Sejumlah Warga Jombang Terpaksa Buang Ayam Bantuan BPNT Karena Busuk.

Sejumlah Warga Jombang Terpaksa Buang Ayam Bantuan BPNT Karena Busuk

sondang | Daerah | 13-08-2021

PARBOABOA, Jombang 25 keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Sukorejo, Kecamatan Perak menerima bantuan pangan non-tunai (BPNT) berupa daging ayam busuk. Hal ini diungkap oleh  Dinas Sosial Kabupaten Jombang. Daging ayam yang diterima masing-masing KPM adalah 1 Kg

Akhmad Jazuli, Sekda Kabupaten Jombang mengatakan bahwa pihaknya menugaskan Dinas Sosial untuk mengecek langsung kasus daging ayam busuk tersebut. Alhasil, disimpulkan bahwa kasus tersebut terjadi karena kesalahan agen e-Warong Riya Pangestu sebagai penyalur bantuan dari Kemensos di Dusun Pedes, Desa Sukorejo.

"Sudah kami tugaskan Dinas Sosial untuk mengecek ke lapangan. Ternyata memang dari sekian desa, sekian puluh ribu penerima ternyata ada e-Warong yang kealpaan, jadi dagingnya tidak dimasukkan freezer hingga busuk," kata Jazuli pada Jumat (13/8).

Ia menegaskan, agen e-Warong wajib mengganti daging ayam busuk tersebut. Meskipun para KPM terlanjur membuang daging tak layak konsumsi tersebut.

"Langkah-langkah yang kami ambil sudah berkirim surat ke BNI. BNI memberikan teguran dan daging yang busuk diganti semuanya. Sudah saya perintahkan itu supaya menjadi pelajaran bagi lainnya, supaya hati-hati dalam menyediakan komoditas. Utamanya daging yang rawan busuk harus segera dimasukkan freezer," terang Jazuli.

Tag : #viral    #daerah    #covid19    #nasional   

Baca Juga