agar Saddil dizinkan memperkuat timnas Indonesia U-23 pada SEA Games 2021.

“Terima kasih kepada Presiden Sabah FC Datuk Seri Bung Mokhtar Radin yang telah mengizinkan Saddil untuk memperkuat tim U-23 Indonesia. Sekali lagi terima kasih atas kerja samanya,” kata ketua umum PSSI Mochamad Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI.

Selain mengirimkan surat kepada FAM dan Sabah FC, direktur teknik PSSI Indra Sjafri bersama pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong juga berbicara dengan Ong Kim Swee. Juru taktik Sabah FC tersebut dikasih penjelasan sehingga melepas Saddil.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Sabah FC yang mau mengerti bahwa tenaga Saddil sangat dibutuhkan oleh tim Indonesia, khususnya saat melawan Vietnam di laga pembuka pada Jumat 6 Mei mendatang,” ucapnya.

Meskipun demikian, Saddil tidak terus berada di timnas Indonesia U-23. Ia wajib kembali ke Kinabalu, Sabah, pada 10 Mei karena klubnya akan bermain di Piala FA Malaysia dan sepekan kemudian menjalani laga kontra Penang FC dalam partai tunda Liga Super Malaysia.

Artinya Saddil terpaksa melewati tiga pertandingan timnas Indonesia U-23 di penyisihan Grup A. Adapun lawan yang dihadapi yakni Timor Leste (10/5), Filipina (13/5), dan Myanmar (15/5).

Bila tim Indonesia U-23 melaju ke semifinal, Saddil kembali bisa dimainkan. Babak empat besar bakal digelar 19 Mei mendatang, lantas perebutan medali emas, perak, dan perunggu akan digelar pada Minggu 22 Mei 2022.
 

Tag : #saddil ramdani    #timnas indonesia u-23    #sepakbola    #sabah fc    #fam    #pssi    #sea games 2021   

Baca Juga