iPod, foto: Grid.ID

Setelah 20 Tahun Beredar, Apple Stop Produksi iPod

Wanovy | Teknologi | 11-05-2022

PARBOABOA - Apple secara resmi akan menghentikan produksi perangkat iPod setelah sukses mengangkat nama Apple di industri teknologi selama 20 tahun terakhir.

Dilansir dari Reuters, Apple pada Selasa (10/5) mengumumkan, seri iPod Touch masih akan dijual dan tersedia secara resmi hingga persediaan habis.

Sejak dirilis pada 2001 silam, iPod sukses menjadi pemimpin di pasar perangkat pemutar musik. Desain serta teknologinya pun banyak diadaptasi oleh perusahaan teknologi lainnya.

Saat ini, model iPod terakhir yang dikeluarkan Apple masih dijual di pasaran selama persediaan masih ada. Namun, itu dipastikan bakal jadi barang terakhir yang dipasarkan dari produk tersebut.

Meski demikian, Apple memastikan para pelanggannya masih bisa menikmati lagu favorit mereka melalui Apple Music yang terdapat di perangkat lain seperti iPhone, iPad, maupun Apple Watch.

Greg Joswiak, Wakil Presiden Senior Pemasaran Global Apple, mengatakan "semangat iPod tetap hidup".

"Musik selalu menjadi bagian inti dari kami di Apple. Membawanya ke ratusan juta pengguna iPod berdampak lebih dari sekadar industri musik. Itu juga menunjukkan bagaimana musik bisa dicari, didengar, dan dibagikan," kata dia.

iPod, yang pertama kali diperkenalkan Steve Jobs pada 2001, menjadi salah satu produk perangkat genggam yang menuai kesuksesan dan mengangkat citra produk Apple di dunia.

Gawai ini menarik pelanggan dengan fitur pencarian scrolling yang khas yang dapat menyimpan lebih dari seribu lagu berkualitas sama dengan CD aslinya.

Selain itu, iPod juga bisa disimpan dengan mudah di dalam kantong celana yang memudahkan penggunanya.

Apple telah merilis berbagai model iPod selama bertahun-tahun, seperti iPod Nano dan iPod Shuffle. Seri iPod Touch yang dirilis pada 2007 adalah model terakhir yang akan dihentikan produksinya saat ini.

Apple pun telah berhenti melaporkan penjualan iPod sejak 2015. Sementara pembaruan terakhir untuk produk tersebut diberikan pada 2019.

Mengutip BBC, ada beberapa rumor yang mengatakan, Apple kemungkinan akan merilis perangkat pemutar musik baru setelah iPod dipensiunkan. Apple pun telah menyebarkan undangan peluncuran produk rahasia dengan pesan "Petunjuk: Ini bukan Mac."

Menurut yang dilaporkan laman Daily Mail, Rabu (29/1/2014), rumor penghentian proses produksi iPod Touch menguat setelah laporan keuangan Apple menyebutkan bahwa penjualan iPod Touch generasi kelima bila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya telah mengalami penurunan hingga 52% di kuartal akhir tahun kemarin.

Pada acara earnings call Apple, CEO Tim Cook sendiri mengakui menurunnya penjualan iPod. Kehadiran smartphone dan tablet yang dilengkapi fitur multimedia yang lebih baik dari iPod ditengarai menjadi penyebabnya.

"iPod merupakan bisnis yang terus menurun selama beberapa waktu belakangan ini," kata Tim Cook seperti dikutip dari laman Macrumors

Selain itu, di tahun 2014 ini Apple juga lebih memilih untuk fokus mengembangkan iPhone dan iPad.

Apple saat ini sedang berusaha keras memasarkan iPhone 5S dan 5C. Sementara tablet iPad Air yang baru muncul pun masih menyita banyak perhatian Apple.

Dengan begini, tak tertutup kemungkinan jika iPod Touch generasi kelima adalah varian terakhir dari perangkat hiburan portabel yang dirilis Apple.

Tag : #ipod    #apple    #gadget    #teknologi    #apple music   

Baca Juga