Momen kebersamaan Timnas Indonesia setelah mengalahkan Kuwait (Foto: Twitter/@pssi)

Syarat Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Michael | Sepakbola | 10-06-2022

PARBOABOA – Mimpi itu semakin dekat untuk menjadi nyata. Ya, Timnas Indonesia berpeluang besar lolos ke Piala Asia 2023. Bagaimana Caranya?

Timnas Indonesia sudah 15 tahun absen di Piala Asia. Partisipasi terakhir Skuad Garuda terjadi pada 2007 lantaran menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Hasil memuaskan telah didapat Timnas Indonesia di laga perdana. Tim berjuluk Skuad Garuda itu berhasil mengalahkan Kuwait dalam pertandingan pertama Grup A Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pratama Arhan dan kawan-kawan menang 2-1 atas Kuwait yang berstatus tuan rumah Grup A di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu (8/6/2022) malam waktu setempat.

Untuk sementara, Timnas Indonesia menempati peringkat kedua Grup A dengan tiga poin. Tim Merah Putih punya nilai yang sama dengan Yordania selaku pimpinan klasemen.

Timnas Indonesia hanya kalah selisih gol dari Yordania, yang pada hari dan stadion yang sama, mengalahkan Nepal 2-0.

Dari 24 Peserta Hanya 11 yang Akan Lolos

Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 diikuti oleh 24 tim yang dibagi ke enam grup. Masing-masing grup diisi empat negara.

Sebanyak 24 tim itu akan bersaing untuk memperebutkan 11 tiket menuju Piala Asia tahun depan.

Bagaimana pembagiannya? Setiap juara Grup A-F yang berjumlah enam tim plus lima runner-up terbaik berhak untuk melenggang ke putaran final.

Ke-11 peserta itu nantinya bakal menyusul 13 tim yang telah lebih dulu melaju ke Piala Asia 2023 seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, Iran, hingga Vietnam.

Negara-negara yang sudah menyegel tiket di Piala Asia 2023 itu lolos melalui jalur Putaran Kedua Kualifikasi Piala Asia 2023 sebagai delapan juara grup dan lima runner-up terbaik.

Syarat Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Timnas Indonesia bisa lolos ke Piala Asia 2022 dengan cara menjuarai Grup A atau minimal menjadi lima runner-up terbaik dari enam grup yang ada.

Setelah membekuk Kuwait, Timnas Indonesia telah ditunggu Yordania pada 11 Juni 2022 dan Nepal tiga hari berselang di Jaber Al-Ahmad International Stadium.

Di atas kertas, kualitas Timnas Indonesia jauh di bawah Yordania, namun di atas Nepal.

Dilihat dari ranking FIFA, Skuad Garuda berada di peringkat ke-159, sementara Yordania ke-91 dan Nepal ke-168.

Namun, hasil sepak bola bukan ditentukan di ranking FIFA, melainkan di atas lapangan.

Kuwait punya ranking FIFA yang lebih tinggi daripada Timnas Indonesia, ke-146, namun tuan rumah dipaksa mengakui kekalahan di hadapan Skuad Garuda.

Jika menang atas Yordania, Timnas Indonesia akan lolos ke Piala Asia 2023 dengan estimasi Kuwait mengalahkan Nepal yang berstatus tim terlemah di Grup A.

Skuad Garuda sudah pasti menjadi juara grup dengan enam poin apapun hasil menghadapi Nepal nantinya dan bentrok Yordania melawan Kuwait.

Kok bisa? Yordania dan Kuwait maksimal meraih enam poin, nilai yang sama dengan Timnas Indonesia. Namun, Skuad Garuda unggul rekor pertemuan dengan keduanya.

Peraturan Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Perarturan Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 memakai sepuluh kriteria untuk menentukan posisi di klasemen sementara maupun akhir.

1. Poin dalam pertandingan head-to-head antara tim dengan poin yang sama.

2. Selisih gol dalam pertandingan head-to-head antara tim dengan poin yang sama.

3. Gol yang dicetak dalam pertandingan head-to-head antara tim dengan poin yang sama.

4. Gol tandang dicetak dalam pertandingan head-to-head di antara tim dengan poin yang sama.

5. Jika lebih dari dua tim punya poin yang sama, dan setelah menerapkan kriteria 1 hingga 4 masih sama, kriteria 1 hingga 4 diterapkan kembali khusus untuk tim-tim ini.

6. Selisih gol di semua pertandingan grup.

7. Gol yang dicetak di semua pertandingan grup.

8. Adu penalti jika hanya dua tim yang punya poin yang sama dan mereka bertemu di partai terakhir penyisihan grup.

9. Poin disiplin (kartu kuning = 1 poin, kartu merah akibat dua kartu kuning = 3 poin, kartu merah langsung = 3 poin, kartu kuning diikuti kartu merah langsung = 4 poin)

10. Drawing

Mendapatkan 7 Poin Sudah Cukup, Bahkan 6 Poin Masih Berpeluang

Andai bermain imbang melawan Yordania, maka Skuad Garuda akan tetap berada di peringkat kedua dengan empat poin apapun hasil yang didapatkan Kuwait ketika melawan Nepal.

Namun, Timnas Indonesia harus menang atas Nepal dan sebisa mungkin dengan selisih gol yang banyak demi mengamankan kuota dalam lima runner-up terbaik.

Umumnya dalam suatu turnamen yang meloloskan runner-up terbaik, perolehan tujuh poin hasil dari dua kemenangan dan sekali seri sudah bisa mengantar suatu tim untuk melenggang ke babak berikutnya.

Raihan enam angka hasil dari dua kemenangan dan sekali kalah sebenarnya juga terbilang aman, asalkan dapat mengamankan selisih gol sebanyak mungkin agar bisa menang bersaing dengan runner-up lainnya.

13 Tim yang Telah Lolos ke Piala Asia 2023

  • Jepang
  • Suriah
  • Qatar
  • Korea Selatan
  • Australia
  • Iran
  • Arab Saudi
  • Uni Emirat Arab
  • China
  • Irak
  • Oman
  • Vietnam
  • Lebanon
     
Tag : #kualifikasi piala asia 2023    #timnas indonesia    #sepakbola    #kuwait    #yordania    #nepal   

Baca Juga