parboaboa

Sandiaga Uno Usung Semangat 3G untuk Indonesia Turizem yang akan Terus Menanjak

M Prasetyo | Nasional | 31-01-2023

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengusung semangat 3 G di siaran pers online, Rabu (31/01/2023). (Foto: Parboaboa/Pras Wiratmoko)

PARBOABOA, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengusung semangat 3 G yaitu Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama), dan Gaspol (garap semua potensi online).

“Saya akan menjelaskan optimisme Indonesia dalam belenggu resesi pada bidang pariwisata yaitu tadi mitigasi, inovasi, adaptasi, dan kolaborasi kandungan dari 3G yang kami usung," kata Sandiaga di acara virtual, Selasa (31/01/2023).

Sandiaga menyebut, kondisi Indonesia saat ini dinilai lebih unggul di antara jajaran negara Asean dalam hal pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurutnya, dibanding negara lain, Indonesia meningkat lebih tajam indeks wisatanya, di mana saat ini mencapai 4,58 juta, dari target di 2023 hanya 3,6 juta dari jumlah defisit juga melebihi target sebelum nya hanya ditargetkan $1,7 M pada portal pertama dan pencapaian saat ini pada portal ke tiga kami telah mencapai $4,3 M lapangan kerja, ini sebuah prestasi," ungkap Sandiaga.

Menurut Sandi dengan berakhirnya masa PPKM ada peningkatan yang signifikan di bidang pariwisata

"Hasil dari kerja cepat, cerdas, dan inovatif kita optimis mampu menghadapi kendala-kendala di 2023 termasuk resesi," tutur Sandiaga.

Dia menyebut, pergerakan ekonomi di 2023 devisa akan naik menjadi $5,95 M.

"Di tahun 2023 kami memiliki tantangan karena devisa naik menjadi $5,95 Miliar pergerakan wisatawan nusantara $1,4 Miliar, kontribusi PDP pariwisata 4,1 persen dan penambahan lapangan kerja di 2024 kita targetkan akan ada 4,4 juta lapangan kerja," pungkas Sandiaga.

Sandiaga menyebut, sebagai tahun politik, di 2023 investasi dan aksrelerasi akan meningkat.

"Saya bilang jangan terbawa arus yang mengaburkan fokus, justru kita akan manuver dengan meningkatkan akselerasi dan investasi untuk membeludaknya visit mancanegara dan wisatawan lokal," tutur Sandiaga.

Menurutnya bidang pariwisata harus lebih memperhatikan selling point untuk meningkatkan kunjungan dengan target yang dipertintahkan Presiden RI, Joko Widodo sebanyak 10 juta kunjungan.

"Saat ini Indonesia diperingkat tiga teratas bersanding dengan China dan India di tingkat Asean, dengan Bali Beyond menjadi unggulan para turizem dan selain itu kita juga akan memanfaatkan destinasi hiden gem seperti desa wisata tepus di gunung kidul, tebing breksi di Sleman, dan desa wisata tinalah Kulon Progo," ungkap Sandiaga.

Direktur Niaga dan Kargo City Link, Ikhwan F Agus memaparkan dengan berakhirnya PPKM industri penerbangan domestik dan internasional mulai bangkit dan meningkat 100 persen.

"Dengan berakhirnya masa pandemi industry penerbangan perniagaan meningkat 100 persen perbandingan di tahun 2021 hanya 1,2 juta di tahun 2022 menjadi 2,4 juta penumpang kenaikan juga kami rasakan pada jumlah kapasitas," kata Ikhwan, pada siaran lamgsung solopos, Selasa (31/01/2023).

"Ancaman resesi ditahun 2023 akan kami hadapi namun dengan terus meningkatnya market domestik kami juga sudah merasakan kenaikan sekitar 23,6 persen diawal tahun ini," sambung Ikhwan.

Editor: -

Tag: #menteri pariwisata dan ekonomi kreatif    #sandiaga uno    #nasional    #pariwisata indonesia    #ekonomi di indonesia 2023   

BACA JUGA

BERITA TERBARU