Ilustrasi Jaringan 5G

Smartfren Daftar Uji Laik Operasi (ULO) Untuk Komersialisasi 5G

wanovy | Teknologi | 05-08-2021

PT Smartfren Telecom Tbk. tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti uji layak operasi (ULO) 5G. Perusahaan berkode saham FREN itu ingin terlibat dalam membangun ekosistem 5G di Indonesia.

VP Network Operations Smartfren, Agus Rohmat menilai jaringan 5G adalah teknologi yang akan berkembang dan bermanfaat di masa depan. Ada banyak kasus pemanfaatan yang akan mendapatkan berkah dari teknologi 5G.

Smartfren, kata Agus, terus melakukan persiapan untuk ikut ULO 5G. Namun, Agus tidak memberitahu linimasa Smartfren dalam pengembangan 5G.

Operator seluler anak perusahaan dari Sinar Mas ini tengah menyiapkan dokumen sebagai syarat pengajuan Uji Laik Operasi (ULO) 5G ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Team kami sedang menyiapkan semua hal yang diperlukan untuk pengajuan ULO 5G," ujar CEO Deputi Smartfren Djoko Tata Ibrahim.

Mengenai kapan Smarfren ULO 5G dan menggunakan pita frekuensi berapa, Djoko enggan untuk menginformasikannya secara rinci.

"Pastinya kapan kita akan kita bagikan pada waktunya," imbuh Djoko.

Sebelumnya, Smartfren kembali menguji internet 5G menggunakan frekuensi mmWave 26-28 GHz. Hasilnya, kecepatan internet download-nya mencapai 1,75 Gbps.

President Director Smartfren, Merza Fachys mengungkapkan, sektor industri menjadi pelaku yang menanti kehadiran jaringan 5G.

Salah satu contohnya, perusahaan-perusahaan yang di bawah naungan Sinar Mas, di mana fasiltasnya sudah otomatisasi.

"Otomatisasi ini akan berjalan sempurna ketika nanti difasilitasi dengan 5G. 5G yang kecepatannya luar biasa, latensinya rendah, kapasitasnya, ini akan membuat di sisi manufaktur jauh lebih sempurna," ungkapnya.

"Ada banyak lagi industri yang menanti kehadiran 5G ini, medis atau kesehatan, transportasi juga, begitu juga agribisnis. Bukan mereka tidak jalan, tapi mereka akan jauh lebih sempurna ini 5G sudah tersedia," lanjutnya.

Sebagai informasi, salah satu upaya Smartfren untuk menggelar 5G adalah dengan memperkuat infrastruktur serat optik dan kanal pemasaran. Smartfren bekerja sama dengan PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) akan memberikan produk layanan kepada masing-masing pelanggan.

Tag : #teknologi   

Baca Juga