Lambang OSIS (Twitter : @dit_sma)

Sejarah OSIS, Pengertian, Tujuan dan Tugasnya

Halima | Pendidikan | 26-08-2022

PARBOABOA - Apa itu OSIS? Mari kita lihat pengertian OSIS. Kepanjangan OSIS adalah (Organisasi Siswa Intra Sekolah). OSIS merupakan wadah bagi peserta didik di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan siswa yang sesuai dengan visi-misi OSIS sekolah. Pengurus OSIS adalah peserta didik yang dipilih berdasarkan prestasi, dan keaktifan peserta didik di lingkungan sekolah. Menjadi pengurus OSIS harus mempunyai wawasan yang luas, pandai berinteraksi. 

1.  Sejarah OSIS

Sebelum adanya OSIS, di sekolah tingkat SMP dan SMA terdapat struktur organisasi OSIS yang bebagai macam jenis bentuknya. Ada organisasi siswa yang hanya dibentuk di  sekolah itu sendiri, dan ada pula organisasi siswa yang dibentuk oleh organisasi siswa di luar sekolah.

Organisasi siswa yang dibentuk mempunyai hubungan dengan organisasi siswa dari luar sekolah, sebagian ada yang mengarah pada hal-hal bersifat politis, sehingga kegiatan organisasi siswa tersebut dikendalikan dari luar sekolah sebagai tempat diselenggarakannya proses belajar mengajar.

2.  Pengertian OSIS

OSIS adalah organisasi yang hampir pasti dimiliki setiap sekolah di Indonesia. OSIS merupakan jembatan bagi para siswa-siswi terhadap sekolah. OSIS juga salah satu badan eksekutif sekolah yang bertugas untuk melaksanakan perogram kegiatan yang telah disetujui dengan Pembina dan MPK demi kebaikan sekolah maupun siswa dan siswi SMA yang menaungi OSIS tersebut. 

OSIS berfungsi untuk membantu jalannya sebuah kegiatan yang diadakan sekolah. Di setiap akhir jabatan pengurus OSIS akan diadakan rapat pertanggung jawaban untuk mempertanggung jawabkan kinerja pengurus OSIS selama masa jabatannya.

OSIS juga merupakan wadah bagi siswa untuk belajar dan meningkatkan kemampuan mereka dalam berorganisasi. Sebagian dari kita pasti pernah atau sedang tergabung dalam organisasi yang satu ini. Kegiatan sewaktu OSIS dulu pasti dapat memberikan kenangan yang membekas untuk para anggotanya. Banyak hal yang dialami dan dipelajari dari mengikuti kegiatan OSIS di sekolah. 

3.  Tugas OSIS

OSIS bertugas untuk mengendalikan aktivitas siswa agar mencapai tujuan yang positif. Siswa yang tergabung dalam keanggotaan OSIS yang selanjutnya disebut sebagai pengurus OSIS yang memiliki tugasnya masing-masing mengingat adanya spesifikasi bidang jabatan yang ditanggungnya.

Selain pengurus OSIS, guru juga bertanggung jawab menjadi pembina organisasi ini dengan tugas mengawasi jalannya kepengurusan agar lebih terarah melalui kegiatan-kegiatannya. 
Apabila berminat untuk menjadi ketua OSIS tentu harus menyiapkan beberapa kata seperti motto untuk masuk ke anggotaan OSIS. Berikut contoh Motto OSIS untuk calon ketua OSIS seperti memajukan nama baik sekolah, menjadi pintar dalam segala bidang menuju organisasi yang aktif. Kreatif, Invovatif dan yang bertanggung jawab serta meningkatkan sepeti keimanan, ketaqwaan dan akhlak dalam beragama seluruh siswa.

4.  Tujuan OSIS

Setiap organisasi selalu memiliki tujuan untuk dicapai, begitu pula dengan OSIS. Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai, antara lain :
1.  Meningkatkan kualitas generasi penerus yang beriman dan bertaqwa.
2. Memahami, menghargai lingkungan hidup dan nilai-nilai moral dalam mengambil suatu keputusan yang tepat dan benar.
3. Membangun landasan kepribadian yang kuat dan menghargai sesama dan HAM dalam kontek kemajuan budaya bangsa.
4. Membangun dan mengembangkan wawasan kebangsaan dengan rasa cinta tanah air dalam era globalisasi.
5. Memperdalam sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerjasama secara mandiri, berpikir logis dan demokratis
6. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menghargai karya artistic, budaya dan intelektual.
7. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani memantapkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tag : #osis    #sejarah    #pendidikan    #lambang    #tugas    #tujuan    #motto   

Baca Juga