Ilustrasi taman depan rumah minimalis

10 Desain Taman Depan Rumah Minimalis yang Bisa Jadi Inspirasi

Wanovy | Rumah | 28-02-2022

PARBOABOA - Jika kamu ingin mendapatkan oksigen yang berlimpah dan udara yang segar, kamu bisa loh membuat taman di depan rumah dengan tampilan yang minimalis.

Taman depan rumah adalah bagian penting dari hunian kamu yang juga perlu diperhatikan sebagaimana area lainnya. Bagaimana tidak, posisinya di halaman depan menjadikan spot ini sebagai gambaran utama untuk menarik perhatian.

Cara Bikin Taman Depan Rumah Sederhana

Sebelum mulai membangun taman depan rumah, ada baiknya terlebih dahulu kamu mengetahui cara bikin taman depan rumah sederhana.

Saat membangun hunian minimalis dari awal, banyak orang akan mempertimbangkan punya taman depan rumah sederhana cantik.

Bila kamu merasa bingung bagaimana mewujudkan cara bikin taman depan rumah sederhana, simak tips berikut ini ya!

- Mengukur luas lahan: tahap awal, kamu perlu mengukur luas lahan yang ingin dipersiapkan untuk taman depan rumah sederhana.

- Memutuskan konsep taman rumah sederhana: langkah selanjutnya, pikirkan konsep yang ingin kamu buat menjadi taman depan rumah yang cantik.

- Merancang Layout-nya: sebagai acuan, bikinlah denah dari tata letak elemen taman tropis minimalis yang kamu inginkan.

- Menentukan tanaman yang digunakan: taman depan rumah sederhana cantik akan terdiri dari berbagai jenis tanaman tropis beraneka warna. Selain jenis tanaman, pikirkan pula komposisi peletakkan tanaman hias outdoor agar mendapatkan estetika yang menarik.

Desain Taman Depan Rumah Minimalis

Well, ada begitu banyak inspirasi taman depan rumah minimalis modern yang menghadirkan berbagai desain cantik dan ideal, bahkan juga untuk halaman dengan lahan sempit. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak kumpulan model taman depan rumah berikut!

1. Taman Depan Rumah Ala Hobbit Versi Mini

Area jalannya dipenuhi ribuan batu kerikil putih serta batu pijakan asimetris mengular yang menghidupkan tampilan rimba desa hobbit.

Tak ketinggalan tanaman hijau di sisi kanan dan kiri jalan yang beragam dan sengaja dirimbunkan. Berjalan di sana, Kamu seperti mengalami petualangan singkat yang menarik. Jika mau, hiasi pula dengan patung-patung favoritmu.

2. Taman Depan Rumah dengan Pendopo Mini

(Sumber: Pinterest)

Desain taman depan rumah minimalis lahan sempit berikut ini bisa juga jadi solusi buat kamu yang kebingungan di mana dan bagaimana harus menempatkan taman di rumah kamu.

Buat kamu yang hobi nongkrong bareng teman atau sekedar bersantai, desain taman depan rumah ini cocok banget karena punya pendopo sederhana. Unik banget kan?

3. Taman Depan Rumah Minimalis Tapi Nyaman

Agar depan rumah kamu merasa nyaman, berikan rumput hijau dengan jenis yang sesuai atau kesukaan kamu.

Adanya rumput seperti ini akan memberikan daya tarik yang bagus untuk memberikan nuansa di taman depan rumah agar selalu nyaman. Apalagi, jika ditambahkan dengan tanaman hias di sekitarnya.

Bagaimana menurut kamu?

4. Taman Depan Rumah dengan Area Rumput Terbuka

(Sumber: ruparupa.com)

Agar area taman yang sempit tampak lebih luas dan lega, kamu bisa mendesain taman seperti yang satu ini. Kuncinya adalah kamu harus menempatkan rumput teki atau rumput gajah saja tanpa tumbuhan apapun di bagian tengah taman.

Area rumput ini akan menjadi focal point atau titik fokus yang tepat untuk membuat taman tampak lebih lapang. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan tumbuhan lain di sekeliling area rumput untuk menambah kecantikan tamanmu.

5. Taman Depan Rumah Minimalis Kering dengan Batu Koral

(Sumber: dolza.com)

Untuk kamu yang super sibuk dan jarang memiliki waktu untuk mengurus taman, desain taman minimalis lahan sempit berikut ini bisa kamu pakai nih. Alih-alih menggunakan rumput, area bawah taman bisa kamu isi dengan batu koral.

Saat ini sudah banyak rumah berkonsep minimalis yang menerapkan desain taman depan rumah minimalis lahan sempit yang satu ini karena sangat mudah dalam perawatannya. Meski demikian, kamu pun tetap bisa menambahkan kursi teras minimalis untuk bersantai di sore hari.

6. Taman Depan Rumah Minimalis Sekaligus Teras

(Sumber: wattpad)

Lahan yang terbatas tidak lagi jadi penghalang untuk membuat taman rumah minimalis yang cantik.

Taruh beberapa pot tanaman hias secara paralel atau digantung di teras rumah untuk memaksimalkan ruangan yang tersedia. 

7. Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Jika kamu memiliki lahan di depan rumah yang sempit, kamu bisa coba membuat desain taman depan rumah minimalis lahan sempit yang satu ini loh.

Pembuatan taman minimalis ini cukup simple saja, yaitu kamu dapat membuat tempat untuk menanam tanamannya yang pinggirannya menggunakan batu-bata.

Lalu, kamu bisa memberikan tanah dan bebatuan di tempat tersebut sebagai tempat tanaman nantinya. Mudah kan?

8. Taman Depan Rumah Sederhana dengan Kolam

(Sumber: rumahku.unik)

Siapa bilang kolam hanya cocok untuk desain taman yang luas? Kamu juga bisa loh menambahkan kolam ikan di taman depan rumah sederhana mu loh. Tentunya dengan ukuran yang minimalis pula sehingga tidak tampak memenuhi area taman.

Pilihan lain selain kolam adalah air mancur mini. Hal ini akan menambah kesan natural meski di dalam taman kecil.

9. Taman Depan Rumah Kecil di Sudut Halaman

(Sumber: sweethouseofmadness.com)

Desain taman depan rumah yang satu ini tidak perlu membutuhkan banyak ruang, lo. Cukup sisakan sedikit space di sudut halaman, kemudian hiasi lahan tersebut dengan aneka tumbuhan dan bebatuan. Selain itu, kamu juga bisa menempatkan batuan besar untuk menampung tanaman air di sana.

10. Model Taman Depan Rumah Sederhana Cantik

(Sumber: Pinterest)

Di area rumah minimalis yang berdiri di atas lahan sempit, kamu harus pintar-pintar memanfaatkan sisa space. Coba kamu tengok halaman kecil di samping dapur atau samping kamar tidurmu. Nah, sisa space ini bisa banget kamu sulap jadi taman depan depan rumah sederhana dan cantik.

Nah, itulah beberapa desain taman depan rumah minimalis nan cantik yang bisa jadi inspirasi kamu. Semoga bermanfaat!

Tag : #rumah    #taman    #desain taman    #taman depan    #halaman   

Baca Juga